10 Maret 2021

Hari Ini Festival Layang-layang Danguang Desa Koto Marapak Dimulai



PARIAMAN (GemaMedianet.com— Walikota Pariaman Genius Umar membuka secara langsung festival layang - layang Danguang Tagak Tali yang digelar di Desa Koto Marapak Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman, Rabu (10/3/2021).

Dalam sambutannya Genius Umar mengapresiasi kegiatan Festival Layang-layang, dan mengucapkan terima kasih kepada panitia dan seluruh pihak yang telah melaksanakan kegiatan tersebut.

“Hari ini saya membuka secara langsung Festival Layang-layang Danguang Tagak Tali yang dilaksanakan oleh Desa Koto Marapak Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. Ini merupakan langkah bagus untuk melestarikan kembali budaya Kota Pariaman yang nyaris hilang karena perkembangan zaman, dan sekaligus menghidupkan perekonomian masyarakat setempat,“ ungkapnya.

Permaianan layang - layang khususnya Layang Danguang merupakan salah satu budaya yang harus tetap dilestarikan. Apalagi perhelatan lomba layang-layang memberikan wadah penyaluran minat dan bakat di bidang seni dan budaya, khususnya seniman atau pemuda serta mempertahankan budaya bangsa. Bahkan, Festival ini merupakan wadah penyaluran ekspesi, bakat, seni layangan.

“Dahulunya tradisi main layang Layang-layang Danguang dilaksanakan di saat para petani telah berhasil dalam panen padi. Salah satu wujud gembira para petani, maka secara bersama - sama membuat layang-layang dan menaikkannya di area persawahan tersebut. Namun sekarang, layang-layang dimainkan tidak hanya untuk orang dewasa saja, remaja dan anak-anak pun juga sudah bisa memainkannya,“ terangnya.

Genius berharap, tradisi ini akan tetap dilaksanakan dan bisa dijadikan agenda tahunan di desa ini. Tahun ini mungkin karena masih pandemi COVID-19, maka peserta masih sedikit dibatasi. 

"Semoga saja pandemi ini cepat berakhir, dan Pemko Pariaman bisa melaksanakan event- event besar lainnya," tukas Genius.

Sementara itu kepala Desa Koto Marapak Yuhaldi usai pembukaan festival Layang- layang Danguang Tagak Tali ini mengucapkan terima kasih kepada Pemko Pariaman yang sudah mendukung penuh sehingga terlaksananya kegiatan.

“Ini merupakan festival pertama yang dilaksanakan di Desa Koto Marapak Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. Festival Layang-Layang Danguang ini dilaksanakan terbuka untuk umum baik individu komunitas, instansi pemerintah, BUMN/BUMD, perguruan tinggi, sekolah serta masyarakat,“ ungkapnya.

Ia menambahkan, kegiatan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Semoga saja bisa berjalan lancar sampai final nanti, sehingga kegiatan yang dilaksanakan selama satu bulan penuh ini bisa berdampak pada promosi wisata dan perekonomian masyarakat Desa Koto Marapak.

Pembukaan festifal Layang- layang Danguang Tagak Tali ditandai dengan permainan Layang-layang Danguang oleh Walikota Pariaman Genius Umar yang disaksikan langsung oleh seluruh peserta dan masyarakat. (kominfo/dewi lestari)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan