22 June 2021

Komisi I DPRD Kota Dumai Kunjungi Sentra IKM Randang Kota Payakumbuh


PAYAKUMBUH, (GemaMedianet.com| Sentra IKM Randang Kota Payakumbuh mendapat kunjungan dari Komisi I DPRD Kota Dumai yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Dumai Mawardi beserta rombongan, Selasa (22/6/2021).

Sebelum mengunjungi Sentra IKM Randang, Mawardi bersama rombongan mengunjungi Kantor Wali Kota Payakumbuh untuk bersilaturahmi, sekaligus mengadakan kunker ke Dinas Kominfo Kota Payakumbuh guna mendapatkan informasi tentang penerapan Smart City dan program kerja Kominfo di Kota Payakumbuh. 

Rombongan disambut Kadis Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakilkan oleh Sekretaris Andiko Jumarel. 

Selama berada di Sentra Rendang, rombongan Komisi I DPRD Kota Dumai berbincang hangat dan diajak berkeliling melihat tempat Pembuatan Randang lengkap dengan memperlihatkan cara kerja alat dan pembuatan Randang sampai kepada pengemasan, yang disampaikan secara apik dan baik oleh Sekretaris Disnakerperin Andiko Jumarel. 


Saat mengajak berkeliling rombongan dari DPRD Dumai, Andiko mengungkapkan Randang Payakumbuh bila dalam kemasan bisa tahan selama 14 bulan. "Tetapi kalau sudah dibuka tidak akan tahan sampai 1 hari, bahkan jam," ungkapnya.

Sontak Rombongan DPRD Dumai tersebut kaget dan bertanya, "Lah ! Kenapa bisa begitu pak?"

"Ya jelas lah pak, habis dimakan karena enak," celetuk Andiko sambil tertawa kecil


Rombongan DPRD Dumai tampak antusias mendengarkan bagaimana keberadaan Sentra IKM Randang Kota Payakumbuh bisa mendongkrak produksi para pelaku IKM Randang, sekaligus menjadi tempat promosi makanan olahan khas Minangkabau tersebut.

"Sentra IKM ini sangat berguna bagi Kota Payakumbuh, menjadi brand positioningnya sebagai The City of Randang," kata Andiko

Ditambahkan Andiko, Meskipun di masa pandemi, Pemerintah Kota Payakumbuh tetap terus menggeliatkan IKM khususnya Sentra IKM Randang yang berfokus dalam pengolahan Randang, dan baru-baru ini telah dikunjungi oleh Menpanekraf RI Sandiaga Uno dengan Pemko Payakumbuh berhasil menjalin kerjasama yang baik dan terbukti berhasil memasarkan Randang Kota Payakumbuh ke Kancah international dengan ekspor ke luar negeri diantaranya Arab Saudi, Turki, Jerman dan Belanda. 

Dijelaskannya juga, kalau inovasi terbaru yang dimiliki oleh Pemko Payakumbuh adanya School Of Randang, siswa sekolah bisa belajar tentang seputar Randang yang menjadi makanan khasnya orang Minangkabau, sehingga estafet ilmu kebudayaan ini dapat diteruskan dari generasi ke generasi.

Wakil Ketua DPRD Kota Dumai Mawardi mengaku, sangat takjub dan senang berkunjung ke Kota Payakumbuh. Dirinya menyampaikan rasa terimakasih, atas penerimaan yang hangat dari Kota Payakumbuh.

"Terima kasih kepada Dinas Koperasi dan Perindustrian Kota Payakumbuh Khususnya Kepada Bapak Andiko Jumarel yang telah berkenan menerima kunjungan dan mengajak kami berkeliling Sentra Randang. Kedepannya, kami berharap Kota Payakumbuh dan Dumai dapat bekerjasama. Kami akan membicarakan dengan OPD terkait agar mengirim anggota ke Payakumbuh untuk pelatihan dalam pembuatan Randang," pungkas Mawardi.(CAN) 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN



TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Pariaman



HISTORIA

FACEBOOK - TWEETER



Artikel


INFO GEMPA





BUMD




IKLAN

IKLAN

Adv


KARIR