04 Juni 2023

Badan Kesbangpol Sumbar Selenggarakan Pendidikan Politik Bagi Tomas di Kabupaten Solok



SOLOK, (GemaMedianet.com| Pendidikan politik merupakan tanggung jawab seluruh elemen mulai dari pemeirntah, masyarakat dan partai politik.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Dr. Jefrinal Arifin mewakili Gubernur Sumbar saat membuka kegiatan Pendidikan Politik Bagi Tokoh Masyarakat Kabupaten Solok di Hotel Green Hill Solok, Sabtu (3/6/2023).

Dengan demikian, lanjut Jefrinal, semua stakeholder harus berperan aktif untuk mewujudkan kehidupan politik yang demokratis.

Masih kata Jefrinal, Pemilu akbar tahun 2024 mendatang telah dimulai rangkaian tahapannya hingga hari pencoblosan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Untuk itu membutuhkan peran dan partisipasi politik seluruh elemen. Masyarakat diharapkan mau dan mampu menggunakan hak pilihnya dengan baik.

"Untuk itu, masyarakat perlu dibekali dengan wawasan, nilai nilai, dan memiliki kapasitas yang diperlukan untuk mengaktualisasikan diri dan melestarikan nilai nilai demokrasi, " terang Jefrinal.

Sebelumnya, Ketua Panitia Drs, Syahlaluddin dalam laporannya mengatakan, Pendidikan Politik Bagi Tokoh Masyarakat (Tomas) Kabupaten Solok berlangsung selama satu hari dengan peserta berasal dari Nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok sebanyak 100 orang.

Peserta  terdiri dari tokoh masyarakat, kelompok PKK, Bundo Kanduang, dan pemuda.

Hal ini bertujuan agar partisipasi tokoh masyarakat, kelompok PKK, Bundo Kanduang dan pemuda  pada bidang politik meningkat, khususnya jelang pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024.

Kegiatan pendidikan politik yang telah diselenggarakan untuk kesekian kalinya ini dilaksanakan melalui pokok-pokok pikiran (pokir) anggota DPRD Sumbar, Dr. H. Hardinalis Kobal, SE.

Narasumber pada kegiatan ini yakni Kepala Badan Kesbangpol Prov. Sumbar dan Guru Besar Ilmu Politik Universitas Andalas Padang, Dr. H. Hardinalis Kobal, SE, MM, Septi Suhermi, SP, praktisi pemberdayaan perempuan, serta Sepris Yonaldi, Rektor Unitas Padang.

(em)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan