15 Maret 2022

Festival Qasidah Rebana Sambut Datangnya Ramadhan 1443 H di Masjid Agung Nurul Iman

Semarak menyambut datangnya Ramadhan



PADANG, (GemaMedianet.com) | Wali Kota Padang Hendri Septa mengaku sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi atas digelarnya Festival Qasidah Rebana Tahun 2022 yang dipusatkan di pelataran parkir Masjid Agung Nurul Iman, mulai 13-17 Maret 2022.

Seperti diketahui, iven keagamaan antar Majelis Taklim serta TPA/TPQ se-Kota Padang tersebut bertemakan "Sumarak Manyambuik Ramadan 1443 Hijriah".

Acara ini pun terselenggara berkat kerjasama antara Padang TV dengan Pemerintah Kota (Pemko) melalui Bagian Kesra. Selain itu juga didukung melalui dana pokok pokiran (pokir) Anggota DPRD Kota Padang Zulhardi Z. Latif yang juga selaku Pembina Tim Iqor Qasidah Rebana Kota Padang.

"Alhamdulillah, Festival Qasidah Rebana ini patut kita apresiasi dan kita ingin menjadi ikon bagi Kota Padang dalam setiap menyambut bulan suci Ramadan. Insya Allah kegiatan ini akan terus kita adakan setiap mau masuk bulan Ramadan," ungkap Wali Kota agamis tersebut sewaktu membuka festival, Senin sore (14/3/2022).

Orang nomor satu di Kota Padang itu juga menyampaikan akan pentingnya melestarikan dan mewariskan seni musik qasidah rebana dari generasi ke generasi sampai kapanpun.

"Mudah-mudahan dengan festival qasidah rebana ini warga Kota Padang akan terhibur dan menyukai seni musik Islami tersebut. Semoga qasidah rebana selalu kita masukkan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan dan juga kegiatan lainnya yang kita lakukan seperti 'baralek', syukuran dan lainnya," harap Wako Hendri Septa.

Pada saat yang sama Zulhardi  Z. Latif menyebutkan tujuan digelarnya Festival Qasidah Rebana ini yaitu untuk menyemarakkan syiar Islam khususnya melalui seni musik qasidah rebana di Kota Padang.

"Festival ini bukan untuk mencari pemenang tetapi pembinaan. Jadi kita menginginkan bagaimana setiap majelis taklim di Kota Padang punya tim qasidah rebana. Dan melalui festival ini kita tentu berharap pula bisa menjadi wadah agar para ibu-ibu kita yang tergabung dalam majelis taklim dan jamaah masjid/musala semakin termotivasi untuk rajin berlatih qasidah rebana. Minimal setiap ada acara yang dilangsungkan di masjid/musala mereka bisa tampil melantunkan seni musik tersebut," sebutnya.

Zulhardi pun menilai qasidah rebana juga tidak kalah dengan seni musik lainnya. 

"Apalagi dengan syair lagunya yang memiliki pesan dakwah juga dapat menyentuh kalbu dan sekaligus mengajak kita senantiasa hidup di jalan kebaikan. Kita terhibur ibadah juga dapat," cetusnya pria yang akrab disapa Buya tersebut.

Dalam kesempatan itu juga terlihat hadir mendampingi Wali Kota Padang diantaranya Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Kabag Kesra Fuji Astomi serta Kabag Prokopim Amrizal Rengganis. Juga terlihat GM Padang TV Rita Gusveniza dan unsur terkait lainnya.(dv/pkp)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan