29 September 2021

Irwan Basir Tutup Adventure Exhibition IOF Pengcab Padang Taragak Basuo Serie II Tahun 2021




PADANG, (GemaMedianet.comKetua Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kota Padang, Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM menutup secara resmi Adventure Exhibition Indonesian OffRoad Federation (IOF) Pengcab Padang Taragak Basuo Serie II Tahun 2021, Minggu (26/9/2021) malam.

Acara ini diselenggarakan oleh IOF Pengurus Cabang (Pengcab) Padang, dan didukung oleh club-club offroad di Kota Padang dan Padang Fishing Club terdiri dari POC, PAC, VES, TDI, PJC, 4X4 Komuniti, Gunot, LAJO yang berlangsung selama dua hari, mulai 24-26 September 2021.

Turut mendampingi Irwan Basir dalam penutupan itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat Jumaidi, S.Pd, M.Pd dan Ketua IOF Pengcab Padang Priyono Indra yang akrab disapa Om Liong serta Ketua Pelaksana Zulpadli

Dalam penutupan itu Irwan Basir menyampaikan, gelaran Adventure Exhibition 2021 IOF Pengcab Padang ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan silaturahmi dengan sesama Adventure Exhibition yang ada seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat, termasuk yang datang dari provinsi tetangga, Riau dan Jambi.


"Artinya, Adventure Exhibition IOF Pengcab Padang menjadi momen meningkatkan silaturahmi setelah lama tak bertemu akibat kondisi pandemi COVID-19 ini. Taragak basuo (rindu ingin bertemu, red) ini sekaligus menyalurkan hobi.. Tentu ini bukan bentuk kerumunan, tetapi adalah keterampilan dalam rangka menciptakan suatu kondisi silaturahmi," tuturnya.

Selain tempat menyalurkan hobi yang sudah lama terpendam akibat pandemi, sebutnya, iven ini juga sebagai ajang pencarian bakat untuk atlit offroad baik tingkat Sumbar maupun tingkat Nasional.

Masih menurut Irwan Basir,  kegiatan Taragak Basuo IOF Serie II Tahun 2021 ini bermanfaat terhadap  kondisi kebencanaan.

"Jadi, efek samping itulah kalau terjadi bencana pada suatu daerah yang tidak bisa dilewati dengan motor biasa. Ada komitmen dari kawan-kawan Adventure Exhibition IOF untuk bekerjasama dengan lapisan stakeholder dalam di bidang kebencanaan," terangnya.

Tidak saja itu, lanjut Irwan Basir, iven IOF ini juga berpeluang meningkatkan sektor mikro ekonomi masyarakat. Terutama sekali dalam angka kehadiran IOF, telah berdampak pada ekonomi masyarakat. Pendapatan bertambah, melalui transaksi jual beli terhadap kebutuhan para Offroader selama mereka berada di daerah ini.

Efek ini tentu juga dari pada peningkatan ekonomi, bahwasanya daerah ini menjadi daerah kunjungan pariwisata, tuturnya Irwan Basir yang akrab disapa Datuk IB.

Orang nomor satu di DPD LPM Kota Padang ini berharap, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat maupun Kota Padang bisa menggalakkan iven serupa,  karena dengan beragam iven  berpeluang meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

"Dengan iven seperti ini, bagaimana potensi-potensi penguatan lokal yang produktif bisa ditumbuh kembangkan di Kota Padang dan Sumatera Barat pada umumnya, sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)," tukasnya.

Sementara itu, Rijal Uje Wakil Ketua Panitia Adventure Exhibition IOF mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang kepedulian, kekeluargaan serta kebersamaan para offroader  setelah lama berjumpa (taragak basuo). Tim yang turun kali ini, diantaranya Alek Jangkrik, Badak, Palate, Paliko, POC, JJC, PAC, SJJ Jambi, NTC, ABS, AJD dan tim TDJ.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari dan menempuh jalur Batu Busuak - Sungkai, Belimbing, Lubuk Minturun. Sedangkan pesertanya diikuti sebanyak 292 offroader yang berasal dari Sumbar (Padang, Lintau, Bukittinggi, Dharmasraya), Riau dan Jambi (Muaro Bungo).

"Alhamdulillah, acara berlangsung sangat meriah dan tingginya antusias para pecinta otomotif medan extrem lumpur dan bebatuan. Apalagi, standard dan extreme para offroader dibuat merasakan sensasi melalui rute perjalanan dengan jenis tantangan yang cukup lengkap. Seperti tanjakan yang terjal dan berliku, jalur yang dilewati pun sempit, menanjak dengan tikungan-tikungan tajam serta berlumpur yang siap menguji adrenalin para offroader," tuturnya.

Rijal Uje juga mengucapkan selamat kepada seluruh offroader yang ikut berpartisipasi dalam Advanture Exhibition IOF Pengcab Padang. Dan terimakasih pula yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia pelaksana, Padang Fishing Club serta TAGANA Sumbar dalam menyukseskan pelaksanaan iven, sehingga acara demi acara berjalan lancar dan sukses tanpa ada hambatan.

Rijal Uje berharap kegiatan offroad seperti ini kedepannya dapat dilaksanakan secara bekesinambungan.

"Semoga tetap berkesinambungan sebagai salah satu wadah meningkatkan kebersamaan, persaudaraan dan tetap terjalinnya hubungan yang harmonis antara insan offroad di Sumatera serta masyarakat luas pada umumnya," pungkasnya. (relis humas)

#Editor : Uki Ratlon 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN



TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Pariaman



HISTORIA

FACEBOOK - TWEETER



Artikel


INFO GEMPA





BUMD




IKLAN

IKLAN

Adv


KARIR