04 Agustus 2020

Diskop UMKM Gelar Pelatihan Manajemen Kewirausahaan Bagi PUMK


PADANG, (GemaMedianet.com— Dinas Koperasi UKM Kabupaten Pasaman sangat serius dalam hal pengembangan usaha dan penumbuhan wirausaha baru di Kabupaten Pasaman. Salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Manajemen Kewirausahaan.

Pelatihan Manajemen Kewirausahaan ini diikuti oleh Pelaku Usaha Mikro Kecil (PUMK) utusan dari kecamatan maupun para pebisnis muda. Ini sejalan dengan tujuan dari diselenggarakannya Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan yakni agar lelaku usaha bisa meningkat kapasitas dan kompetensinya di dalam mengelola usaha. 

Selain itu juga agar tumbuh wirausaha-wirausaha baru yang tangguh, mandiri, inovatif serta punya daya saing.

Agar tujuan tersebut bisa tercapai, maka Dinas Koperasi, UKM Pasaman sangat selektif di dalam memilih narasumber dan instrukur. Salah satu narasumber yang dipilih adalah Donny Ubani, SE, MM selaku Kepala BALATKOP Provinsi Sumatera Barat dan Muswizar Antoni, SAP, MPA.

Pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Pasaman, Jonneri Masli, SKM, MPH didampingi oleh Kabid UMKM Yossy Nasution, SE, MSi.

Pelatihan Kewirausahaan yang diikuti oleh 37 peserta ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari yaitu dari tanggal 3 hingga 6 Agustus 2020 bertempat di Hotel Equator Lubuk Sikaping.

Kepala Dinas Koperasi UKM Pasaman Jonneri Masli, SKM, MPH menyampaikan, bahwa Pasaman sekarang sudah saatnya memiliki para pelaku usaha yang ingin bergerak lebih maju dan berkembang guna menopang kemajuan ekonomi daerah tersebut.

“Pada era digital ini, pola-pola kolaboratif dan inovatif sangat diperlukan untuk mengembangkan usaha agar lebih maju dan punya daya saing,” ujar Jonneri.

Jonneri juga mengharapkan, karena ini merupakan program unggulan yang anggaran pelaksanaannya berasal dari dana DAK Non fisik tahun 2020, maka diharapkan seluruh peserta untuk bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini, mempraktikkan ilmu yang didapat dan menularkan kepada orang lain.

Kabid UMKM Dinas Koperasi dan UKM Pasaman, Yossy Nasution, SE, MSi dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pelatihan ini untuk meningkatan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku UKM agar mampu mengembangkan usahanya.

“Ada beberapa alasan penting dalam pelatihan manajemen kewirausahaan ini, seperti bagaimana membuat desain kemasan yang menarik, atau strategi jitu dalam pemasaran serta banyak lagi ilmu yang didapat,” ungkap Yossy Nasution.

Selain itu lanjut Yossy, pelaku usaha mikro diberikan pemahaman tentang ijin usaha, peningkatan wawasan akan UMK, kemudian tentang strategi pemasaran produk UMKM serta bagaimana meningkatkan kelas usahanya dari mikro ke kecil, dan yang kecil naik kelas ke menengah.

“Melalui kegiatan pelatihan ini, kita berharap para peserta, selain dapat mengemas produknya dengan baik, mereka memiliki bekal pengetahuan dan pemahaman untuk meningkatkan produknya dengan cara membenahi manajemen usahanya,” ujar Yossy.

Rahmad salah seorang peserta yang berasal dari Bonjol mengatakan,  pelatihan yang diberikan cukup bagus dan menarik, sehingga para pelaku usaha bersemangat ingin membuat usahanya lebih berkembang dengan baik.

“Alhamdulillah kami sangat senang mengikuti pelatihan ini. Jadi tambah semangat untuk lebih kreatif dan inovatif untuk kemajuan usaha kami,” ujar Rahmad. (Noel)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan