02 September 2020

Recovery Ekonomi, DPRD Sumbar Dorong Pemprov Fokus Pada UKM


PADANG, (GemaMedianet.com— Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mendorong pemerintah provinsi agar fokus terhadap upaya penyelamatan ekonomi di masa New Normal (Adaptasi Kebiasaan Baru) dengan titik berat pada Usaha Kecil Menengah (UKM).

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Sumbar, Supardi saat memimpin jalannya rapat pimpinan DPRD, pimpinan fraksi dan pimpinan komisi bersama pemerintah daerah dalam rangka pembahasan recovery ekonomi dan pelaksanaan MTQ Nasional ke XXVIII, di ruang rapat utama gedung DPRD setempat, Rabu (2/9/2020).

Rapat yang digelar sesuai rapat paripurna beragendakan penyampaian nota penjelasan terhadap tiga Ranperda tersebut turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib, dan Gubernur Irwan Prayitno. 

Menurut Supardi, titik berat pada UKM menjadi keharusan dalam recovery ekonomi dengan mengakomodirnya melalui APBD Perubahan 2020 dan APBD 2021.

"Recovery ekonomi ini harus tertampung di dalam arah kebijakan anggaran, serta terprogram ke dalam rencana kerja OPD," ujarnya.

Selama masa PSBB, sebutnya, daya beli jatuh, daya beli surut karena pendapatan masyarakat juga ikut menurun. Sementara kebutuhan yang utama saat itu hanya berkutat pada sandang pangan, dan papan.

"Untuk itu pemerintah provinsi perlu mencari formula atau cara terbaik untuk melakukan upaya recovery ekonomi jangka pendek," katanya.

Ia juga mengajak badan-badan usaha yang ada agar bersinergi dengan pemerintah provinsi dalam pemulihan ekonomi. Apalagi saat PSBB di Sumbar, ekonomi Sumbar merosot minus 4,91 persen Juni 2020. 

Dalam rapat tersebut turut dibahas terkait pelaksanaan MTQ Nasional ke XVIII tahun 2020 dimana Sumbar menjadi tuan rumah.

Ketua DPRD Supardi mengingatkan pemprov agar dalam menyusun teknis pelaksanaan sesuai protokol kesehatan dilakukan secara ketat. 

"Kontingen atau kafilah nantinya akan datang dari seluruh Indonesia, oleh karena itu harus dilakukan test swab, bukan sekedar cek suhu tubuh atau rapid test," cakapnya.

Sementara Gubernur Irwan Prayitno mengatakan, secara keseluruhan persiapan untuk pelaksanaan MTQ Nasional ke XVIII sudah berjalan cukup baik. 

"Semua pihak terlibat baik dari panitia maupun persiapan pembukaan yang akan dihadiri Presiden RI sudah berjalan baik," tukasnya. (UK1

0 komentar:

Post a Comment

Iklan

Iklan

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN KPU

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER