22 August 2021

Suardi Datuak Rajo Bujang Kembali Ketuai KAN Pauh IX Kuranji, Ini Pesan Datuk Irwan Basir



PADANG (GemaMedianet.com| Suardi Datuak Rajo Bujang kembali terpilih untuk memimpin KAN Pauh IX Kuranji periode 2021-2026 dalam Musyawarah Pemilihan Ketua KAN Pauh IX Kuranji yang digelar di gedung kantor KAN Pauh IX Kuranji, Minggu (22/8/2021) siang.

Terpilihnya Suardi Datuak Rajo Bujang setelah melewati rangkaian proses pleno Musyawarah Pemilihan Ketua KAN Pauh IX Kuranji periode 2021-2026. 

Dari sembilan tapian yang ada, delapan tapian menjatuhkan pilihan kembali kepada Ketua KAN Pauh IX Kuranji periode 2016-2021 tersebut. 

Penghulu Suku Chaniago ini berhasil menyisihkan Musdafirman Datuak Rajo Diguci yang hanya meraih satu suara dari satu tapian. 

Seperti kata pepatah "Putuih gayuang di balabek, Putuih kato dipangkanyo, Kasudahan adat di balai-balainyo"

Ketua Majelis Pertimbangan Adat Kerapatan Adat Nagari (MPA KAN) Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM di kesempatan itu langsung mengukuhkan Ketua KAN Pauh IX Kuranji terpilih, Suardi Datuak Rajo Bujang.

Ketua KAN Pauh IX Kuranji terpilih, Suardi Datuak Rajo Bujang dalam sambutannya bertekad untuk memberikan yang terbaik bagi Kenagarian Pauh IX Kuranji, serta mengisi kepengurusan baru dengan bersinergi bersama 9 tapian yang ada.

"Mohon dukungan dari angku datuak dan Ninik Mamak serta masyarakat Kenagarian Pauh IX Kuranji," ujar Suardi usai dikukuhkan.

Sementara, Irwan Basir Datuak Rajo Alam dalam arahannya menegaskan, bahwa menjadi ninik mamak nan bajinih tidaklah untuk mendapatkan kekuasaan, akan tetapi semata untuk membantu urang (orang, red) banyak.

Datuak Irwan Basir di kesempatan itu mengaku puas atas terlaksananya Musyawarah Pemilihan Ketua KAN Pauh IX Kuranji periode 2021-2026 yang berlangsung secara demokratis dan penuh dinamika.

"Bagi ketua terpilih ke depan berikan yang terbaik bagi nagari, sebagai awak yang didahulukan salangkah dan ditinggikan sarantiang," pesan Datuak Irwan Basir.

Dia juga menekankan, Kenagarian Pauh IX Kuranji saat ini sudah menjadi barometer di Kota Padang, dan karenanya jangan sia-siakan amanah sebagai ninik mamak nan bajinih yang telah diamanahi mengetuai KAN Pauh IX Kuranji.

Datuak Irwan Basir menambahkan, Ketua KAN tugasnya banyak, dan karenanya rangkullah semua pihak yang ada di nagari. Sehingga apa yang dilaksanakan sesuai dengan harapan bersama. 

"Mari kita rangkul semua pihak dalam menakhodai KAN Pauh IX Kuranji dengan eksistensi sebaik-baiknya," pesannya lagi. 

Mengakhiri arahannya, Datuk Irwan Basir mengucapkan selamat kepada Ketua KAN Pauh IX Kuranji terpilih, dan apa yang telah telah berjalan sesuai tatanan adat Salingka Nagari serta terlaksananya secara demokratis Musyawarah Pemilihan Ketua KAN Pauh IX Kuranji periode 2021-2026 dapat dipertahankan dengan komitmen sebaik-baiknya. 

"Jangan ada lagi upaya memecah belah KAN Pauh IX Kuranji dan kenagarian, namun mari kita kedepankan dukungan seluas-luasnya untuk bersama membangun nagari," tukas Datuak Irwan Basir seraya memberikan apresiasi terhadap suksesnya pelaksanaan Musyawarah Pemilihan Ketua KAN Pauh IX Kuranji.

Senada, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat yang juga anak Nagari Pauh IX Kuranji Evi Yandri Rajo Budiman, dalam sambutannya berharap ada perubahan besar di Nagari Pauh IX Kuranji pasca terpilihnya Ketua baru KAN Pauh IX Kuranji.

Musyawarah Pemilihan Ketua KAN Pauh IX Kuranji yang dibuka secara resmi oleh Wali Kota Padang Hendri Septa, selanjutnya ditutup secara resmi oleh Ketua MPA KAN Pauh IX Kuranji Irwan Basir Datuak Rajo Alam.

Kegiatan selanjutnya diakhiri dengan doa dan foto bersama. (mz)

#Editor : Uki Ratlon 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


PARIWISATA


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini


Ekonomi Bisnis



HISTORIA



Artikel


FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA





Infrastruktur




IKLAN

IKLAN

Adv






KARIR