17 June 2021

Fathol Bari Dilantik Sebagai Ketua Umum PERGATSI Sumbar, Geliatkan dan Lahirkan Atlit Gateball Terbaik



PADANG, (GemaMedianet.com| Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Ir. Khalawi melantik Kepala Dinas Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sebagai Ketua Umum Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PERGATSI) Provinsi Sumbar di Grand Inna Muara Hotel Padang, Rabu (16/6/2021) malam.

Pelantikan Pengurus PERGATSI Sumbar periode 2021-2025 ini merupakan serangkaian dari upaya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk terus memasyarakatkan olahraga Gateball.

Untuk itu Kementerian PUPR mendorong para pengembang perumahan untuk menyediakan fasilitas umum berupa lahan sarana olahraga bagi para penghuninya.

Mengawali sambutannya, Ketua Harian PERGATSI Pusat Khalawi menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada para pengurus PERGATSI Sumbar yang baru saja dilantik. 

Khalawi berharap agar pengurus dan anggota PERGATSI Sumbar segera bekerja, sehingga olahraga Gateball ini cepat berkembang pesat di seluruh Indonesia khususnya di Provinsi Sumbar.



Dia juga menyebut, Olahraga Gateball tidak dilombakan di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua, namun ditargetkan akan ikut pada PON Tahun 2024.

"Olahraga Gateball berpeluang untuk ikut PON 2024, karenanya kita menargetkan Gateball bisa ikut dalam pekan olahraga PON itu nantinya melalui eksibisi terlebih dahulu," ujar Khalawi.

Meski demikian, sebutnya, olahraga ini belum banyak peminat di tengah masyarakat, dan untuk itu PERGATSI Sumbar harus terus memasyarakatkan Gateball.

Khalawi menyebut, olahraga gateball  tidak lah rumit dan tidak memerlukan pemain yang banyak serta lapangan yang luas.




"Lapangan olahraganya cukup 20 meter persegi saja, dengan lima pemain saja olahraga ini telah dapat dilakukan di lapangan kecil," ucap khalawi.

Ditambahkannya, beberapa keuntungan berolahraga Gateball ini dapat menghindari kepikunan setelah beraktifitas dan kerja sehari-hari.

Masih menurut Khalawi, persiapan dan pengembangan olahraga ini diharapkan betul-betul dapat ditingkatkan karena jenis olahraga yang tergolong muda namun mengandung unsur  kesehatan, kekompakan dan kerjasama.

Dijelaskan, awalnya olahraga ini termasuk olahraga rekreasi. Namun saat ini sudah menjadi olahraga prestasi dan berangsur-angsur mulai diminati oleh masyarakat.




"Tapi sayangnya keberadaannya belum banyak dikenal, oleh karena itu masyarakat perlu dikenalkan lebih intensif lagi," pesan Khalawi kepada awak media usai pelantikan.

Sementara Ketua Umum Gateball Provinsi Sumatera Barat ­­Fathol Bari menyebutkan, untuk bergabung di olahraga ini memerlukan insting atau konsentrasi tinggi dan kekompakan tim agar dapat memenangkan suatu permainan.

Sebagai tindak lanjut, sebut Fathol, pihaknya akan mengaktifkan olahraga Gateball dengan terlebih dahulu mendatangkan segala perlengkapannya dan menyiapkan lapangan, supaya nantinya dapat mengikuti PON di tahun 2024.

Dia menuturkan, meski saat ini PERGATSI Sumbar baru terbentuk di 11 kabupaten dan kota, namun Gateball Sumbar sudah memiliki atlit-atlit yang baik, dari hasil eksebisi dengan beberapa provinsi tetangga.

"Untuk mendapatkan atlit terbaik, kami terus melakukan eksebisi dengan melakukan pertandingan persahabatan dengan provinsi tetangga seperti Jambi, Bengkulu dan Riau pada Hari Bakti Pekerjaan Umum kemarin," terang Fathol.

Selain mendapatkan Atlit-atlit Gateball terbaik, upaya eksebisi yang dilakukan dengan provinsi tetangga sekaligus juga dalam rangka menyosialisasikan Olahraga Gateball di tengah masyarakat.

"Harapannya Olahraga Gateball semakin dikenal luas di kalangan masyarakat, karena olahraga Gateball merupakan olahraga baru di Indonesia," tutup Fathol Bari.

Turut hadir di kesempatan itu Gubernur Sumbar Mahyeldi beserta pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar dan undangan lainnya.  (adv/em)

#Editor : Uki Ratlon

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR

SUMATERA UTARA

KOMUNITAS

HUMANITY

KULINER

PARIWISATA

MANCANEGARA

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN


TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini





Ekonomi Bisnis



HISTORIA


IKLAN

IKLAN

Artikel



Adv

FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA






KARIR