20 Maret 2022

Ketua DPRD Sumbar Supardi Minta Pemerintah Perhatikan Kesejahteraan PSM

Ketua DPRD Sumbar Supardi Buka Bimbingan Peningkatan Kapasitas PSM


PADANG, (GemaMedianet.com| Ketua DPRD Sumatera Barat Supardi menghadiri pembukaan Bimbingan Peningkatan Kapasitas Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) se Sumatera Barat (Sumbar), yang dilangsungkan di Hotel Kriyad Bumi Minang, Padang, Ahad (20/3/2022).

Pada pembukaan tersebut Ketua DPRD Sumbar Supardi didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Sumbar Ary Yuswandi, Plt. Kabid Dayasos Dinsos Sumbar Sampurno dan Ketua IPSM Sumbar Bundo Herlina.

Kegiatan yang digelar Dinas Sosial Sumbar dan berlangsung mulai 20-22 Maret 2022 ini diikuti sebanyak 108 orang PSM yang berasal dari seluruh kabupaten/kota se Sumbar.

Kepala Dinas Sosial Arry Yuswandi di kesempatan itu mengatakan,  kegiatan Bimbingan Peningkatan Kapasitas PSM bertujuan untuk memacu semangat kerja dan tanggungjawab dalam menunjang kesejahteraan sosial di daerah masing-masing, serta menambah pengetahuan dan keterampilan teknis PSM.

"Hal itu mengingat peran PSM  sebagai motivator. Dan PSM juga adalah dinamisator di tengah masyarakat, sehingga selalu bergerak memberikan solusi pada setiap masalah sosial yang dihadapi masyarakat," terangnya.

Sementara, Ketua DPRD Sumbar Supardi mengatakan, Sumbar merupakan daerah rawan bencana. Oleh karena itu banyak "PR" yang akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi, Kota/Kabupaten dalam penanganan bencana. 

Sejalan dengan itu, keberadaan PSM di daerah sangat strategis, karena mereka lah yang mendampingi masyarakat secara utuh dan nyata.

Supardi menilai, forum-forum seperti Bimbingan Peningkatan Kapasitas PSM ini sangat penting untuk terus dilakukan guna mendiskusikan solusi dari masalah yang dihadapi oleh PSM di lapangan.

Mengacu pada Peraturan Menteri Sosial (Permensos) Nomor 10 Tahun 2019, PSM merupakan SDM  kesejahteraan sosial (kesos) wilayah kerja di desa atau kelurahan, Nagari dan berstatus sebagai relawan sosial.

Kendati bekerja sukarela, sebutnya, PSM memiliki kontribusi sangat besar dalam mengentaskan kemiskinan di Sumatera Barat.

Untuk itu, pihaknya dari DPRD Sumbar meminta perhatian dari pemerintah agar memperhatikan kesejahteraan para PSM.

Supardi mengaku, telah menyurati gubernur untuk memperhatikan kesejahteraan PSM, karena masih banyak menerima laporan PSM tidak mendapat honorer atau tali asih sama sekali. Sementara PSM diminta bekerja profesional, tetapi PSM tidak mendapatkan apa- apa.

"Kami dari DPRD Sumbar mengharapkan pemerintah untuk lebih menghargai PSM dengan memperhatikan kesejahteraannya," tukas Supardi saat membuka kegiatan tersebut. (r)

#Editor : Uki Ratlon

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

POLDA SUMBAR

Galeri Iklan

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau

Helmi Moesim dan Keluarga

Helmi Moesim dan Keluarga

HISTORIA


FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMD


Khazanah



Adv

KARIR