10 September 2020

Longsor Galian C Tanah Clay di Kelok Jaring Bungus Teluk Kabung, Ruas Jalan Padang-Painan Lumpuh


PADANG, (GemaMedianet.com— Hujan deras yang mengguyur Kota Padang sejak Rabu malam hingga Kamis pagi, (10/9/2020) mengakibatkan sejumlah titik lokasi di ibukota Provinsi Sumatera Barat ini terendam banjir.

Selain terendam banjir, beberapa diantaranya juga terdapat tanah longsor. Seperti di lokasi galian C tanah clay sepanjang Perbukitan Kelok Jariang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

Akibatnya, ruas jalan Padang-Painan (Pesisir Selatan) tidak bisa dilewati atau lumpuh total. Pasalnya, material tanah clay disertai pohon kayu  memenuhi ruas jalan.

Dari hasil laporan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang, Sutan Hendra yang diterima media ini mengatakan, ada dua titik tanah longsor, diantaranya di wilayah Kecamatan Bungus Teluk Kabung atau tepatnya di Kelok Jariang yang merupakan lokasi Galian C.

BPBD Kota Padang, sebutnya, juga mencatat adanya tebing longsor di wilayah jalan baru menuju Objek Wisata Pantai Air Manis, Kecamatan Padang Selatan. 

Melihat kondisi yang ada, BPBD Padang fokus membersihkan material longsor yang menimbun ruas jalan Painan-Padang, agar transportasi bisa kembali normal dari dan arah Padang menuju Painan (Kabupaten Pesisir Selatan) begitu juga sebaliknya.

Menurut keterangan di lapangan, longsor di Kelok Jariang ini terjadi  sekitar pukul 05.00 WIB Kamis pagi, dan saat ini BPBD tengah menunggu alat berat dari Dinas PUPR Sumbar guna membersihkan material tanah.


"Ruas jalan Padang-Painan merupakan jalan nasional, dan karena itu kami koordinasikan dengan PUPR Provinsi," tukasnya. 

BPBD menghimbau dan mengingatkan kepada masyarakat di sekitar Bukit Kelok Jariang atau bagi pengguna jalan raya harus berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan. 

Laporan tim BPBD memperkirakan hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi disertai angin kencang melanda wilayah Kota Padang sejak pukul 00.30 WIB.

Sutan Hendra menyebutkan, banjir terparah terjadi di Kelurahan Jondul Rawang, dan Mata Air Kecamatan Padang Selatan dengan ketinggian air mencapai satu meter. 

Berikut informasi genangan air, longsor dan pohon tumbang di beberapa titik di Kota Padang :

1.Komplek Jondul Rawang, Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.
2.Perumahan Bungus Jurai Permai, Kelurahan Bungus Barat, Kecamatan Bungs Teluk Kabung, Kota Padang.
3. Kelurahan Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.
4. Simpang 6 Pondok genangan air setinggi betis (40 Cm).
5. Parak Rumbio genangan air setinggi lutut (50 Cm).
6. Jalan Batuang Taba Kelurahan Arai Pinang genangan setinggi 50 Cm.
7. Jalan By Pass simpang 4 Lubeg genangan air setinggi 40 Cm.
8. Skep dekat Kantor Koramil Mata Air ketinggian air mencapai 80 Cm.
9. Banuaran belakang Mesjid Muhalimin Rt 02 genangan air memasuki rumah warga.

Sementara lokasi pohon tumbang berdasarkan informasi yang diterima, yakni (1). Jalan Baru arah ke Pantai Air Manis, (2). RT. 01/RW. 02 Air Manis.

Sedangkan, lokasi longsor berdasarkan informasi yang diterima adalah (1). Longsor di Kelok Jariang Bungus Teluk Kabung, (2). Jalan Lama Koto Kaciak menuju ke Pantai Air Manis.(uki1/hr1/mond/rita/dvit)

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN IKW RI

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA

KARIR