25 August 2021

Bimbing dan Bina, BPS dan Diskominfo Sambangi Kelurahan Kapalo Koto Dibalai



PAYAKUMBUH (GemaMedianet.com| Setelah sebelumnya diusulkan Kelurahan Tigo Koto Diate dan Kapalo Koto Dibalai Kecamatan Payakumbuh Utara untuk menjadi kelurahan statistik, Badan Pusat Statistik (BPS) lakukan pembinaan dan pendampingan bersama Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Payakumbuh terhadap kelurahan statistik yang telah ditunjuk.

Pembinaan dan pendampingan yang dilaksanakan BPS bersama Diskominfo berlangsung di Kelurahan Kapalo Koto Dibalai, yang dihadiri kepala BPS Kota Payakumbuh Desi Febriyanti, Kabid Kehumasan Diskominfo Aulia Fajrin, kasi Statistik Bismikal dan lurah bersama pegawai kelurahan Kapalo Koto Dibalai.

Diawal penyampaiannya dalam pendampingan dan pembinaan tersebut, Kepala BPS Desi Febriyanti sampaikan, bahwa tujuan kegiatan turun lapangan langsung untuk mengimplementasikan penyediaan data statistik dari kelurahan, sehingga data yang disajikan terukur dan gampang diakses.

Desi juga menyampaikan, jika kelurahan Kapalo Koto Dibalai merupakan kelurahan pertama yang dilakukan pembinaan, disamping sebelumnya Kelurahan Tigo Koto Diate juga diusulkan sebagai pilot project untuk kelurahan statistik pada tahun 2020 silam.

Dan jika program kelurahan statistik berjalan lancar, menurut Desi, Kota Payakumbuh bisa memiliki literasi yang jauh lebih bagus dibandingkan daerah lain. 

"Karena data tersebut dapat digunakan untuk acuan bagi pembangunan di Kota Payakumbuh,” terang Desi, Rabu (25/8/2021).

Sementara itu Kabid Kehumasan Aulia Fajrin mengatakan jika sebagai wali data Diskominfo melalui seksi Statistik di bidang kehumasan akan selalu turut serta dalam mensukseskan tercapainya satu data Indonesia.

Menurut Kabid Kehumasan tersebut, selain pendamping Diskominfo  juga turut memfasilitasi penyediaan infrastruktur dan jaringan dalam mendukung program ini, seperti dengan diperkuatnya akses untuk jaringan internet, bimtek dan kegiatan lainnya,” ungkap Fajrin sapaan akrab mantan Lurah Tiakar tersebut.

Kemudian Fajrin juga tidak lupa menyampaikan, bahwa tujuan akhir dari program ini agar Kota Payakumbuh memiliki basic data dari setiap kelurahan, sehingga data yang dimiliki ini merupakan data yang akurat, berkualitas dan mudah diimplementasikan serta dapat diperoleh dan diakses oleh seluruh masyarakat,” tukasnya.

Dan dengan pembinaan serta pendampingan dari BPS dan Diskominfo Kota Payakumbuh untuk mewujudkan kelurahan statistik, Plh. Lurah Kapalo Koto Dibalai Randika Petra sangat mengapresiasi serta ucapkan terima kasih. 

"Dengan pembinaan dan pendampingan ini, kelurahan Kapalo Koto Dibalai dapat menjadi pilot project lanjutan dalam mewujudkan kelurahan statistik di kota Payakumbuh,” tandas Randi. (CAN) 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


PARIWISATA


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini


Ekonomi Bisnis



HISTORIA



Artikel


FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA





Infrastruktur




IKLAN

IKLAN

Adv






KARIR