05 April 2022

Inovasi Program Semata Berlanjut, Wako Hendri Septa Kembali Bedah Rumah Keluarga Kurang Mampu

Hendri Septa Bedah Rumah Keluarga Kurang Mampu


PADANG, (GemaMedianet.com| Wali Kota Padang Hendri Septa kembali menggelar program Semalam di Palanta (SEMATA) pada Ramadhan tahun 1443 H/2022 ini. Program ini merupakan inovasi yang dilahirkan Wali Kota Milenial ini, dalam upaya membantu warga kurang mampu di 11 kecamatan.

Melalui program SEMATA jilid dua ini, para keluarga yang dibantu dibawa ke rumah dinasnya untuk berbuka puasa bersama Wali Kota dan keluarga hingga bermalam sehari di sana.

Selama di rumah dinas, mereka disediakan sarana untuk beribadah dan melakukan aktifitas lainnya, hingga sahur bareng dengan orang nomor satu di Kota Padang ini.

Esoknya, rumah warga itu akan ditinjau untuk dibedah melalui bantuan Baznas Kota Padang. Diperkirakan, pembangunannya selesai sebelum Lebaran nanti.


“Alhamdulillah, program Semalam di Palanta yang kita lakukan selama Ramadhan kali ini memasuki tahun kedua. Untuk Ramadhan tahun ini kita akan menyasar sebanyak 11 keluarga dari 11 kecamatan se-Kota Padang," ungkap Hendri Septa kepada wartawan di sela penjemputan, Minggu (3/4/2022).

Disebutkan, untuk hari ini pihaknya mulai perdana bagi keluarga Ibu Rini (43) dan Bapak Afrizal (45) yang berada di Jalan Padat Karya Kampung Melayu RT 04 RW 07, Kelurahan Piai Tanah Sirah Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung.

Melalui program ini, beber Hendri, selain membangun kepedulian sosial, juga menjadikan keluarga dari kalangan kurang mampu tersebut sebagai tamu kehormatan Wali Kota Padang.

“Alhamdulillah, kita dari jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Padang ingin melakukan sesuatu yang luar biasa pada setiap bulan Ramadhan. Salah satunya dengan memberikan kebahagiaan bagi keluarga-keluarga yang kurang mampu di kota yang kita cintai ini," kata Hendri Septa.


Menurutnya, hal itu sesuai dengan Sabda Nabi Muhammad SAW yang menyebutkan kaum dhuafa atau orang miskin adalah orang-orang yang sangat dicintai Rasulullah SAW.

“Jika kita tak peduli, tidak berempati dan tidak memuliakan saudara-saudara kita tersebut, maka kita harus malu mengaku cinta Rasulullah. Karena mencintai orang miskin termasuk salah satu dalam Wasiat Nabi Muhammad SAW kepada sahabatnya Abu Dzar Al Ghifari,” tambahnya.

Lebih lanjut Pemimpin religius itu juga mengaku, dengan mengajak rakyatnya bermalam di rumah dinasnya sendiri sekaligus membantu bedah rumahnya adalah perbuatan mulia.

Menurutnya lagi, rumah dinas yang ia diami beserta keluarga saat ini adalah rumah rakyat, bukan miliknya pribadi.


“Hal ini kita lakukan sebagai wujud rasa syukur dan penghormatan pada masyarakat. Meski belum semua warga bisa disentuh dalam program ini, semoga Ramadhan selanjutnya bisa kita wujudkan," tuturnya.

Terakhir, Hendri Septa juga berharap, kegiatan SEMATA ini mampu mengetuk banyak pintu hati lainnya untuk bisa saling peduli pada warga dhuafa atau kurang mampu di kota ini.

Sementara itu, Keluarga Rini pada saat dijemput Wali Kota Hendri Septa dan jajaran mengaku sangat senang karena dipilih mendapatkan bantuan program SEMATA oleh Wali Kota Padang Hendri Septa.

Ia pun tak mampu mengungkapkan kata-kata, selain bersyukur kepada Allah SWT.


“Alhamdulillah, kami sekeluarga berterima kasih sekali kepada Pak Wali dan bapak ibu semua yang membantu kami,” tuturnya dengan mata berbinar.

Ketika ditanyai seputar kondisi dan aktifitasnya sehari-hari, ibu tiga orang anak itu menyebut ia hanya bekerja sehari-hari sebagai ibu rumah tangga. Sedangkan suaminya hanya bekerja sebagai seorang buruh harian lepas, bahkan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari keluarganya sangat susah.

“Kami sekeluarga sangat bersyukur telah dibantu, dan rumah kami juga akan dibedah menjadi lebih baik dan layak huni. Semoga bapak ibu diberikan pahala yang besar oleh Allah SWT," imbuhnya dengan nada haru didampingi suami dan tiga orang anaknya.

Sesampai di kediaman resmi Wali Kota Padang, rombongan disambut Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Putrinda.

Turut hadir mendampingi Wali Kota Padang dalam kesempatan itu diantaranya Pj Sekda Fitriati, Kepala Dinas Sosial Ances Kurniawan, Kadis PUPR Tri Hadianto dan Kepala BKPSDM Arfian yang juga Plt Kalak BPBD.

Selanjutnya Kabag Kesra Fuji Astomi, Kabag Prokopim Amrizal Rengganis serta Kabag Umum Bobby Firman dan Wakil Ketua I Baznas Kota Padang Yultel Ardi.

Turut hadir Camat Lubeg Heriza Syafani, beserta lurah dan elemen masyarakat setempat. (adv/dv/ady/pkp)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

POLDA SUMBAR

Galeri Iklan

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau

Helmi Moesim dan Keluarga

Helmi Moesim dan Keluarga

HISTORIA


FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMD


Khazanah



Adv

KARIR