24 August 2020

Kapolsek dan Ketua MPA KAN Pauh IX Kuranji Serahkan Sertifikat "Pemuncak" Kampung Tangguh Tingkat Kota Padang


PADANG, (GemaMedianet.com— Rona kebahagiaan tampak terpancar di wajah warga Komplek Delima Blok A Perumnas Balimbiang Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji saat menyaksikan penyerahan sertifikat Juara I Kampung Tangguh (Tageh) Tingkat Kota Padang oleh Kapolresta Padang diwakili Kapolsek Kuranji Kompol Armijon dan Ketua MPA KAN Pauh IX Kuranji Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM, Minggu (23/8/2020) malam.

Penyerahan Sertifikat Juara I tersebut diterima Ketua Kampung Tageh Sudirman didampingi Camat Kuranji Eka Putra Buhari beserta Anggota DPRD Kota Padang Zulhardi Z Latif, Ketua Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN) M Fikar Datuk Rajo Magek S.Ag, MM, M.Pd yang juga motivator Kampung Tageh, Lurah Kuranji Kasma Efendi, Ketua RW 08 Kadril Rajo Darek dan tokoh masyarakat lainnya.

Terpilihnya Komplek Delima Blok A Perumnas Balimbiang Kuranji sebagai Pemuncak Kampung Tangguh Tingkat Kota Padang yang merupakan bagian program Polri dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia, bukanlah proses instan.

"Empat aspek yang menjadi penilaian utama Kampung Tangguh yang menjadi program Polri ini sudah sejak lama berproses di Komplek Delima Blok A Perumnas Balimbiang. Oleh karena itu hasilnya sebagai Juara I Kampung Tangguh hanyalah sebuah pembuktian bahwa Komplek Blok A Perumnas Balimbiang memang patut dan layak sebagai Pemuncak," ungkap Kapolsek Kuranji Kompol Armijon dalam sambutannya saat penyerahan di hadapan seluruh warga. 

Di kesempatan yang sama, Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Kuranji, Irwan Basir Datuk Rajo Alam mengatakan, kebersamaan dan potensi seluruh warga komplek telah membuktikan kontribusi yang ada selama ini untuk menjadi juara Kampung Tangguh Tingkat Kota Padang.

"Prestasi yang luar biasa adalah milik seluruh warga, karena semuanya berkontribusi tidak saja kebersamaan dan kegotongroyongan di awal Pandemi Covid-19, tetapi sudah berlangsung sejak lama," ungkapnya. 

Senada, Ketua Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN) M Fikar Datuk Rajo Magek menyampaikan, apa yang diraih komplek Delima Blok A Perumnas Balimbiang Kuranji merupakan manifestasi warga Komplek. Oleh karena itu sertifikat Juara I yang diraih, adalah juga penghargaan untuk seluruh warga.

"Ini implementasi saciok bak ayam sadanciang bak basi (Seiya sekata, satu pendapat atau kompak, red) falsafah Minang yang hidup dan berkembang di Pauh IX," ungkap M Fikar.

Dijelaskan, ada empat kriteria penilaian Kampung Tangguh terdiri dari Tangguh sistim keamanannya, Tangguh penanganan kesehatan (rumah isolasi), Tangguh ketahanan pangan, dan Tangguh Informasi. Keempat kriteria itu semuanya dimiliki oleh Komplek Delima Blok A Perumnas Balimbiang, dan dijadikan sebagai pilot project penanganan Covid-19 di Kelurahan Kuranji.

"Alhamdulillah, empat kriteria yang dimiliki Komplek Delima Blok A Perumnas Balimbiang menjadi yang dilombakan pada Lomba Kampung Tangguh yang digelar Polri dalam rangka HUT Bhayangkara ke-74 tahun 2020 ini," ujar motivator Kampung Tangguh ini.

M Fikar juga berharap, ke depan, apa yang diterima akan terus diterapkan di Komplek Delima Blok A Perumnas Balimbiang dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga menjadi kebiasaan warga sehari-hari.

"Dengan kebersamaan, Ka Bukik samo mendaki ka lurah samo manurung barek samo dipikua, maka Insyaallah dapat kita pertahankan," tukasnya.

Giat penyerahan Sertifikat Juara I Kampung Tangguh Komplek Delima Blok A Perumnas Balimbiang tersebut juga dirangkaikan dengan syukuran dan makan bersama seluruh warga.

Di kesempatan itu Ketua MPA KAN Pauh IX Kuranji, Irwan Basir Datuk Rajo Alam berkenan memberikan bantuan syukuran sebesar Rp2 Juta. (UK1)

0 komentar:

Post a Comment

Iklan

Iklan

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN KPU

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER