26 September 2020

Penampilan Tari Piring Klasik Sanggar Rantau Saiyo Marapalam Pukau Pengunjung Ekraf


PADANG, (GemaMedianet.com— Penampilan Sanggar Rantau Saiyo Marapalam lewat Tari Piring Klasik pada Pekan ke-16 Pagelaran Produk Ekonomi Kreatif (Ekraf) Tahun 2020 yang dilangsungkan di Medan Nan Bapaneh komplek Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Kuranji, Jum'at (25/9/2020) malam memukau para pengunjung.

Sejumlah pengunjung bahkan panitia kegiatan program Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ini terlihat berdecak kagum dan mengakui penampilan Sanggar Seni kali ini beda dengan penampilan sanggar seni yang berasal dari kabupaten/kota sebelumnya. 

"Ya, penampilan Tari Piring Klasik dari kaum ibu dan kaum bapak Sanggar Seni Saiyo Marapalam sungguh luar biasa, memukau, dan mendapatkan aplus dari pengunjung," ungkap Sekretaris Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX Kuranji, Erman Jamal ketika dimintai tanggapannya terkait penampilan Sanggar Seni Rantau Saiyo. 

Menurutnya, penampilan Tari Piring dari Sanggar Rantau Saiyo Marapalam Kota Padang ini beda dari Tari Piring yang ada selama ini. 

"Selain penampilannya klasik, juga dimainkan oleh kaum laki-laki," tutur Erman Jamal. 

Begitu juga gerakannya, ada menari di atas piring, di atas panggul juga di atas pundak penari lain, dan piringnya pun dua di atas tangannya. 

Menariknya lagi, kelincahan serta kecepatan gerakannya membuatnya beda dari yang lain, tutur Erman Jamal.

Seperti diketahui, Sanggar Seni Rantau Saiyo pada malam pekan ke-16 ini menampilkan aneka ragam pertunjukan serba klasik.

Mulai dari Tari Piring ibu-ibu klasik, Tari Piring laki-laki klasik, Sarunai Ratok Pariaman klasik, Sarunai Solok klasik dan Randai. (UK1)

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

Iklan

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

RUANG IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER