23 September 2018

Pesta Budaya Hoyak Tabuik Piaman Meriah, Promosi Berlanjut Melalui Wonderful Of Indonesia


PARIAMAN, (GemaMedianet.com)Meski pun hujan mengguyur, pesta budaya Hoyak Tabuik Piaman tahun 2018 yang digelar Pantai Gandoriah pada Minggu (23/9/2018) berjalan dengan lancar dan disaksikan ribuan pasang mata. Puncaknya, ketika kedua Tabuik dibuang ke laut menjelang magrib tiba.

Padang Bakal Miliki Destinasi Wisata Berbasis Pertanian Pertama di Indonesia


PADANG, (GemaMedianet.com) - Jika gagasan sejumlah pakar pertanian di Sumatera Barat terwujud, dipastikan bakal hadir sebuah destinasi wisata baru berbasis pertanian perkotaan di Pasar Raya Padang pada 2019 nanti.  Saat ini konsepnya tengah dipelajari Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah yang juga bagian dari pakar pertanian tersebut.

"Konsepnya tengah dipelajari Walikota, sembari memperhitungkan sasaran dan manfaat dari kehadiran agrowisata di tengah pusat perdagangan Kota Padang," kata Syahrial selaku bagian dari tim penggagas Agrowisata Pasar Raya Padang kepada awak media, beberapa waktu lalu.

Syahrial yang juga Plt. Kepala Dinas Pangan Kota Padang itu menyebut,  pengembangan  agrowisata pertanian perkotaan Pasar Raya Padang memiliki fungsi dan manfaat ganda. Selain berfungsi sebagai pusat perdagangan, disini juga akan berfungsi sebagai pusat pelatihan dan informasi pertanian perkotaan guna peningkatan ketahanan dan keamanan pangan.

"Pusat Agrowisata Pasar Raya ini akan mempermudah produsen dan konsumen dalam mendapatkan hasil pertanian sehat dan segar semacam hidroponik," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Hidroponik Padang, Ferry K. Soelaiman menjelaskan, salah satu unggulan yang akan mengisi pusat perdagangan agrowisata Pasar Raya Padang nantinya adalah hidroponik. Berbagai sayuran yang ditanam menggunakan media air (tanpa tanah) dijual dan akan ditampilkan proses penanaman dan perawatannya, sehingga konsumen juga dapat membeli bibit sembari belajar mengembangkan hidroponik. "Di sini disamping membeli produk hidroponik, konsumen dapat membeli bibit sembari belajar hidroponik," kata Ferry.

Mantan Kadis Pertanian Sumbar, Ir. Joni yang terlibat dalam proyek ini menyebut, pusat perdagangan agrowisata Pasar Raya Padang ini baru ada dan pertama di Indonesia. "Ini baru ada di Indonesia," sebutnya.

Ia berharap Pemko Padang memberikan dukungan yang maksimal, baik dari segi anggaran maupun terkait regulasi dan kebijakan agar proyek ini terealisasi. "Kita berharap mendapat dukungan maksimal Pemko Padang agar terealisasi," tukasnya.(th)

Porprov Sumbar XV, Padang Siapkan 12 Miliar Bonus Atlet


PADANG, (GemaMedianet.com) - Pemko Padang tahun ini memberikan dukungan anggaran pada APBD Perubahan 2018 sebesar Rp.12 miliar untuk bonus atlet peraih medali di Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) XV Sumatera Barat di Kabupaten Padang Pariman, November mendatang.

Pakar Wakaf Bahrain, Syekh Habib Ghulam Kunjungi Kota Padang


PADANG, (GemaMedianet.com) - Syekh Habib Ghulam, pakar wakaf dari Bahrain melakukan pertemuan dengan Walikota Padang Mahyeldi, Jum’at (21/9/2018), di Balaikota Padang Aia Pacah. Kunjungan tersebut sebagai bentuk tindaklanjut pertemuan Dai dan Ulama internasional 2017 lalu di Kota Padang, yang telah menyepakati kerjasama di bidang pendidikan, sosial, dakwah, dan ekonomi.

Kepada Walikota Padang, Syekh Habib Ghulam menyampaikan dan menceritakan pengalamannya di Bahrain dan negara timur tengah lainnya, bagaimana wakaf bisa menjadi solusi terhadap permasalahan-permasalahan umat. Dan tanah wakaf harus dikelola secara baik dan dimanfaatkan untuk kebaikan umat.

Dikesempatan itu, Mahyeldi mengakui, tanah wakaf di Kota Padang belum sepenuhnya terkelola secara baik, dan bahkan ada yang memunculkan persoalan. “Pemanfaatan tanah wakaf akan terus kita maksimalkan, termasuk pengelolanya, agar betul-betul bermanfaat untuk umat sebagaimana yang diniatkan oleh pewakaf,” ujar Mahyeldi.

Sementara itu, penterjemah Syekh Habib Ghulam, ustad Mulyadi mengatakan, Syekh Habib Ghulam datang ke indonesia selama satu pekan. Dan sudah mengunjungi Kota Bogor, Surabaya dan terakhir di Kota Padang. "Kita ta bisa belajar dari Bahrain, bagaimana aset wakaf dikelola secara profesional dan bisa lebih berkembang di masa yang akan datang di Kota Padang,” tutur Mulyadi. 

Dalam pertemuan tersebut juga dihadiri Baznas Kota padang, Yayasan Risalah, Darul Ulum, MUI dan beberapa Kepala SKPD Pemko Padang. (Nd/Fsl)

Tigo Tungku Sajarangan di Padang Deklarasikan Pemilu 2019 Aman, Damai dan Sejuk


PADANG, (GemaMedianet.com) - Semua unsur dan elemen di Kota Padang atau yang dikenal "Tigo Tungku Sajarangan" bertekad mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang aman, damai, dan sejuk. Hal itu dituangkan dalam deklarasi dan pernyataan sikap yang dilakukan di Ruangan Tuah Sakato Polresta Padang, Kamis (20/9/2018).

Walikota Padang : Bersatu Itu Hukumnya Wajib dan Jangan Berpecah Belah !


PADANG, (GemaMedianet.com) - Bersatu itu hukumnya wajib. Dan dosa besar bagi siapa saja yang mencoba mengadu domba atau membuat perpecahan. Karena itu adalah perbuatan orang-orang musyrik, sesuai apa yang dijelaskan di dalam kitab suci Alquran. Demikian disampaikan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah sewaktu menjadi Khatib Shalat Jumat di Masjid At Taqwa Komando Resor Militer (Korem) 032/Wirabraja, Jumat (21/9/2018).

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan

Arsip Blog