08 September 2020

Reses III Dapil II, Zalmadi Tampung Berbagai Aspirasi Masyarakat Rimbo Tarok


PADANG, (GemaMedianet.com Memanfaatkan masa Reses III di lima titik lokasi mulai 3-7 September Tahun 2020, Anggota DPRD Kota Padang Zalmadi Malin Basa, S.Hum mengunjungi daerah pemilihan (Dapil) II meliputi Kecamatan Kuranji dan Kecamatan Pauh, Sabtu (5/9/2020) malam.

Berlokasi di RT 01 RW 09 Rimbo Tarok Kelurahan Kuranji, Zalmadi yang juga Anggota Komisi IV membidangi kesejahteraan sosial ini melakukan temu ramah sekaligus menjaring aspirasi masyarakat sekitar.

Turut hadir di kesempatan itu Ketua RT 01 dan Ketua RW 09, Pandeka Silek dan anak sasian, serta warga setempat.

Lurah Kuranji Kasman Effendi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPRD Kota Padang Zalmadi yang mengambil lokasi masa reses III Tahun 2020 di Kuranji.

Kepada masyarakat, Lurah Kasman Effendi mengajak warga untuk memanfaatkan pertemuan guna menyampaikan aspirasi.

"Apa yang terasa sampaikan, dan semoga lewat pertemuan ini semakin terjalin sinergitas dalam  pembangunan di kelurahan terpadat ini," ujar lurah.

Sementara Zalmadi di kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran warga. Meski dalam suasana hujan, namun tak menghilangkan semangat warga untuk menghadiri reses anggota DPRD. 

"Terimakasih kepada seluruh warga. Meski dalam suasana hujan, namun warga tetap antusias untuk mengikuti agenda masa reses," ungkap Zalmadi.

Dijelaskannya, reses dilaksanakan tiga kali dalam setahun, yakni Reses I Januari-April, Reses II Mei-Agustus, dan Reses III September-Desember. Dalam masa reses selain mengunjungi Dapil juga menjemput aspirasi masyarakat.

"Malam ini adalah masa reses III dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat," terang Zalmadi.

Di kesempatan itu, Politisi Partai Berkarya ini juga membeberkan beberapa visi dan misinya selama menjabat sebagai anggota DPRD Kota Padang.

"Sebagai penyambung lidah masyarakat saya memiliki visi dan misi untuk pertama, Mengembangkan kesenian adat dan budaya Minangkabau. Kedua, Menggiatkan kegiatan keagamaan, serta Mengembangkan kelompok Tani, Ekonomi dan perdagangan," tukasnya.

Zalmadi mengurai, pertama, dalam Mengembangkan kesenian adat dan budaya Minangkabau, ia memprogramkan peningkatan dan pengembangan sasaran yang ada di dapil II.

Langkah ini menurut Zalmadi, dengan melakukan uji coba terhadap pemberian insentif bagi Sasaran Perguruan Silek yang aktif sebesar Rp.500 ribu per bulan. Perhatian ini diberikan untuk meningkatkan semangat sasaran dan guru tuo yang ditargetkan pada enam sasaran silat.

"Minimal 30 sasaran akan kita perjuangkan menerima insentif pengembangan Sasaran di tahap pertama ini," ungkapnya. 

Ia berjanji, jika pengembangan sasaran terjadi peningkatan lewat pemberian insentif tersebut, maka ke depan akan ditingkatkan menjadi Rp1 Juta per bulan.

Selanjutnya, dalam menggiatkan kegiatan keagamaan, Zalmadi akan mengaktifkan Selawat Dulang, Gambus dan kesenian islami lainnya karena diyakini dapat memperkuat silaturahmi dan menjauhkan masyarakat dari bahaya Narkotika. 

"Ditargetkan 10 rumah ibadah yang akan menggelar salawat dulang mendapatkan bantuan sebesar 5 juta melalui pokok pikiran anggota DPRD di dinas pariwisata tahun 2021," ujarnya.

Sementara untuk mengembangkan kelompok Tani, Ekonomi dan perdagangan, ia juga bertekad banyak melahirkan kelompok produktif untuk membantu ekonomi warga yang tergabung dalam berbagai kelompok usaha. Seperti Kelompok Wanita Tani (KWT), Kelompok Usaha Pemuda Produktif (KUPP) dan sebagainya. 

Apa yang menjadi visi dan misi Zalmadi tersebut mendapat sambutan hangat dari warga yang dilangsungkan di halaman Sasaran Silek Kuranji Sejati.

Selain itu, beberapa warga juga menyampaikan harapannya terhadap pembangunan fisik seperti pengerasan jalan bandes, betonisasi irigasi sawah dan perikanan, serta penambahan tiang atau jaringan listrik pasca pembangunan jalan.

Begitu juga keinginan terhadap pakaian dan alat musik, termasuk perbaikan Sekretariat Sasaran Kuranji Sejati. Sarana olahraga seperti lapangan dan tenis meja. Kemudian fasilitas drum band bernuansa Islami di TPA Masjid An Nur.

Seperti disampaikan Ketua RT 01 menyampaikan permohonan tentang pengerasan jalan Bandes yang selama ini masih saja terbengkalai.

Senada, Satria salah seorang mahasiswa juga memohon perbaikan drainase di seputar jalan Belimbing yang sudah rusak.

Sementara Afrizal mantan ketua RW 01, menyebutkan, aktifitas olahraga di masa pandemi sangat penting. Namun karena keterbatasan sarana dan prasarana olahraga memohon bantuan satu set meja tenis untuk dimanfaatkan menjaga kesehatan. 

Sedangkan Mazen pengurus Sasaran Silat Kuranji Sejati, memohon bantuan sekretariat yang sudah tidak layak. Begitu juga kebutuhan peralatan Randai yang masih belum ada. 

"Kita sangat membutuhkan sekretariat, karena bila hujan semuanya bocor. Begitu juga dengan peralatan yang belum lengkap seperti Matras dan lainnya," ujar Mazen. 

Menanggapi permintaan tersebut Zalmadi berjanji akan memenuhinya asal sesuai ketentuan dan persyaratan yang berlaku.

"Tugas anggota adalah memperjuangkan aspirasi masyarakat," tegasnya.

Kegiatan kemudian di akhiri dengan makan bersama, dan diselingi penampilan kesenian Tari Piring. (UK1

0 komentar:

Post a Comment

Iklan

Iklan

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN KPU

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER