27 April 2021

Kaum Suku Chaniago Berduka, Datuk Irwan Basir : Petik Hikmahnya, Karena Kita Semua Akan Kembali PadaNya


PADANG (GemaMedianet.com Ninik Mamak Nagari Pauh IX Kuranji Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM melepas jenazah Almarhum Jamaludin (62 tahun) ke peristirahatan terakhir dari rumah duka di Kelurahan Kuranji, Kota Padang, Senin (26/4/2021).

Almarhum Jamaluddin yang juga merupakan kakak dari Amrizal (Pak Am, red) selanjutnya akan dikebumikan di Pandam Pekuburan Kaum Suku Chaniago selepas Sholat Zuhur.

Pelepasan jenazah oleh Ninik Mamak Nagari Pauh IX Kuranji Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM didampingi staf Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Iskandar, S.Pd dan Mulyadi, Ketua KAN Nagari Pauh IX Kuranji Suhardi Datuk Rajo Bujang, dan Sekretaris Mak Itam, Rang Tuo Suku Chaniago, Tokoh Masyarakat, Bundo Kandung, Kongsi Kematian Tui Sepakat, serta Pemuda dan Pemudi.

Pelepasan itu juga dihadiri oleh segenap masyarakat dan sejumlah wartawan dari berbagai media cetak dan online yang ada di Kota Padang.

Ninik Mamak Nagari Pauh IX Kuranji Irwan Basir Datuk Rajo Alam di kesempatan itu menyampaikan, Almarhum Jamaludin adalah sosok yang mudah bergaul dan memahami pentingnya kearifan lokal. Almarhum juga dikenal dekat dengan semua kalangan.

Datuk Irwan Basir juga menyebut, kematian adalah untuk dipetik hikmahnya. Bahwa apa terjadi pada almarhum juga akan dirasakan oleh setiap insan yang berjiwa.

Oleh karena itu, Datuk Irwan Basir mengajak untuk memperbanyak bekal menghadapi kampung akhirat.

"Mari kita perbanyak bekal amal dan ibadah, karena setiap yang bernyawa pasti akan menghadap Allah SWT. Sedangkan kita yang ditinggalkan, tentu berkewajiban menyelenggarakan jenazah almarhum, dan itu merupakan tanggung jawab kita sebagai sesama muslim," ucapnya.

Bagi keluarga yang ditinggalkan, Datuk Irwan Basir berpesan jangan diratapi kepergian almarhum.

"Semoga almarhum Husnul Khatimah, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan dalam menghadapi musibah ini," tuturnya.

Sementara tugas anak adalah mendoakan almarhum, karena doa anak yang saleh tak akan putus-putusnya, pungkas Irwan Basir yang juga menjabat sebagai Kabid Linjamsos Dinsos Sumbar ini. (dp)

#Editor : Uki Ratlon

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


PARIWISATA


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini


Ekonomi Bisnis



HISTORIA



Artikel


FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA





Infrastruktur




IKLAN

IKLAN

Adv






KARIR