25 August 2021

Selamatkan Kawasan Belimbing Dari Banjir, Desrio Putra Fasilitasi Normalisasi Saluran Primer

Anggota DPRD Sumbar Desrio Putra Didamping Kepala Dinas PSDA-BK Rifda Suriani Meninjau Normalisasi Saluran Primer (Foto dok. Mz) 

PADANG (GemaMedianet.com| Harapan masyarakat Belimbing Kelurahan Kuranji Kecamatan Kuranji, Kota Padang terhadap persoalan banjir bertahun-tahun di daerahnya tampaknya bakal mulai teratasi. 

Hal itu seiring dengan upaya Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dalam memfasilitasi penyelamatan kawasan tersebut dari banjir dengan melibatkan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi (PSDA-BK) Sumbar.

Hal itu ditandai dengan dimulainya normalisasi dalam bentuk pengerukan saluran drainase sepanjang Jalan Raya Kuranji dan Belimbing.

Kegiatan itu ditinjau langsung oleh Politisi Partai Gerindra yang juga Anggota Komisi IV DPRD  Sumbar membidangi pembangunan ini bersama Kepala Dinas PSDA-BK Sumbar Rifda Suriani beserta jajaran OP, Rabu (25/8/2021).

"Ya, kita berupaya menyelamatkan kawasan pemukiman di sepanjang Jalan Raya Kuranji dan Belimbing ini dari persoalan banjir sepanjang waktu dan menahun," ujar Desrio Putra kepada awak media di lokasi pengerukan.

Menurutnya, berbagai tahapan berdasarkan usulan dari masyarakat dalam mengatasi banjir di kawasan Belimbing ini terus dilakukan. Untuk kali ini dilakukan normalisasi sepanjang 1200 meter dalam bentuk pengerukan.

"Minimal langkah ini dapat mengatasi banjir yang kebanyakan merupakan air bah, sehingga tak tertampung di saluran yang ada. Apalagi saluran utama (primer) juga kurang begitu bagus," ujar Desrio.

Dia menyebut, upaya minimal ini dilakukan menjelang pembangunan saluran permanen
yang akan diusulkan pada tahun berikutnya, 2022.

Meski sebenarnya, kata Desrio lagi, di tahun 2019 lalu untuk penanganan banjir di kawasan Belimbing ini juga telah diusulkan. Hanya saja bersamaan dengan adanya refocusing anggaran COVID-19, sehingga tidak jadi dilakukan.

Sementara Kepala Dinas PSDA-BK Sumbar, Rifda Suriani menyebutkan, upaya normalisasi yang dilakukan menggunakan dana operasional (op) dalam bentuk penggalian saluran dan penggantian gorong-gorong yang rusak.

"Normalisasi secara permanen belum bisa kita lakukan, karena keterbatasan anggaran. Apalagi di masa pandemi COVID-19 banyak anggaran kita yang direfocusing, sehingga baru sebatas penggalian saluran dan penggantian gorong-gorong yang rusak," terangnya.

Di tempat yang sama, Lurah Kuranji Kasma Efendi mengaku bersyukur dan berterima kasih dengan upaya dan perhatian yang diberikan Anggota DPRD Sumbar Desrio Putra dan Dinas PSDA-BK Sumbar dalam menyelamatkan kawasan Belimbing dan sekitarnya dari langganan banjir.

"Alhamdulillah, dari informasi yang kita dengar barusan pengerukan ini sepanjang lebih kurang 1200 meter. Dengan demikian persoalan banjir di Kelurahan Kuranji terutama di kawasan Delima dan Anggur  Belimbing ini semoga teratasi dengan baik," ungkap Kasma Efendi.

Warga setempat, Jasman juga mengaku bersyukur atas upaya yang dilakukan oleh anggota DPRD Sumbar Desrio Putra dan Dinas PSDA-BK Sumbar dalam menangani banjir kawasan Belimbing.

"Alhamdulillah, normalisasi ini sudah lama kita nanti-nantikan. Dan kita juga berharap kedepannya normalisasi ini dilakukan secara permanen," tukasnya. (mz) 

#Editor : Uki Ratlon 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


PARIWISATA


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini


Ekonomi Bisnis



HISTORIA



Artikel


FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA





Infrastruktur




IKLAN

IKLAN

Adv






KARIR