16 June 2021

P4S Permata Ibu Jadi Perhatian Balai Pelatihan Pertanian Jambi



PADANGPANJANG, (GemaMedianet.com| Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Permata Ibu menjadi P4S terbaik se-Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Widyaiswara Balai pelatihan Pertanian Jambi, Dr. Ir. Joni Jafri M.Sc saat mengunjungi P4S Permata Ibu yang berlokasi di Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur, Rabu (16/6/2021).

Dikatakan Joni Jafri, selama ini dia melihat P4S Permata Ibu sangat pro aktif dan terbuka dalam melakukan setiap kegiatannya, baik pelatihan pertanian kepada masyarakat maupun menerima kunjungan kerja dari instansi pemerintahan dan instansi pendidikan seperti penerimaan siswa magang dari kampus-kampus.

“Dari pemantauan kami, kontribusi P4S Permata Ibu terhadap masyarakat sangat nyata. Kami lihat bagaimana P4S Permata Ibu ini mampu menggerakkan rakyat untuk terjun ke dalam dunia pertanian dan menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar. Yang terpenting P4S Permata Ibu sangat terbuka dan mau berbagi ilmu kepada siapa saja yang datang berkunjung ke sini,” ujar Joni.

Berkat kegigihannya dalam dunia pertanian khususnya peternakan susu sapi perah, P4S Permata Ibu menerima bantuan alat pengolah susu berupa mixer dan mesin ice cream dari Balai Pelatihan Pertanian Jambi.

“Bantuan ini merupakan swadaya bersama. Jadi, tidak sepenuhnya dari Balai Pelatihan Pertanian Jambi. Sebelum ini kami telah melakukan identifikasi tentang kesulitan dan kebutuhan P4S Permata Ibu dalam melakukan pengembangan usahanya. Setelah disepakati, kami membeli alat produksi ini bersama secara swadaya,” ungkap Joni.

Sementara itu, pengelola P4S Permata Ibu, Ridwansyah mengucapkan rasa syukur atas perhatian dan kepedulian Balai Pelatihan Pertanian Jambi kepada P4S Permata Ibu Padang Panjang. Ia pun berkomitmen untuk dapat menumbuhkembangkan beberapa P4S yang ada di Padang Panjang dan Sumbar.

“Dulu kita hanya fokus pada susu murni yang daya tahannya tidak terlalu lama. Dengan adanya bantuan alat produksi ini, kita bisa melakukan pengolahan susu menjadi permen susu dan ice cream susu yang daya tahannya jauh lebih lama,” sebut Ridwan yang akrab disapa Uncu.

Sementara itu, Wali Kota Fadly Amran mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Balai Pelatihan Pertanian Jambi atas perhatiannya terhadap P4S yang ada di Kota Padang Panjang. Semoga dengan kemitraan dan kerja sama yang baik seperti ini, mampu meningkatkan gairah petani yang ada di kota ini.

“Kerja sama seperti ini tentunya sangat bermanfaat dan berdampak positif bagi masyarakat. Dengan adanya bantuan alat produksi ini, diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan produktivitas susu yang ada di Kota Padang Panjang agar mampu bersaing dengan susu di daerah lain, baik tingkat provinsi maupun nasional,” harap Fadly. (king/kominfo)

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN



TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Pariaman


HISTORIA

FACEBOOK - TWEETER




Artikel


INFO GEMPA


BUMD








IKLAN

IKLAN

Adv

KARIR