04 August 2020

Jaga Adat dan Budaya, Irwan Basir Datuk Rajo Alam Apresiasi Pagelaran Produk Ekonomi Kreatif Tahun 2020


PADANG, (GemaMedianet.com— Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Kuranji, Irwan Basir Datuk Rajo Alam mengungkapkan rasa bangganya atas terselenggaranya Pagelaran Produk Ekonomi Kreatif Tahun 2020 yang dihelat anak nagari Pauh IX Kuranji, melalui Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat.

"Ini bagian dari upaya untuk menjaga kelestarian adat dan budaya di Nagari Pauh IX Kuranji khususnya yang telah menguat sebagai jati diri daerah, serta menjaga adat dan budaya Minangkabau secara umumnya," ungkap  Irwan Basir Datuk Rajo Alam saat didapuk menyampaikan sambutannya pada pembukaan Pagelaran Produk Ekonomi Kreatif Tahun 2020 yang digelar di Medan Nan Bapaneh komplek kantor KAN Pauh IX Kuranji, Senin (3/8/2020).

Yang membanggakan lagi, sebut Irwan Basir, upaya menjaga adat dan budaya di Nagari Pauh IX Kuranji sekaligus juga membawa dampak pada peningkatan ekonomi anak nagari. 

"Tidak hanya satu dua hari, tetapi kegiatan ini berlangsung selama 3 bulan dengan skop Sumbar," ujarnya.

Ia menegaskan, jika tidak sedari dini dalam melestarikan seni budaya, tradisi yang telah diterima turun-temurun, maka bukan tidak mungkin apa yang dimiliki sekarang akan hilang di telan perubahan zaman.

"Jika tidak ada aktifitas prestasi yang menjaganya terutama di tengah zaman yang serba moderen ini, maka nilai adat dan budaya sudah bergeser," tukas owner Padang Fishing Club ini.

Untuk itu, Irwan Basir berpesan kepada seluruh anak nagari agar tetap menjaga kelestarian adat dan budaya Minangkabau sebagai jati diri daerah.

"Mari kita pertahankan tradisi adat dan budaya Minang di Nagari Pauh IX Kuranji khususnya dan Sumatera Barat umumnya, karena memang itu bagian tugas kita semua," katanya.

Selain itu, Irwan Basir juga mengajak menghilangkan sakwasangka yang akan merusak tatanan hidup sosial bermasyarakat.

"Mari bersama saling merangkul, saling menguatkan, saling menutupi kekurangan. Jangan bakacak langan. Sebagai makhluk sosial, kebersamaan itu kunci kita menjadi besar," pintanya.

Tak lupa Irwan Basir mengucapkan terima kasih karena di tengah suasana Covid-19 yang juga belum selesai, namun panitia kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan.

Terakhir, Irwan Basir berharap kepada Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit agar bisa melanjutkan dan menyelesaikan Jembatan Kuranji yang sudah lama mangkrak. 

"Jika dikaji, andaikan jembatan tersebut aktif tentu ekonomi masyarakat juga akan tumbuh dari segala aspek," ungkap Irwan Basir. 

Bak gayung bersambut, malam itu juga secara langsung permintaan ninik mamak Nagari Pauh IX Kuranji dijawab oleh Wagub Nasrul Abit. 

"Insya Allah, tahun ini Jembatan Kuranji akan diselesaikan pembangunannya," tutur Wagub Nasrul Abit dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi Pagelaran Produk Ekonomi Kreatif Tahun 2020 yang dijadualkan berlangsung mulai 3 Agustus sampai 30 Oktober mendatang.

Turut hadir dalam kesempatan itu Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumbar Eviyandri Rajo Budiman, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial, Walikota Padang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Arfian, Ketua BMPN Pauh IX Kuranji M Fikar Datuk Rajo Magek, camat dan lurah se  Kecamatan Kuranji, tokoh masyarakat, Pemuda dan anak nagari Pauh IX Kuranji. (UK1

0 komentar:

Post a Comment

Iklan

Iklan

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN KPU

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER