04 Juni 2023

Padang Peringati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023



PADANG, (GemaMedianet.com| Belum lama ini, Pemerintah Kota (Pemko) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023.  Peringatan itu dilaksanakan di Lapangan Upacara Kantor Balai Kota Padang, Aie Pacah, Koto Tangah, Kamis (1/6/2023) pagi.

Adapun tema yang diangkatkan pada upacara yang diperingati setiap 1 Juni tersebut adalah "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".

Upacara yang dipimpin Wali Kota Padang Hendri Septa itu pun diikuti oleh Wakil Wali Kota Ekos Albar, unsur Forkopimda Kota Padang, Sekda Andree Algamar bersama para Asisten dan Kepala OPD, para pimpinan ormas, OKP serta Camat dan ASN Pemko Padang dan unsur terkait lainnya baik secara langsung maupun virtual.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam sambutannya, Wako Hendri Septa menyampaikan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

"Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar, namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tenteram di dalam hati bangsa Indonesia," jelas Wako Hendri Septa.

Dilanjutkannya, setiap komponen bangsa harus menyadari pentingnya membangun karakter bangsa yang bersendikan nilai-nilai Pancasila.

Sebagaimana dikatakan Presiden Bung Karno bahwa nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme harus terus dibangun dan diwariskan pada generasi selanjutnya.

"Pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 ini marilah kita bergotong-royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Mari bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriot serta cinta Tanah Air dan juga menjaga toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," imbau Wako.

Lebih lanjut dalam momentum Hari Lahir Pancasila tahun 2023 ini, Wako Hendri Septa juga menyampaikan apresiasi kepada anak-anak Paskibraka Kota Padang angkatan tahun 2022 yang telah bertugas sebagai pasukan pengibar bendera dimulai dari Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun RI tingkat Kota Padang tahun 2022 lalu.

"Alhamdulillah, pada tahun ini Kota Padang patut berbangga karena telah berhasil mengutus 1 (satu) orang anak kita sebagai calon Paskibraka tingkat pusat tahun 2023 yang nantinya akan bertugas sebagai pasukan pengibar bendera merah putih pada upacara peringatan kemerdekaan RI di Istana Presiden RI. Selain itu Kota Padang juga berhasil meloloskan 11 (sebelas) orang putra-putri terbaik kita sebagai calon Paskibraka Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Hal ini sangat membanggakan tentunya," pungkas Wako Hendri Septa.

Dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Kota Padang tahun 2023 itu, Wako Hendri Septa juga menyerahkan reward untuk calon Paskibraka Nasional dan Provinsi Sumbar dan bagi tiga orang Pemuda Pelopor tingkat Kota Padang tahun 2023.

Selain itu juga ada penyerahan secara simbolis sumbangan hewan qurban dari donasi kemanusiaan warga Kota Padang untuk saudara muslim di Palestina dan Somalia melalui lembaga 'charity' di Kota Padang diantaranya Asar Humanity Sumbar dan Rangkiang Peduli Negeri Sumbar.

Selanjutnya Wako Hendri Septa bersama Ketua Kwarcab 09 Gerakan Pramuka Kota Padang Andree Algamar juga melepas secara resmi Regu Penggalang Kontingen Kwarcab 09 Gerakan Pramuka Kota Padang, yang mewakili Kwarda 03 Sumbar untuk mengikuti Lomba Tingkat V Nasional Tahun 2023 di Bumi Perkemahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

(pkp)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan