16 Desember 2020

Tingkatkan Kewaspadaan, ACT - MRI Sumatera Barat Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana 2020-2021


PADANG, 
(GemaMedianet.com
) — Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sumatera Barat menggelar apel kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bencana, di GOR Haji Agus Salim, Rabu (16/12/2020).

Branch Manager Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat, Zeng Wellf mengatakan, tujuan dari kegiatan adalah menyiagakan tim emergency di tingkat wilayah/cabang, memastikan semua relawan MRI setiap kota/kabupaten dan perlengkapan siap, sebagai bentuk kesiapan lembaga dalam menghadapi bencana.

Karena prediksi puncak La Nina, sebutnya, akan datang bersamaan dengan puncak musim hujan pada Desember 2020 dan Januari 2021.

Dengan adanya himbauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kata Zeng Wellf, masyarakat dan pemangku kepentingan di daerah dapat mewaspadai ancaman bencana hidrometeorologi menyongsong periode Akhir Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021.

Lanjutnya, ancaman tersebut direspon cepat oleh ACT - MRI  Sumatera Barat, agar bisa mengambil langkah tepat bila sewaktu-waktu terjadi bencana. Sehingga, bencana bisa diminimalisir.

ACT - MRI Sumatera Barat menghimbau untuk selalu waspada, terutama di wilayah-wilayah yang memang merupakan titik rawan bencana seperti banjir, longsor dan angin puting beliung.

Faleri, selaku Ketua Harian MRI Sumatera Barat menyampaikan, ada 30 relawan yang mengikuti apel pagi, dan akan selalu siap siaga 24 jam serta akan turun ketika ada panggilan darurat.

Saat ini ACT - MRI Sumatera Barat telah menyiapkan armada rescue seperti perahu karet, APD, dan kebutuhan lainnya.

"Ketika bencana datang relawan siap untuk terjun dengan segala perlengkapan yang ada," tukasnya. (act)

#Editor : Uki Ratlon

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan