12 Januari 2021

Dua Sungai Meluap, 1554 Jiwa Warga Solok Selatan Terdampak Banjir


SOLSEL, 
(GemaMedianet.com
)  Hujan deras yang melanda Solok Selatan (Solsel) sejak Senin (11/1/2021) dini hari mengakibatkan sejumlah wilayah di kabupaten pemekaran tersebut terendam banjir, Selasa (12/1) pagi.

Pandemi Covid 19 belum berakhir,Bunda Paud :"Fokus Pada Gizi Anak".

 


Payakumbuh,Gemamedianet.com--- Pandemi Covid 19 Sampai saat ini masih belum berakhir. Kewaspadaan pada wabah yang semula hanya mendatangkan dampak berupa krisis di bidang kesehatan, kini bergeser menjadi multikrisis, termasuk menyasar kehidupan sosial dan ekonomi.



Di sisi lain COVID-19 memang memiliki potensi untuk merusak banyak pencapaian yang didapat dalam kelangsungan hidup anak, kesehatan, nutrisi, dan pembangunan selama satu tahun terakhir. 


Pemerintah Kota Payakumbuh telah menerapkan beberapa langkah dalam penanganan Covid 19 termasuk di dalamnya bidang sosial,ekonomi dan kesehatan.


Namun, tanggap darurat terhadap COVID-19 yang mendesak kerap kali mengalihkan perhatian kita dari persoalan yang tak kalah penting, termasuk ketika ada program gizi yang terganggu atau ditangguhkan, seperti juga untuk program masyarakat untuk deteksi dini dan perawatan anak-anak yang kurang gizi (Stunting). 


Bunda Paud Kota Payakumbuh Ny.Henny Riza Falepi dan OPD terkait khususnya Puskesmas telah berkoordinasi serta menekankan kepada orang tua untuk semakin memperhatikan kebutuhan gizi anak khususnya Balita pada saat pandemi COVID-19.


“Pemenuhan gizi anak harus tetap diperhatikan untuk menjaga imunitas anak agar terhindar dari infeksi virus COVID-19, Di Puskesmas kami juga sudah koordinasi dan makanan penunjang seperti biskuit,bubur, dan lainnya agar selalu di stok dan dibagikan kepada masyarakat yang membawa balita sewaktu cek kesehatan ke puskesmas" ujar Henny saat diwawancarai tim Humas via telpon, Selasa(12/1/2021). 


Ia menambahkan imunitas tubuh erat kaitannya dengan cukup atau tidaknya asupan makan anak, yang akan berpengaruh langsung terhadap status gizi dan imunitasnya.


"Dengan asupan makan yang cukup, baik jumlah, jenis, dan frekuensinya, maka imunitas akan terjaga sehingga anak mampu menangkal penyakit infeksi, atau setidaknya bila telanjur terinfeksi maka dapat cepat sembuh kembali," ujar Henny.


Menurut dia, anak yang tertular COVID-19 akan menjadi lebih berisiko, ketika anak memiliki penyakit penyerta. Dengan demikian mempertahankan status gizi anak jangan sampai turun bagi yang normal, dan memperbaiki status gizi pada anak-anak gizi kurang dan buruk menjadi sangat penting, katanya.


Henny pun menyadari bahwa keterbatasan penghasilan orang tua dapat memberikan efek domino yang menyebabkan penurunan daya beli. COVID-19 yang pada perkembangannya menyertakan dampak berupa krisis ekonomi adalah ancaman tambahan bagi kesehatan anak dengan potensi gizi buruk dan stunting dimana-mana.


"Oleh karena itu, diperlukan kerja sama antarsemua komponen untuk saling bantu, termasuk dalam upaya menjaga pemenuhan gizi anak di masa pandemi, " Pungkas Henny.(CAN) 

Fadly Amran Kunjungi Kelok Kabuik, Direncanakan Jadi Destinasi Wisata Baru


PADANGPANJANG, (GemaMedianet.com)  Wali Kota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menyempatkan diri untuk mengunjungi potensi wisata di Kelok Kabuik, Bukik Kanduang, Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur, Senin (11/1/2021). 

Pandemi Covid 19 Belum Berakhir, Bunda Paud : "Fokus Pada Gizi Anak"


PAYAKUMBUH (GemaMedianet.com) — Pandemi COVID-19 Sampai saat ini masih belum berakhir. Kewaspadaan pada wabah yang semula hanya mendatangkan dampak berupa krisis di bidang kesehatan, kini bergeser menjadi multikrisis, termasuk menyasar kehidupan sosial dan ekonomi.

Bundo Kanduang Gonjong Limo Bengkulu Lirik Sentra Randang Payakumbuh


PAYAKUMBUH (GemaMedianet.com)  Bundo Kanduang Gonjong Limo Provinsi Bengkulu menyambangi Pusat Sentra Rendang Kota Payakumbuh di Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Selasa (12/1/2021).

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes


PAYAKUMBUH (GemaMedianet.com)  Dari 3.600-an guru di Kota Payakumbuh, sebanyak 1.800 guru telah mengikuti rapid test antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (COVID-19) di sekolah.  

Guru Wajib Patuhi Protokol Kesehatan Dan Beri Contoh Pada Siswa


PAYAKUMBUH (GemaMedianet.com)  Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dr. Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus tugas sekarang, yakni sulit mengendalikan siswa terkhusus siswa SD dan SMP dalam menjalankan protokol kesehatan.

Event Tour de Singkarak dan Uda Uni Tidak Digelar Tahun Ini di Payakumbuh


PAYAKUMBUH (GemaMedianet.com)  Mengingat pandemi COVID-19 di Payakumbuh belum sepenuhnya berakhir, beberapa event besar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Payakumbuh terancam batal dilaksanakan di tahun 2021.

Akhirnya, 151 CPNS Formasi Tahun 2019 Terima SK Dari Bupati Sijunjung

Penyerahan SK 151 CPNS (Foto dok. GMN7Andri) 

SIJUNJUNG, (GemaMedianet.com) — Sebanyak 151 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi tahun 2019 di Kabupaten Sijunjung terima SK Pengangkatan di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Selasa (12/1/2020).

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan

Arsip Blog