21 June 2020

Halal Bi Halal BMPN Pauh IX Kuranji, Rekatkan Seluruh Elemen Bersama Membangun Nagari


PADANG, (GemaMedianet.com— Pelaksanaan halal bi halal BMPN Pauh IX Kuranji untuk memperkuat jalinan silaturahmi sekaligus momentum menyatukan tekad bersama membangun Nagari, Sabtu (20/6/2020) berjalan lancar dan sukses.

Kegiatan yang dilangsungkan di Jalan Delima IX No.1 Belimbing, Kuranji, Kota Padang itu selain dihadiri pengurus dan anggota Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN)  juga dihadiri para tokoh Kuranji. 

Suasana tampak penuh kekeluargaan dan keakraban, sejalan dengan tema yang diangkat BMPN, "Dengan Shilaturahmi kita tingkatkan rasa persaudaraan dan kepedulian terhadap Nagari Pauh IX".

Turut hadir dikesempatan itu sesepuh Kuranji, H. Marzuki Onmar, Camat Kuranji Eka Putra Bahari, Kapolsek Kuranji diwakili Kanit Lantas, Iptu Suhardiman, Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Kuranji Irwan Basir Datuk Rajo Alam, Ketua Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX Kuranji Evi Yandri Rajo Budiman, serta sesepuh Kuranji Marzuki Onmar 

Ketua BMPN Pauh IX Kuranji, M Fikar Datuk Rajo Magek di kesempatan itu menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan BMPN dalam bentuk halal bi halal  ini dalam rangka menguatkan tali silaturahmi pasca lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah. Sekaligus juga memperkokoh rasa membangun nagari.

"Apa yang kita perbuat hari ini kiranya menjadi penyemangat bagi semua elemen masyarakat, bahwa memperkokoh persatuan dan kesatuan itu menjadi pondasi yang sangat penting dalam membangun Nagari," tutur Datuk M Fikar. 

Baca Juga : BMPN Pauh IX Kuranji Gelar Halal Bi Halal, M. Fikar Dt. Rajo Magek : Satukan Tekad Membangun Nagari

Ia juga menyebutkan, di tengah masa transisi menuju New Normal saat ini, maka pelaksanaan halal bi halal kali ini dilaksanakan dengan sederhana, dan sesuai anjuran pemerintah maka pelaksanaannya juga mengikuti protokol kesehatan Covid-19. 

Meski demikian, sebut M Fikar, pelaksanaan halal bi halal ini tidak mengurangi makna yang dikandung  sesuai tema yang diangkat BMPN, "Dengan Shilaturahmi kita tingkatkan rasa persaudaraan dan kepedulian terhadap Nagari Pauh IX".

Dengan demikian, lanjut M Fikar, halal bi halal sebagai sebuah tradisi positif sangat penting untuk dilaksanakan, karena dengan berkumpul tali silaturahmi semakin menguat, serta persatuan dan kesatuan semakin mengental. 

"Momen ini lah yang diharapkan BMPN, sehingga akan lahir ide bagi terwujudnya misi BMPN yakni mewujudkan Nagari Berkarakter," ungkap pria energik ini. 

Ia mencontohkan, di masa awal-awal pandemi Covid-19, semua elemen masyarakat dari mulai BMPN dan FKAN Pauh IX Kuranji sebagai sayap Kerapatan Adat Nagari (KAN) saling bahu membahu memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Dari mulai pembagian masker, penyemprotan desinfektan, pembagian sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19 semua elemen proaktif di tengah masyarakat," ujar M Fikar. 

Begitu juga di masa transisi menuju New Normal, aksi kepedulian terus berlanjut. Diantaranya menggiatkan gotong-royong (goro) di tengah masyarakat, sehingga semakin menguatkan nilai-nilai kebersamaan. 

"Oleh karena itu tidak pada tempatnya lagi membanding-bandingkan antara BMPN dan FKAN, karena tujuannya adalah sama yakni membangun nagari," ungkap M Fikar yang disambut aplaus dari seluruh tokoh Kuranji dan anak nagari yang berhadir. 

Apa yang disampaikan M Fikar Datuk Rajo Magek tersebut kembali ditekankan oleh Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir Datuk Rajo Alam. 

Dikatakannya, di masa pandemi Covid-19 semua elemen di Nagari Pauh IX Kuranji sudah memperliharkan perannya di tengah-tengah masyarakat. Di saat pemerintah masih menyusun kebijakan Covid-19, elemen Nagari Pauh IX justeru telah mengawalinya dengan aksi nyata. 

"Dari mulai penyemprotan desinfektan, pembagian masker, hingga membantu masyarakat yang terdampak ekonominya akibat pendemi Covid-19," ujar Irwan Basir Datuk Rajo Alam, yang juga Ketua MPA KAN Pauh IX Kuranji ini.

Dengan demikian, tegas Irwan, jangan ada lagi budaya 'iko diadu iko dasuang, sehingga nagari jadi heboh".

”Mari hal itu kita tinggalkan, dan berlaku positif lah dengan saling mengisi dan saling bersinergi untuk bersama-sama membangun nagari,” ujar Owner Padang Fishing Club (PFC) Belimbing ini.

Ungkapan senada juga disampaikan Ketua FKAN Pauh IX Kuranji Evi Yandri Rajo Budiman. Dikatakan, pandemi Covid-19 telah meluluhlantakan segala aspek kehidupan, dari mulai sosial, ekonomi, budaya. 

"Dampak itu juga terjadi di Kecamatan Kuranji, tetapi ketika  daerah lain di Kota Padang belum menentukan sikap, justeru elemen Nagari Pauh IX Kuranji telah bergerak dalam membantu warganya yang terdampak Covid-19," ungkap Evi Yandri Rajo Budiman, yang juga Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumbar ini. 

Sementara, sesepuh Kuranji, H Marzuki Onmar mengaku sangat terharu atas kekompakan serta sinergitas dari tokoh KAN Pauh IX dengan BMPN dan FKAN. Apalagi, sempat pula menjadi buah bibir di tengah masyarakat seputar aksi kepedulian sosialnya di tengah masyarakat 

"Jika ketiga figur ini bersatu, Irwan Basir, Evi Yandri dan M Fikar, Insya Allah akan membawa kemaslahatan bagi masyarakat Nagari Pauh IX yang merupakan Padang Pinggiran Kota (Papiko)," ujar mantan Pj Bupati Solok Selatan ini seraya berharap agar tekad bersama membangun nagari terus dipelihara. 

Tak beda, Camat Kuranji Eka Putra Bahari juga mengapresiasi dan berharap sinergitas KAN Pauh IX beserta BMPN dan FKAN terus terjaga di tengah masyarakat. 

"Kontribusi ketiga elemen ini sangat berarti di tengah masyarakat dan nagari, karenanya tetap lah saling menjaga komunikasi. Kata kuncinya adalah komunikasi," pesan camat yang mengusulkan Kelurahan Kuranji sebagai Kampung Tangguh dari Kecamatan Kuranji.

Sebelum ditutup dengan tausiyah dan doa, Ketua BMPN M Fikar Datuk Rajo Magek berkesempatan menyerahkan bantuan kepada Panti Asuhan Puti Bungsu yang berbasis di Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. (UK1

0 komentar:

Post a Comment

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER