26 Maret 2022

Pasaman Berkomitmen Raih Predikat Kabupaten Layak Anak

Pasaman Optimis Raih KLA Kategori Madya



PASAMAN, (GemaMedianet.com) | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman berkomitmen ingin meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Madya, pada 2022 ini.

Hal demikian dikatakan Furqan, SKM, MKes, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Pasaman, Jumat (25/3/2022) kemarin.

Namun untuk mendapatkannya  membutuhkan komitmen antar instansi dan tidak bisa diselesaikan satu OPD saja, melainkan meliputi lintas profesi. Tidak saja dari ASN tapi juga praktisi anak, pemerhati anak, relawan, tokoh agama, tokoh masyarakat termasuk penegak hukum dan lainnya.

Dijelaskan, dalam pemenuhan hak anak, Pemkab Pasaman telah melakukan berbagai upaya, seperti pemberian akte kelahiran gratis, kepemilikan Kartu Identitas Anak, pembentukan Forum Anak mulai dari tingkat kabupaten sampai nagari, pencegahan perkawinan usia dini, puskesmas ramah anak, sekolah ramah anak, serta mengadakan pengembangan pusat kreatifitas anak.

“Kita harus merasa bangga, karena kita telah memiliki komitmen tersebut," tuturnya.

Menurutnya, dilakukan penilaian Kabupaten Layak Anak bertujuan untuk mengetahui langkah kongkrit yang dilakukan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

"Untuk pengukuran KLA ada 5 kluster, yakni Hak sipil dan kebebasan, Lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, Kesehatan dasar dan kesejahteraan, Pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kesejahteraan. serta Perlindungan khusus.

"Setiap kluster dijabarkan dalam 24 indikator dan telah dilaksanakan dimasing-masing OPD terkait," imbuhnya.

Sikap optimis untuk meraih KLA kategori madya, tinggal sedikit lagi Pasaman bakal berada di ketegori madya. Diketahui bahwa tingkatan KLA dimulai dari Pratama, selanjutnya Madya, Nindya, dan Utama, serta KLA Paripurna.

"Diharapkan kita semua bisa selalu bekerjasama dalam menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan anak di Kabupaten Pasaman, sehingga anak-anak daerah ini dapat menjadi anak-anak yang berkualitas kedepannya" pungkasnya.  (Noel)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

POLDA SUMBAR

Galeri Iklan

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau

Helmi Moesim dan Keluarga

Helmi Moesim dan Keluarga

HISTORIA


FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMD


Khazanah



Adv

KARIR