02 June 2021

Tutup dan Cabut Izin Tambang Galian C Ilegal, Mario Syah Johan : Alhamdulillah, Sudah Ada Respon Gubernur Sumbar



PADANG, (GemaMedianet.com| Pasca sidak tambang 25 Mei lalu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Mario Syah Johan memastikan Komisi IV DPRD tetap komitmen terhadap penutupan dan pencabutan izin tambang galian c di sepanjang jalan nasional Jalan Nasional Alahan Panjang-Surian-Muaralabuh.

"Hasil rapat kami (Komisi IV), tetap meminta gubernur bertindak tegas. Yang tidak ada izin kita pidanakan," tegas Mario Syah Johan yang berasal dari Fraksi Partai Gerindra DPRD Sumbar ini, Senin (31/5/2021) lalu.

Dari informasi yang dihimpun, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dalam rapat pembahasan penanganan dan penertiban aktivitas pertambangan di lokasi ruas Jalan Lubuk Selasih–Surian, Minggu (30/5) pagi telah meminta semua aktivitas tambang liar di lokasi sepanjang ruas Jalan Lubuk Selasih–Surian Kabupaten Solok dihentikan segera. 

BACA JUGA : Mario Syah Johan Minta Gubernur Sumbar Tegas, Tutup dan Cabut Izin Tambang Galian C di Jalan Nasional Alahan Panjang-Surian-Muaralabuh

"Alhamdulillah, itu yang kita harapkan dari Gubernur Sumbar. Sudah ada respon, dan sudah ada penekanan gubernur dalam rapat tersebut untuk meminta semua aktivitas tambang liar di lokasi sepanjang ruas Jalan Lubuk Selasih–Surian Kabupaten Solok dihentikan segera," ujar Mario.

Tak hanya penutupan dan pemberhentian operasi tambang, Gubernur Sumbar dikabarkan juga akan menindak tegas para penambang ilegal di kawasan tersebut.


Tinggal lagi sekarang, adalah tindak lanjut dari hasil rapat itu oleh organisasi perangkat daerah (OPD) tentu dinantikan masyarakat luas.

"Mudahan-mudahan dalam waktu dekat, ketegasan Gubernur Sumbar dapat meminimalisir dampak kerusakan jalan, pencemaran lingkungan, bencana alam atas keberadaan tambang galian c utamanya yang ilegal di kawasan tersebut," tukas Mario.

BACA JUGA : Pasca Viral Tutup Tambang Galian C di Jalan Nasional, Pemprov dan Komisi IV DPRD Sumbar Sidak Bersama

Seperti diketahui, setelah sempat viral dengan desakan penutupan Tambang Galian C di sepanjang Jalan Nasional Alahan Panjang-Surian-Muaralabuh oleh Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Mario Syahjohan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar akhirnya melakukan sidak bersama Komisi IV DPRD Sumbar, Selasa (25/5).

Sidak bersama Tambang Galian C ini masih berkaitan dengan laporan masyarakat perihal kerusakan jalan nasional dan lingkungan, serta seringnya terjadi longsor di ruas Jalan Nasional Alahan Panjang-Surian.

Sidak juga merupakan tindak lanjut surat dari pemerintah pusat kepada gubernur untuk menertibkan seluruh tambang di sepanjang jalan nasional. (mr)

#Editor : Uki Ratlon

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR

SUMATERA UTARA

KOMUNITAS

HUMANITY

KULINER

PARIWISATA

MANCANEGARA

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Terkini

Ekonomi Bisnis

HISTORIA

Adv

FACEBOOK - TWEETER

IKLAN

INFO GEMPA

IKLAN

Artikel

KARIR