30 April 2021

PT Taspen Cabang Bukittinggi Serahkan Bantuan Kursi Roda Bagi ASN dan Pensiunan


PASAMAN (
GemaMedianet.com
 PT Taspen (Persero) Cabang Bukittinggi menyerahkan bantuan berupa kursi roda kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman.

Pasca Banjir dan Longsor Terjang Pasaman, Dinas PUPR dan Kominfo Lakukan Pendataan


PASAMAN (GemaMedianet.com 
Hujan yang mengguyur Kabupaten Pasaman sejak siang kemarin (29/4/2021) mengakibatkan banyak daerah mengalami kebanjiran dan tanah longsor.

Satpol PP Damkar Pasaman Intensifkan Operasi Penertiban Warung Kelambu dan Petasan


PASAMAN (
GemaMedianet.com
 Jajaran Satuan Polisi Pamong Praja  dan Pemadaam Kebakaran (Satpol-PP Damkar) Kabupaten Pasaman intensif melakukan operasi penertiban warung-warung kelambu, dan petasan. 

Penyerahan Bantuan Korban Kebakaran di Tiakar

 


Payakumbuh, Gemamedianet.com--- Pemerintah Kota Payakumbuh, melalui Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kota Payakumbuh menyerahkan bantuan terhadap korban bencana kebakaran di Kelurahan Tiakar Kecamatan Payakumbuh Timur, Jum'at (30/4).


Bantuan diserahkan langsung oleh Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi Hermanto didampingi Kabid KL Jasriyal, Kasi Logistik Syafrizal dan Kasi Rehabilitasi Usfa Inselman, yang diterima langsung oleh Epril Liza Jaya.


Pada kesempatan tersebut, Hermanto menyampaikan, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap warganya.


"Nilai bantuan ini tidak seberapa. Tapi ini adalah bentuk kepedulian pemerintah terhadap warga. Bagaimana pemerintah hadir ditengah warga yang sedang mendapat musibah. Ini yang terpenting. Mudah-mudahan ini bermanfaat dan dapat sedikit meringankan beban warga kita", kata Hermanto.


Bantuan yang diserahkan berupa seperangkat peralatan sekolah, peralatan dapur, kompor dan tikar.


Kabid RR Hermanto juga menghimbau agar warga selalu waspada terhadap bencana.


"Bencana datangnya tidak dapat kita duga. Untuk itu warga agar selalu waspada, selalu hati-hati. Terutama terhadap anak-anak kita yang bermain dengan api. Jangan hal serupa terjadi pada keluarga lainnya, jadikan ini pelajaran untuk masa yang akan datang", himbau Hermanto.


Turut hadir pada kesempatan tersebut Camat Payakumbuh Timur diwakili Kasi Kesos Ronaldo, Lurah Tiakar Hardison beserta Babinkantibmasy dan aparat kelurahan. (CAN) 

Pelajari Aplikasi Sipedati, Pemko Solok Kunjungi Kota Payakumbuh.

 


Payakumbuh,Gemamedianet.com---- Pemerintah Kota Solok dalam hal ini diwakilkan oleh Kabid Informatika dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok Feri Agriadi beserta rombongan mengunjungi Kota Payakumbuh untuk melakukan sharing informasi dan mempelajari Sistem Informasi PKK dan Dasawisma Terintegrasi (SiPedati) yang ada di Kota Payakumbuh, Jumat(30/4).


Kedatangan Kabid Feri Agriadi disambut hangat oleh Staf Fungsional Dinas Komunikasi Informatika Kota Payakumbuh Rafles Susandi dan mengajak berdiskusi serta melihat secara langsung bagaimana kinerja aplikasi Sipedati. 


Rafles menyebut aplikasi yang dibuat dan dikembangkan oleh Diskominfo Payakumbuh ini memiliki keunggulan seperti datanya realtime, disana berisi data PKK dan Dasawisma kelurahan, kecamatan, hingga tingkat kota yang sudah tersedia pada sistem yang bisa diakses kapanpun. Selain berguna untuk administrasi kegiatan, data ini juga dapat dimanfaatkan oleh stakeholder terkait karena disana sudah by name by address, tersedia dalam versi WEB dan Android.


"Seluruh penggerak PKK dapat memanfaatkan aplikasi ini sehingga kegiatan mereka terlaksana baik," kata Rafles.


Ditambahkan Rafles pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada rombongan Pemerintah Kota Solok telah datang dan berkunjung ke Kota Payakumbuh. 


“Semoga dari tinjauan yang dilakukan dapat memberi masukan bagi Pemko Solok yang akan membangun serta mengoperasikan aplikasi serupa. Mudah-mudahan kedepan apa yang diinginkan Pemko Solok khususnya untuk kemajuan TP-PKK nya bisa cepat terealisasi,"Pungkasnya.



Kabid Informatika dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok Feri agriadi mengatakan kunjungan yang dilakukan hari ini 

berawal dari permintaan ketua TP-PKK Kota Solok untuk melihat fasilitas Diskominfo Kota Payakumbuh untuk TP-PKK Kota Payakumbuh. 


"Kami juga melihat di media, bahwa Kota Payakumbuh sudah melaunching aplikasi Sipedati untuk pendataan berbasis Dasawisma. Itu menjadi point penting kami mengunjungi Kota Payakumbuh untuk mempelajari hal serupa," Ujar Feri. 


Ditambahkan Feri, Dari sharing informasi tadi pihaknya akan mengajukan permintaan replikasi aplikasi Sipedati dari Kota Payakumbuh untuk diterapkan juga di Kota Solok demi kemajuan TP-PKK Kota Solok nantinya. 


Diakhir kunjungannya Feri mengatakan sangat kagum dengan MPP yang ada di Payakumbuh karena seluruh instansi yang melakukan pelayanan sangat tertata dengan rapi dan memiliki sarana dan prasarana yang sangat bagus.


“Wah, ini sangat luar biasa. Semua pelayanan sudah tertata dengan rapi dan pelayanan kepada masyarakat juga sangat cepat. Yang juga menarik adalah akses pintu masuk ke lantai 2 yang sudah memiliki keamanan, dengan adanya pengamanan tersebut tidak semua orang bisa dengan leluasa untuk keluar masuk kantor,” pungkasnya.(CAN) 

Wali Kota Payakumbuh mengikuti video converence dengan menteri dalam negeri



 Payakumbuh, Gemamedianet.com- Wali Kota Payakumbuh mengikuti video converence dengan menteri dalam negeri (mendagri) terkait percepatan penegasan batas daerah untuk penyusunan tata ruang wilayah agar memudahkan investor untuk berinvestasi di daerah tersebut.


"Dari dua kali vidcon dengan presiden dan mendagri, sangat ditekankan sekali untuk kemudahan berinvestasi. Supaya nantinya para investor dari dalam dan luar negeri tidak ragu-ragu berinvestasi, akibat dari ketidak jelasan batas wilayah tersebut," kata Wako Riza Falepi kepada media di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Jumat (30/04).


Oleh karena itu, Wako Riza Falepi menyebut penyelesaian batas wilayah merupakan sesuatu hal mutlak yang harus disegerakan. Mengingat saat ini pemerintah tengah kesulitan untuk dana pembangunan baik itu bersumber dari APBN maupun APBD.


"Minggu depan tim dari kemendagri akan turun kelapangan mencek batas masing-masing daerah, agar penyusunan tata ruang dapat diselesaikan segera," ujarnya.


Lebih lanjut Riza mengatakan, dari pertemuan dengan Presiden Jokowi, saat ini pertumbuhan ekonomi baik di pusat ataupun daerah sangat tergantung pada investasi. Jadi kalau ada rencana-rencana investasi dari investor mari dukung bersama untuk geliat pertumbuhan ekonomi dan jangan sampai dihalang-halangi.


"Untuk itu saya mohon kepada masyarakat kalau ada yang ingin berinvestasi di daerah kita berilah kemudahan, jangan sampai jadi penghalang dengan cara-cara yang tidak baik," ucapnya.


Dengan kemudahan berinvestasi di Payakumbuh, nanti secara tidak langsung lapangan kerja akan terbuka, angka pengangguran akan menurun dan pertumbuhan ekonomi akan naik.


"Kalau ada peluang investasi dilahan masyarakat kita, dan pihak keluarga ada yang ingin berkerja disana insyaallah akan kita perjuangkan.


Riza mengatakan sudah saatnya masyarakat berpikir untuk kemajuan bersama, serta pikirkan juga nasib anak kemakan dimasa yang akan datang, jangan ego dari kepentingan pribadi yang ditonjolkan.


"Kalau ada yang menghalangi atau mempersulit, nanti akan kita rundingkan juga dengan pihak kepolisian dan kejaksaan bagaimana solusinya, karena ini merupakan perintah langsung dari presiden jangan sampai ada yang menghalangi investasi," 


Jadi, mulai saat ini masyarakat harus lebih menyadari akan pentingnya suatu investasi disatu daerah. Sebab kalau tidak ada investasi dan juga anggaran maka roda perekonomian tidak akan bergerak.


Imbas terburuknya angka kemiskinan akan semakin meningkat, dan pada akhirnya akan timbul kerawanan sosial ditengah-tengah masyarakat supaya bisa bertahan hidup.


"Contoh terburuknya, demi bertahan hidup dan mencukupi kebutuhan sehari-hari karena kerawanan sosial itu, kejahatan terjadi dimana-mana seperti maling dan sebagainya sehingga rasa aman untuk masyarakat itu tidak ada lagi," ungkapnya.


Wako dua periode tersebut berharap, berilah kemudahan untuk orang berinvestasi, jangan dipersulit, agar pertumbuhan ekonomi tetap tumbuh sehingga angka kemiskinan dan pengangguran tidak ada lagi di Payakumbuh.


"Sehingga Payakumbuh maju, sejahtera dan bermartabat dengan semangat kebersamaan menuju Payakumbuh menang itu dapat terwujud," pungkasnya. (CAN) 

Randang Payakumbuh jadi Pilot Project Untuk Spice Up The World Di Dubai

 


Payakumbuh, Gemamedianet.com--- Langkah progresif yang dilakukan Pemerintah Kota Payakumbuh setelah membranding City of Randang kian tampak cemerlang. Berbagai upaya terus dilakukan agar makanan khas Minangkabau yang menjadi unggulan produk UMKM di kota itu bisa menembus pasar global.


Bahkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, beberapa waktu lalu telah berkunjung ke Sentra IKM Randang Kota Payakumbuh untuk melihat dapur pengolahan Randang yang cuma ada satu-satunya di Indonesia yang sudah berstandar Nasional, bahkan sertifikasi ISO 22000.


Bumbu Randang Payakumbuh dinilai cocok untuk diangkat menjadi Pilot Project dari Indonesia Spice Up the World dengan standarisasi produk yang dinilai sudah bisa bersaing di kancah Internasional.


Sandiaga Uno di halaman Facebooknya, Jumat (30/4) memposting tentang tindak lanjut rapat koordinasi 2 minggu lalu, Kemenparekraf RI langsung Gercep (Gerak Cepat) mengunjungi IKM Rendang di Payakumbuh yang dijuluki sebagai City of Randang atau Kotanya Rendang.


"Kami ingin memastikan kesiapan kita untuk turut serta dalam ajang “Indonesia Spice Up The World”, memperkenalkan produk-produk kuliner Indonesia seperti Rendang kepada dunia. Melalui ajang ini, bumbu-bumbu dan kuliner Indonesia diharapkan dapat semakin dikenal dan diminati masyarakat luar negeri sehingga terasa multiplier effectnya pada penciptaan lapangan kerja dan kesejahteraan masyarakat kita," tulis Sandiaga Uno seperti dikutip dari postingannya.


Dijelaskannya, Sandiaga sengaja membawa menko Perekonomian ke daerah yang sudah jadi Brandingnya City of Randang. Sandiaga menilai Bumbu Randang Payakumbuh daging kemasannya sudah luar biasa, pasta Randangnya dan Packeging lengkap, bahkan sertifikasi dan branding ada.ertifikasi dan branding ada.


"Kami melihat Pemda dan UMKM mendorong ketersinambungan dengan pasar. Tinggal kita tingkatkan kemasannya kekinian, didesain ulang untuk bisa menarik pasar Eropa, Timur Tengah, dan non tradisional market," jelasnya.


Menparekraf juga melihat Randang Payakumbuh sudah dibagi menjadi dua, yaitu skala industri dan skala UKM, itu sudah diblending serta ada sertifikasi dan edutainmentnya.


"Saya merasa Indonesia bisa menjadikan ini sebgaai pilot porject, setidaknya 1000 dulu di awal dengan melibatkan market-market yang ada dan berkolaborasi dengan pengusaha lain. Randang, nasi goreng, soto, sate dan gado-gado adalah makanan yang tingkat pengenalannya paling tinggi," papar Sandiaga Uno.


Dihubungi terpisah, Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz menyampaikan rasa syukur atas tindaklanjut dan dukungan pemerintah pusat terhadap kemajuan pelaku usaha Randang Payakumbuh. Menurutnya step by step mulai terlihat prospek kedepan yang akan dicapai, ini didukung oleh pasar yang ada.


"Alhamdulillah kemaren dalam paparannya, bapak Menteri Parekraf menyampaikan penguatan kepada UPTD Randang koperasi Sentra Payo dengan merek dagang Ikosero. Insyaallah menjadi top prioritas dalam agenda Indonesia Spice Up The World," ucapnya didampingi Kadisnakerin Wal Asri. (CAN) 

690 AJB Palsu Berhasil Diungkap Satgas Mafia Tanah Polda Banten


SERANG (GemaMedianet.com Sesuai instruksi Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo terkait mengusut tuntas kasus tindak pidana mafia tanah di Indonesia, Polda Banten kembali melakukan pengungkapan kasus mafia tanah.

Kapolda Irjen Pol Toni Harmanto Resmikan Lapangan Tembak dan Panahan di Mako Satbrimob Polda Sumbar




PADANG (GemaMedianet.com Satuan Brigade Mobil (Satbrimob) Polda Sumbar kini telah memiliki lapangan tembak dan panahan. Lapangan tersebut diresmikan Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH, di Markas Komando (Mako) Satbrimob Padang Sarai Kota Padang, Kamis (29/4/2021) sore. 

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan

Arsip Blog