26 January 2021

GOW Ajak Wanita Payakumbuh Lakukan IVA Test


PAYAKUMBUH (GemaMedianet.com)  Dalam rangka antisipasi penyakit Kanker Serviks khususnya bagi wanita di Kota Payakumbuh, Gabungan Organinasi Wanita (GOW) Kota Payakumbuh mengikuti pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test gratis di Puskesmas Padang Karambia, Selasa (26/1/2021). 

"Sampai detik ini kanker masih menduduki peringkat pertama sebagai penyakit paling mematikan di dunia. Langkah preventif bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dan khususnya bagi perempuan melakukan deteksi dini dengan IVA test," ungkap Ketua GOW Kota Payakumbuh Ny.Machdalena Erwin Yunaz. 

Ditambahkan Machdalena, Banyak alasan yang  beredar di masyarakat mengatakan bahwa IVA test sakit, tapi sebenarnya IVA test tidak sakit dan manfaat dari IVA test adalah mendeteksi jika adanya sel kanker sejak dini. 

"Pernyataan atau Stigma sakit  seperti ini lah yang harus kita hilangkan. Untuk ibu-ibu khususnya di Kota Payakumbuh, Mari kita jaga kesehatan kita untuk pencegahan dini kanker Serviks.  Ibu adalah matahari di rumah, kalau ibu sakit, maka di rumah pun semuanya akan redup. Maka dari itu ibu-ibu mari sayangi diri sendiri demi kebehagiaan keluarga, "ujar Machdalena

Diterangkan Machdalena, Anjuran dari pemerintah IVA test baiknya dilakukan sekali setahun. GOW bersama TP-PKK Kota Payakumbuh akan selalu menghimbau untuk melaksanakan IVA test. 

"Untuk ibu-ibu semua ayo lakukan IVA test, jangan ada lagi rasa malu, atau takut sakit, karena IVA test itu tidak sakit dan juga dilakukan oleh tim medis wanita, ayo cintai diri kita, " Pungkas Machdalena. 


Senada dengan Machdalena, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal atau yang akrab disapa Dokter Bek mengatakan IVA test adalah salah satu deteksi awal untuk kanker (CA) serviks. Potensi CA serviks bagi ibu-ibu yang sudah Pre Menopause atau Menopouse itu cukup tinggi. CA serviks angka kematiannya cukup tinggi. Dengan IVA test  bisa mendeteksi lebih awal untuk mengatasi penyakit menyebar. 

Dokter Bek menambahkan idealnya untuk melakukan IVA test adalah wanita berumur 40 tahun ke atas, dan seluruhnya mestinya sudah melakukan IVA test tapi karena dalam kondisi pandemi covid, capaian untuk melakukan test sangat rendah sekali.

"Untuk seluruh masyarakat jangan ragu dalam melakukan IVA test. Apa saja program kesehatan bagus untuk masyarakat. Medis bekerja secara maksimal, bersih, higienis dan profesional. Penyakit ini gejalanya sepele, hanya gatal-gatal saja, namun karena itu banyak wanita yang menghiraukannya. Mari semua ibu-ibu ikutilah program ini demi menjaga kesehatan dan mendeteksi kanker serviks sejak dini. Seluruh pemeriksaan IVA test dapat dilakukan di puskesmas terdekat dan gratis tanpa dipungut biaya, "pungkas Dokter Bek.(CAN) 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR

SUMATERA UTARA

KOMUNITAS

HUMANITY

KULINER

PARIWISATA

MANCANEGARA

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN

IKLAN

Terkini

Ekonomi Bisnis

HISTORIA

Adv

FACEBOOK - TWEETER

IKLAN

INFO GEMPA

IKLAN

Artikel

KARIR