03 October 2021

Gamawan Fauzi Dukung Pekan Budaya Sumbar, Wadah Bangkitkan Semangat Bangun Daerah



PADANG, (GemaMedianet.com| Dalam membangkitkan semangat hidup orang Minang yang dikenal sebagai industri otak dalam berkarya, berfikir melahirkan gagasan dan ide-ide baru, gelaran pekan kebudayaan merupakan sebuah wadah aktifitas posisif sebagai semangat membangun daerah di Sumatera Barat (Sumbar). 

Hal ini disampaikan Gubernur Sumbar periode 2005-2009 Gamawan Fauzi dalam silaturrahmi dengan Dinas Kebudayaan dan Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Sumbar di rumah kediamannya, Padang, Selasa (28/9/2021).

Gamawan Fauzi katakan, dirinya memuji Pemprov Sumbar dengan kegiatan Dinas Kebudayaan Sumbar yang menggelar Pekan Budaya sebagai ajang kreatifitas daerah, terutama mendorong aktifitas para budayawan, seniman dan wartawan untuk ikut serta memajukan pembangunan daerah.

"Kita pujikan Gubernur Sumbar bersama Buk Ranti yang melakukan kegiatan Pekan Bidaya sebagai sebuah wadah membangkitkan semangat kebersamaan membangunan Sumbar, di masa melawan wabah pandemi COVID ini," ujar Menteri Dalam Negeri Indonesia ke-27 (2009-2014) ini.

Gamawan juga sampaikan, kondisi potensi daerah Sumbar yang amat terbatas dengan kondisi wilayah yang berbukit-bukit lahan pertanian tak luas, potensi sumber daya alam yang sedikit tak sebesar potensi sumber daya alam daerah lainnya serta termasuk PAD daerah yang kecil.

"Sejak dahulu unggulan Sumbar itu terletak pada sumberdaya manusianya. Dahulu di saat daerah lain belum memiliki banyak wadah pendidikan, Sumbar telah banyak melahirkan tokoh-tokoh hebat nasional. Dimana tahun 1800-an orang-orang Sumbar sudah bersekolah di negeri Belanda," ungkap Bupati Solok periode 1999-2005 ini.

Gamawan juga sampaikan, coba pelajari nasehat Sun Tzu, “Kenali dirimu sendiri, dan kenali pula musuhmu. Niscaya dalam 100 pertempuran akan ada 100 kali kemenangan.”

Ini kata-kata Sun Tzu yang paling terkenal. Karena itu, sebut Gamawan, mengenal kondisi daerah dan potensi yang dimiliki, serta mengenali tantangan yang ada saat ini mesti menjadi kekuatan bersama untuk memajukan pembangunan daerah.

"Maka nilai-nilai budaya sendiri merupakan salah satu upaya meningkatkan jatidiri masyarakat membangun daerah, agar kita mampu memenangkan persaingan yang ada," terangnya.

Di kesempatan yang sama, Zardi Syahrir, SH, MM Kabag Materi dan Komunikasi Pimpinan Biro Adpim Setdaprov Sumbar mengatakan, kunjungan silaturrahmi dengan beberapa tokoh ini dalam rangka membangun semangat memperingati Hari Jadi Sumbar yang ke 76 tahun yang akan digelar pada tanggal 1 Oktober 2021.

"Kita mewakili pimpinan dan panitia Hari Jadi Sumbar menghimpun statemen beberapa para tokoh daerah untuk memberikan semangat dalam peringatan hari jadi Sumbar yang ke-76. Pak Gamawan Fauzi sebagai salah mantan Gubernur Sumbar menjadi salah satu tokoh yang dimintai harapan dan pandangannya terhadap penyelenggaraan peringatan hari jadi ini," ujarnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kabid Kebudayaan Fadly Junaidi, STTP, Kabag Kerjasama Biro Pemerintahan Zaki Fahminanda, STTP. MA serta beberapa staf lainnya dari Dinas Kebudayaan. (r)

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN



TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Pariaman



HISTORIA

FACEBOOK - TWEETER



Artikel


INFO GEMPA





BUMD




IKLAN

IKLAN

Adv


KARIR