26 December 2019

Wali Kota Padang Mahyeldi Gerak Cepat Tinjau Lokasi Pohon Tumbang


PADANG, (GemaMedianet.com— Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah meninjau lokasi tumbangnya pohon di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Rabu subuh (25/12/2019).

Pohon berkuran sekitar 13 meter tersebut tumbang akibat tingginya curah hujan disertai angin kencang yang terjadi sejak Selasa (25/12) malam hingga Rabu (25/12/2019) pagi.

Setiba di lokasi Wali Kota Padang Mahyeldi yang didampingi beberapa OPD langsung melakukan gerak cepat guna membersihkan material pohon yang menghalangi badan jalan yang menghubungkan Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan itu.

“Melalui Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang dan pihak terkait lainnya, kita upayakan secepat mungkin untuk mengevakuasi bagian pohon tumbang tersebut sehingga jalan bisa dilalui kendaraan kembali,” ujarnya.

Tidak jauh dari lokasi tersebut, juga terdapat lonsor. Dibekas lonsoran tersebut terdapat batu berukuran besar.

“Hari ini kita usahakan semua material yang terletak di badan jalan dapat dibersihkan sehingga jalan bisa dilalui kendaraan,” tambahnya lagi.

Berdasarkan data weather station pada peralatan Air Quality Monitoring System (AQMS) yang ditempatkan kantor Gubernur Sumbar, curah hujan tertinggi dari tanggla 24 Desember 2019 mulai pukul 20:00 WIB sampai dengan 25 Desember 2019 pukul 05:30 WIB adalah 117,86 mm. Jika dibandingkan dengan data curah hujan sejak awal Januari 2019, maka curah hujan tersebut di atas adalah curah hujan paling tinggi pada tahun 2019 ini.

Untuk itu, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menghimbau kepada OPD dalam hal BPBD Kota Padang untuk memetakan lokasi-lokasi rawan bencana di Kota Padang. Sehingga warga dapat meningkatkan kewaspadaan saat kondisi cuaca buruk.

“Kepada warga masyarakat yang akan berpergian ketika curah hujan tinggi, ketika melewati daerah yang tofografinya tinggi dan beresiko longsor agar lebih meningkatkan kewasapadaan,” pungkasnya.

Akibat Hujan lebat tersebut, terdapat beberapa lokasi genangan air di Kota Padang. 

Berikut laporan kondisi genangan air tersebut di sejumlah kecamatan. Diantaranya Kecamatan Padang Barat, yakni kawasan Purus, Banda Purus,  dan sekitarnya tinggi genangan air lebih kurang 40 cm. 

Kecamatan Padang Timur, yakni kawasan Andalas, Jati dan sekitarnya tinggi genangan lebih kurang 30 cm. 

Kecamatan Lubuk Begalung, di kawasan Jalan.  Aru, Parak Pengambiran dan sekitarnya tinggi genangan lebih kurang 25 cm. 

Sedangkan di Kecamatan Padang Selatan, yakni kawasan Rawang Jondul dan sekitarnya tinggi genangan lebih kurang 60 cm. (humas) 

0 komentar:

Post a Comment

Iklan

Iklan

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN KPU

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER