06 November 2020

Disbudpar Padang Tingkatkan Kapasitas SDM Pengelola Pokdarwis



PADANG, (GemaMedianet.com)  Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) setempat menggelar Sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona terkait peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) bagi pengelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) tahun 2020. 

Kegiatan yang dilangsungkan di salah satu hotel berbintang di Kota Padang itu, dibuka oleh Sekretaris Disparbud Kota Padang Syafriadi, Kamis (5/11/2020).

Hadir dikesempatan itu Anggota DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti, di samping para narasumber serta peserta sosialisasi dan lainnya.

Syafriadi dalam arahannya menyampaikan, sosialisasi tersebut sangat bernilai penting karena memiliki beberapa tujuan dan manfaat untuk kemajuan sektor pariwisata di Kota Padang. 

"Dimana dalam hal ini guna menghasilkan tenaga terampil bagi para pemandu sadar wisata dan sapta pesona yang memiliki kemampuan dan keterampilan khusus, disertai teknik pemanduan wisata," katanya dalam kegiatan yang diikuti peserta terdiri dari Pokdarwis Bukit Padayo Kecamatan Lubuk Begalung itu.

Begitu juga sambungnya, melalui sosialisasi ini diharapkan meningkatkan kompetensi pemandu wisata yang sesuai dengan standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) sektor pariwisata. 

"Selain itu juga diharapkan meningkatkan kualitas pemandu sadar wisata dan sapta pesona sebagai salah satu komponen dalam jasa usaha pariwisata. Lalu mampu mengembangkan dan meng 'up to date' kan pengetahuan para industri pariwisata ke depan," jelasnya.

Syafriadi melanjutkan, terkait peran dan keberadaan pramuwisata atau para Pokdarwis di Kota Padang, sejatinya merupakan salah satu stakeholder yang penting dalam membantu memberikan bimbingan, penerangan dan petunjuk tentang objek wisata, event wisata serta membantu segala sesuatu yang diperlukan wisatawan.

Tidak hanya itu, jelasnya, tugas yang diemban pramuwisata sebagai 'frontliner'yang sekaligus berfungsi sebagai 'information agent' cukup berat dan perlu mendapatkan perhatian khusus.

"Maka dari itu, melalui sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pemandu wisata atau Pokdarwis di Kota Padang yang profesional dan memiliki SDM yang baik dan terampil. Kita tentu berharap, semua peserta mengikuti rangkaian sosialisasi dan pelatihan ini dengan baik. Sehingga tercapai tujuan dan sasaran yang diinginkan," ujarnya sembari membuka kegiatan yang dilangsungkan selama dua hari, Kamis dan Jumat (5-6/11/2020) itu.

Seperti diketahui, terkait materi yang diberikan pada sosialisasi tersebut sesuai dengan dengan SKKNI sektor pariwisata dengan narasumber yang berkompeten diantaranya praktisi dan motivator yang berpengalaman di bidang kepariwisataan.(David/Prokopim)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan