07 Februari 2022

Pelajari Mekanisme Bamus, DPRD Pessel Kunjungi dan Konsultasi ke DPRD Sumbar




PAINAN, (GemaMedianet.com| Sebagai miniatur Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD), posisi badan musyawarah (Bamus) menjadi sangat strategis, terutama dalam penetapan agenda kedewanan. Dimana pada gilirannya akan berdampak pada kinerja DPRD beserta anggotanya secara keseluruhan.

Adanya posisi strategis itu disikapi oleh DPRD Pessel dengan perlunya mendapatkan referensi sekaitan ketentuan-ketentuan yang mengatur tugas dan fungsi Bamus tersebut, serta prakteknya di lingkungan DPRD.

Sekaitan itu, DPRD Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menetapkan kunjungan kerjanya  dengan agenda konsultasi dan studi kali ini ke DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Padang, Senin (7/2/2022).

Kedatangan Bamus DPRD Pessel itu disambut langsung oleh Sekretaris DPRD Sumbar H. Raflis, SH, MM, di Ruang Khusus I Gedung DPRD setempat, Senin (7/2/2022).

Sekretaris DPRD Sumbar di kesempatan itu didampingi bagian persidangan dan perundang-undangan, serta beberapa staf sekretariat lainnya.

Pimpinan Rombongan Bamus DPRD Pessel Alkisman S.Ip di kesempatan itu mengatakan, agenda mengunjungi DPRD Sumbar dalam rangka belajar tentang mekanisme Bamus untuk penyusunan dan perubahan agenda kerja kedewanan di saat waktu berjalan.

Kunjungan tersebut memiliki agenda konsultasi dan studi, dalam rangka penyusunan agenda kerja kedewanan sesuai dengan aturan berlaku nantinya di DPRD Pessel.

"Sebagai anggota badan musyawarah, tentunya perlu menambah masukan, agar dalam menyusun kegiatan kedewanan tidak melanggar aturan, atau menimbulkan masalah di kemudian hari" terangnya.

Alkisman tak lupa mengucapkan terima kasih atas diterimanya 22 orang anggota Bamus DPRD Pessel dan diberikan berbagai masukan sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

"Terima kasih pada pak sekwan DPRD Sumbar yang sudah menerima kami dengan segala sesuatunya, dan telah pula memberi masukan serta bahan yang kita butuhkan untuk dibawa sebagai oleh-oleh perjalanan dari DPRD Sumbar,” ujar Alkisman.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Sumbar Raflis mengatakan, sebagai kepala administrasi pihaknya akan selalu memberikan pelayanan terbaik pada tamu, sehingga apa yang diharapkan dalam melakukan kunjungan bisa tercapai, dan tamu tidak merasa kecewa.

Menurutnya, sebenarnya pimpinan DPRD Sumbar dan Bamus berkeinginan menerima rombongan, namun pada saat yang sama DPRD Sumbar juga punya agenda, dan sudah dijadualkan dalam Bamus.

Dia juga menambahkan, setiap ada surat masuk ke DPRD Sumbar, termasuk kunjungan daerah lain, maka dirinya akan berkordinasi dengan pimpinan, sehingga dapat ditentukan alat kelengkapan yang akan menyambut kunjungan itu, apakah dari komisi, Bamus, baleg atau yang lainnya.

“Jika memang berbenturan dengan agenda lainnya, maka dirinya sebagai sekretaris DPRD siap untuk menerima dan memberikan keterangan serta bahan yang dibutuhkan,” tukasnya. (mz)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

POLDA SUMBAR

Galeri Iklan

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau

Helmi Moesim dan Keluarga

Helmi Moesim dan Keluarga

HISTORIA


FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMD


Khazanah



Adv

KARIR