04 Agustus 2020

M Fikar Ketua BMPN Pauh IX Kuranji, Apresiasi Pagelaran Produk Ekonomi Kreatif 2020


PADANG, (GemaMedianet.com— Ketua BMPN Pauh IX Kecamatan Kuranji Kota Padang, M. Fikar, Datuk Rajo Magek S.Ag, MM, M.Pd memberikan apresiasi atas pelaksanaan Pagelaran Produk Ekonomi Kreatif 2020 yang dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Nasrul Abit, Senin (3/8/2020) malam.

Apresiasi itu disampaikan Ketua Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN) Pauh IX tersebut dalam sambutannya pada pembukaan Pagelaran Produk Ekonomi Kreatif 2020 di Medan Nan Bapaneh komplek kantor KAN Pauh IX.

Datuk M Fikar menyampaikan, Sumatera Barat memiliki beragam seni budaya, baik adat istiadat maupun bidang industrian, maka diperlukan sentuhan kreatifitas dan inovasi dari masyarakat yang kreatif, untuk melahirkan seni budaya bernilai ekonomis.
Menurutnya, ekonomi kreatif memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu sektor penggerak yang dapat mewujudkan Sumatera Barat yang Mandiri, Maju, Adil dan Makmur.

Bersamaan dengan itu, sebutnya, untuk menumbuhkan ekonomi kreatif tak bisa dilepaskan dari budaya setempat (Kearifan lokal, Red).

"Meski demikian, hal itu tidak bisa hanya dilihat dalam konteks ekonomi saja, tapi juga melalui dimensi budaya ide-ide kreatif untuk muncul produk budaya," tukasnya.

M Fikar berharap, dengan dilaksanakannya pagelaran pentas ekonomi kreatif berbasis budaya ini di Nagari Pauh IX yang juga dinakhodai Anak Nagari Pauh IX dapat membangkitkan perekonomian dan menjaga potensi budaya yang ada di Nagari Pauh IX, seperti Silat, Rabab, Saluang, Tari - tarian dan lain sebagainya.

"Ini momen kebangkitan di tengah pandemi Covid-19 saat ini, dan harapannya akan berdampak pada tiga hal penting, yakni memberikan kontribusi dalam perekonomian masyarakat, meningkatkan kreatifitas dan menciptakan inovasi untuk generasi muda, serta menjaga warisan leluhur kita dan kearifan lokal," pungkasnya. (UK1)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan