10 Maret 2021

Pembuatan Dua Saluran Irigasi Usulan Mario Syahjohan Segera Direalisasikan


SOLOKSELATAN
 
(GemaMedianet.com
— Tiga usulan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Mario Syah Johan yang dimasukkan tahun 2020 lalu untuk pembuatan saluran irigasi senilai Rp.4,8 Miliar di Solok Selatan (Solsel), tahun ini direspon oleh Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sumbar.

Tak Jalankan Perintah OJK, Bareskrim Polri Usut Dugaan Tindak Pidana Perbankan PT Bosowa



JAKARTA
 
(GemaMedianet.com
 Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dit Tipideksus) Bareskrim Polri tengah melakukan penyidikan terhadap dugaan tindak pidana perbankan pada PT Bosowa Corporindo.

Kapolri Minta Korlantas Transformasi Yang Presisi dan Terus Berinovasi


TANGERANG (GemaMedianet.com Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo membuka rapat kerja teknis (rakernis) fungsi lalu lintas (lantas) tahun 2021 di Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (10/3/2021).

Gubernur Edy Rahmayadi Minta Kasatpol PP Sumut Yang Baru Tidak Takut Pada Siapapun



MEDAN (GemaMedianet.com— Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik Tuahta Ramajaya Saragih sebagai Kepala Satuan Polisi Pramong Praja (Kasatpol PP) Provinsi Sumut,  di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Nomor 41, Medan, Selasa (9/3/2021). 

Musa Rajekshah Minta PNM Perbanyak Progam dan Lebih Menyebar di Sumut


JAKARTA (GemaMedianet.com Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) berkunjung ke Kantor PT Permodalan Nusantara Madani (PNM), Menara Taspen, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (8/3/2021). 

Personel Polsek Tanjung Raya Mulai Disuntik Vaksin COVID-19


MANINJAU
 
(GemaMedianet.com
 Sebanyak 10 orang personel Kepolisian sektor (Polsek) Tanjung Raya menjalani vaksinasi COVID-19 tahap awal, Rabu (10/3/2021).

Ketua JMSI Riau Dheni Kurnia Resmi Jadi Penasihat Ahli Gubernur



PEKANBARU (GemaMedianet.com Tokoh Pers Riau H Dheni Kurnia resmi diangkat menjadi Penasihat Ahli Gubernur Bidang Informasi dan Komunikasi (Infokom) di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau. Pengangkatan itu ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Nomor : Kpts.278/III/2021 tertanggal 4 Maret 2021 yang ditandatangani oleh Gubernur Riau Drs H Syamsuar, MSi.

Hari Ini Festival Layang-layang Danguang Desa Koto Marapak Dimulai



PARIAMAN (GemaMedianet.com— Walikota Pariaman Genius Umar membuka secara langsung festival layang - layang Danguang Tagak Tali yang digelar di Desa Koto Marapak Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman, Rabu (10/3/2021).

Pasien Isolasi RSUD Lubuk Sikaping ikuti Senam dan Berjemur Tiga Kali Dalam Seminggu


PASAMAN
 
(GemaMedianet.com
 
Petugas ruangan isolasi RSUD Lubuk Sikaping laksanakan senam pagi dan berjemur bersama pasien tiga kali dalam seminggu Senin, Rabu dan Jumat.

Bupati Benny Utama Melayat ke Rumah Kediaman Almarhum Kepala SMAN 1 Lubuk Sikaping


PASAMAN (GemaMedianet.com 
Bupati Pasaman H Benny Utama, SH MM ikut melayat ke rumah kediaman Almarhum Lisman S.Pd, MM di Aia Langsek Jorong Rumah Nan XXX Kenagarian Aia Manggih Kecamatan Lubuk Sikaping, Rabu (10/3/2021).

Tommy Irawan Sandra Maju Dalam Bursa Pemilihan Ketua KONI Pasaman

 



PASAMAN (GemaMedianet.com Beberapa hari ke depan, pemilihan Ketua KONI Kab. Pasaman akan digelar. Berbagai persiapan telah dilaksanakan oleh panitia pelaksana penjaringan Ketua KONI Kab. Pasaman termasuk telah dibukanya pendaftaran calon Ketua KONI Pasaman.

Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus Buka Open Turnamen Bulu Tangkis U-90 PB Kamsen di NDB



Payakumbuh, Gemamedianet.com--- Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus mengapresiasi semangat masyarakat Nunang Daya Bangun dalam melaksanakan iven olahraga bulu tangkis.


Hal itu disampaikannya saat membuka Open Turnamen Bulu Tangkis U-90 PB Kamsen di Kelurahan Nunang Daya Bangun, Kecamatan Payakumbuh Barat, Rabu (10/3) malam. Pertandingan itu diikuti 64 pasang pemain dan diperkirakan belangsung hingga 11 April mendatang.


“Kami salut kepada masyarakat dan panitia, ajang turnamen ini diharapkan dapat menguatkan silaturahmi, menjaga tali persaudaraan, sekaligus dalam menyambut bulan suci ramadhan, semoga dicatat sebagai amal ibadah oleh Allah SWT,” ujar Politisi PKS itu.


Hamdi juga mengapresiasi PBSI yang selalu mensupport pertandingan bulu tangkis di Payakumbuh. Dirinya berharap besar kegiatan seperti ini dapat memberikan dampak positif bagi generasi muda.


“Generasi muda kita harus mengisi hari-harinya dengan olahraga dan keagamaan,” kata Hamdi.


“Selamat bertanding kepada peserta dan mudah-mudajan menjadi pertandingan yang menguatkan silaturahmi kedepan, Bismillahirrahmanirrahim, kita buka turnamen di PB Kamsen,” kata Hamdi sekaligus membuka secara resmi pertandingan tersebut.


Acara tersebut turut dihadiri oleh Ketua PBSI Kota Payakumbuh YB Dt. Parmato Alam, Sekretaris MPC PP Payakumbuh Ade Vianora, Lurah NDB Ari Ashadi, Ketua Karang Taruna Dedi Hendri, Ketua LPM Fahman Rizal, dan tokoh masyarakat NDB. (CAN) 



Komisi C DPRD Payakumbuh Turun Ke Sekolah, Aspirasi Masalah Kesejahteraan Guru Honor Mengapung

 



Payakumbuh, Gemamedianet.com--- Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh yang membidangi kesejahteraan masyarakat turun lapangan ke SMPN 5 dan SMPN 7 Payakumbuh, Rabu (10/3).


Rombongan dipimpin Wakil Ketua DPRD Armen Faindal sekaligus Koordinator Komisi C bersama Wakil Ketua Komisi C Mesrawati, Sekretaris Syafrizal, serta anggota Komisi C seperti YB. Dt. Parmato Alam, Mawi Etek Arianto dan Fahlevi Mazni Dt. Bandaro Nan Balidah.


*Kunjungan Ke SMPN 5 Payakumbuh*


DI SMPN 5 Payakumbuh yang berlokasi di Kelurahan Tiakar, para wakil rakyat bersama Kadis Pendidikan diwakili Kabid PAUD dan PNFI Syafni Hasni dan Kasi Sapras Dani Yuliadi disambut Kepala SMPN 5 Payakumbuh Ade Chandra dan jajarannya.


Dewan diajak oleh kepala sekolah Ade Chandra mengecek sarana dan prasarana sekolah, yang paling diperhatikan adalah pagar sekolah, keberadaannya penting bagi keamanan sekolah. Permasalahan lain yang dipaparkannya kepada dewan adalah saluran drainase. Bila terjadi hujan lebat, air merembes hingga ke halaman sekolah dari luar.


“Luas sekolah ini lebih kurang 2 hektar dan menjadi SMP negeri dengan lahan terluas di Payakumbuh, ada siswa sebanyak 311 dengan 11 rombongan belajar,” papar Kepsek Ade.


Sementara itu, Kasi Sapras Dani Yuliadi menjelaskan SMPN 5 Payakumbuh tahun 2021 mendapatkan bantuan dana alokasi khusus (DAK) senilai hampir 1 miliar rupiah. Anggaran ini akan digunakan untuk rehab ruang kelas, labor, dan UKS, serta pengadaan peralatan teknologi informasi komputer.


“Perencanaan keseluruhan dari dana DAK ini bakal dimulai di bulan April hingga Juli, kita berharap semoga prosesnya lancar,” kata Dani.


Sementara itu, Wakil Ketua Komisi C Mesrawati menyampaikan guru honor dan pegawai honor harus diperhatikan oleh sekolah, mereka bisa diberi insentif dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Kesejahteraan mereka jangan sampai dilupakan mengingat peran mereka sama dengan pendidik dan tenaga kependidikan yang PNS.


“Jangan sampai ada guru honor yang menerima gaji dibawah 1 juta. Majunya sekolah karena guru, mereka kan juga manusia yang meninggalkan keluarga di rumah demi bekerja ke sekolah, tegakah sekolah menggajinya minim? jangan lupakan hal itu, harusnya mereka yang dinomor satukan,” kata Mesrawati.


Sementara itu anggota Komisi C Fahlevi Mazni menambahkan keberadaan pagar sekolah sangat penting, karena bila tidak memadai maka masalah keamanan akan rawan dari hal yang tidak diinginkan. Dirinya juga berpesan agar sekolah bisa memperhatikan area di sekeliling sekolah yang dipenuhi semak belukar, potensi hal lain yang tidak diiinginkan juga bisa terjadi.


Senada, YB Dt. Parmato Alam mengatakan DPRD terus mendorong peningkatan kualitas pendidikan, dari sarana dan prasarana saja 70 persen sekolah di Payakumbuh sudah baik. Dirinya menyebut kepala sekolah hari ini ibarat manager, punya langkah maju kedepan menyiapkan konsep inovasi. Apa unggulan sekolah, sehingga masyarakat akan melihat keistimewaan dari hal itu.


“Jangan lupa kalau peningkatan mutu pendidikan, salahsatu instrumennya adalah pendidik. Dewan akan terus mendorong peningkatan kesejahteraan guru honor, kami melihat tidak seimbang pengabdiannya dengan apa yang mereka terima. Ukurannya guru ini tak bisa dinilai dengan materi, namun minimal untuk memenuhi kehidupan mereka tentu ada standarnya,” kata politikus Golkar itu.


“Minimal upah minimum provinsi. Guru ini penting, kalau ini tidak diperhatikan, maka kedepan konsekuensinya menurunnya kualitas pendidikan kita, dan juga seharusnya kita sudah membuka PPPK guru. Persoalannya mau atau tidak? DPRD mendorong karena ini persoalan daerah,” pungkasnya.


Para dewan juga mendapat aspirasi dari kisah getirnya guru honorer yang ada di sekolah-sekolah. Mereka masih mendapat gaji minim, meski itu dari dana BOS. Mereka menyampaikan harapan besar kepada DPRD agar mereka bisa diangkat menjadi guru PNS, minimal PPPK.


“Tugas guru honorer sama malahan kadang lebih banyak dari tugas guru PNS kami lihat, untuk itu kami di DPRD akan terus mengawal ini, bagaimana kesejahteraan guru honorer ini menjadi perhatian wali kota,” kata Wakil Ketua Komisi C Mesrawati, kader PAN.


Mawi Etek Arianto menyampaikan ada asprasi dari guru yang disampaikan saat kujungan itu, mereka meminta agar mutasi dan rotasi guru dikaji terlebih dahulu dilakukan karena akan berdampak kepada moril anak dalam belajar karena mereka sudah terbiasa dengan guru tersebut.


“Bahkan guru yang dipindahkan itu ada yang termasuk guru favorit dan wali kelas di sekolah, perlu jadi perhatian Pemerintah Kota,” kata Mawi, politisi Gerindra yang terkenal vokal dalam menyuarakan aspirasi rakyat.


Sementara itu, Armen Faindal berpesan kepada pihak sekolah jangan hanya memperhatikan akademis siswa saja, tapi bakat dan minat siswa harus diperhatikan juga asalkan jangan tinggal yang pokok karena sampingan.


“Perlu di bantu anak-anak yang berkegiatan ekstrakurikuler demi menaikkan nama besar sekolah, sehingga peminatnya banyak,” ujarnya. (CAN) 



Payakumbuh Kekurangan Banyak Guru, Gaji Guru Honor Masih Minim, YB. Dt. Parmato Alam Minta Pemko Buka Formasi Guru PPPK



Payakumbuh, Gemamedianet.com- Ketua Fraksi Golkar sekaligus Anggota Komisi C DPRD Kota Payakumbuh YB Dt. Parmato Alam berharap Pemerintah Kota Payakumbuh membuka perekrutan guru berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Kondisi saat ini Payakumbuh kekurangan 300 lebih guru SD dan SMP.


“Guru kita banyak yang honorer, gaji mereka minim, bahkan ada yang dibawah 1 juta. Seharusnya minimal sama dengan upah minimum provinsi (UMP). Guru ini penting, kalau ini tidak diperhatikan, maka kedepan konsekuensinya menurunnya kualitas pendidikan kita, dan juga seharusnya kita sudah membuka rekrutmen PPPK guru. Persoalannya mau atau tidak? Kami di DPRD mendorong karena ini persoalan daerah,” kata Dt. Parmato Alam kepada kepada media saat turun lapangan komisi C ke SMPN 5 Payakumbuh, Rabu (10/3).


YB. Dt. Parmato Alam yang merupakan Ketua DPRD periode 2014-2019 itu mengatakan dewan terus mendorong peningkatan kualitas pendidikan, dari sarana dan prasarana saja 70 persen sekolah di Payakumbuh sudah baik, tapi peningkatan kesejahteraan tenaga pendidik dan kependidikan non PNS masih seakan terbaikan.


“Selalu aspirasi dari para guru honorer yang disampaikan kepada kami di DPRD adalah minimnya gaji atau insentif yang mereka terima, padahal tugas mereka tidak ada bedanya dengan guru yang PNS,” ujar Parmato Alam.


Anak nagari Aua Kuniang itu juga menegaskan kalau peningkatan mutu pendidikan salahsatu instrumennya adalah pendidik, tak hanya sarana prasarana sekolah saja. Kesejahteraan pendidik menjadi bukti perhatian pemerintah daerah terhadap sumber daya manusianya.


“Dewan akan terus mendorong peningkatan kesejahteraan guru, kami melihat tidak seimbang pengabdiannya dengan apa yang mereka terima. Ukurannya guru ini tak bisa dinilai dengan materi, namun minimal untuk memenuhi kehidupan mereka tentu ada standarnya,” kata politikus Golkar itu. (CAN) 



Inovasi Polres Padang Panjang, Gerakan Literasi Menembus Balik Jeruji


PADANGPANJANG
 
(GemaMedianet.com
 Apa jadinya Sat Intelkam (Intelijen dan Keamanan) dan Sat Tahti (Tahanan dan Barang Bukti) di Polres Padang Panjang berkolaborasi di dunia literasi? Hasilnya; gerakan literasi menembus balik jeruji. Luar biasa sekali.

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan

Arsip Blog