08 September 2020

Setiap Desa Diharapkan Mampu Kembangkan Potensi


DELISERDANG, (GemaMedianet.comSetiap daerah memiliki potensi masing-masing, mulai dari mulai alam hingga wisata yang dapat dikembangkan guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah saat mengunjungi Desa Denai Lama, Pantai Labu Deli Serdang, Sabtu (5/9/2020).

Dalam kunjungan itu, Wagub juga mengunjungi Sanggar Lingkaran yang memiliki Kafe Baca, yakni kafe yang juga berfungsi sebagai taman bacaan.

Menurut Wagub, kafe baca yang dikelola anak-anak Desa Denai Lama ini dapat menjadi contoh desa lain untuk dapat memanfaatkan potensi yang ada di desa.

"Ini patut dicontoh untuk daerah lain. Potensi daerah diangkat dan orang datang mengunjungi, selain itu anak-anak muda juga akan memiliki aktivitas yang dapat menghindarkan mereka dari hal-hal negatif," kata Wagub didampingi Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah.

Menurut Wagub, Desa Denai Lama adalah desa kreatif yang mengangkat kearifan lokal. Wagub tertarik melihat kreativitas anak-anak sanggar seni yang mengelola Kafe Baca tersebut. "Mereka di sini bekerja dan berusaha untuk mengangkat desanya. Apa yang didapat mereka, kembali lagi untuk pemberdayaan masyarakat di sini," ujar Wagub.

Pengelola Sanggar Lingkaran Irwanto mengatakan Sanggar Lingkaran merupakan kekuatan atau potensi Desa Denai Lama. Juga ada potensi lain yang kuat, antara lain agrowisata Paloh Naga dan pusat produksi jajanan dan oleh-oleh Desa Denai Lama. 

"Ketiga kekuatan tadi yang memiliki potensi kuat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sini," ujar Irwanto.

Mengenai Kafe Baca, Irwanto menjelaskan kafe tersebut dikelola relawan yang berasal dari anak-anak sanggar. Kafe Baca Sanggar Lingkaran berhasil memperoleh juara 3 nasional dalam Festival Literasi Nasional untuk kategori Taman Baca Kreatif Rekreatif. Kafe Baca dibuka untuk umum. 

"Kita beri mereka usaha sekalian mereka belajar usaha, penghasilan 70 persen, untuk mereka 30 persen untuk pendanaan di sini," ungkap Irwanto.

#Red : Uki Ratlon l Humas Sumut 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan