13 April 2020

Satu OTG Warga Simpati Positif Covid-19, Bupati Minta Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Tim gugus tugas pencegahan Covid-19 Kabupaten Pasaman  mengumumkan, bahwa seorang berinisial R (35) jenis kelamin laki-laki Warga Kecamatan Simpati Kabupaten Pasaman dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 baru pulang dari luar negeri.

Hal ini disampaikan Ketua Gugus Tugas pencegahan Penularan Covid-19 Kab. Pasaman, Yusuf Lubis didampingi Wakil Bupati Atos Pratama, Kapolres AKBP Hendri Yahya, Dandim 0305 Letkol Inf. Ahmad Aziz dan Plt. Dinas Kesehatan dr. Rahadian Suryanta Lubis di Balerong Pusako Anak Nagari, Minggu (12/4/2020).

Dijelaskan, R (35) diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Negara Pandemi yaitu Malaysia yang tiba di Pasaman pada tanggal 17 Maret 2020 lalu.

R juga pernah melakukan kontak sosial dengan pasien positif Covid-19 sebelumnya, yang juga warga Kecamatan Simpati inisial Y (43).

Lebih lanjut Yusuf Lubis menyampaikan, tim gugus tugas mengatakan R (35) tidak memiliki gejala alias Orang Tanpa Gejala (OTG). Namun, pada tanggal 7 April lalu dilakukan Rapid Test terhadap R di Kecamatan Simpati, dan hasilnya positif.

Mendapati kondisi itu, kata dia, R selanjutnya dibawa ke RSUD Lubuk Sikaping untuk pengambilan sampel Swab pada 9 April lalu. Sampel Swab itu, langsung dikirim oleh pihak Dinas Kesehatan setempat ke Laboratorium Unand Padang.

"Dari Hasil Swab pihak laboratorium Unand Padang baru sampai ke tim gugus tugas sekitar pukul 23.00 WIB  pada 11 April kemarin. Hasil Swab itu, R dinyatakan positif terinfeksi Covid-19," terang Yusuf Lubis.

Lalu R, saat ini sudah diinstruksikan untuk melakukan isolasi ketat mandiri di rumahnya di Kecamatan Simpati.

"Ini pun di bawah pengawasan ketat Dinas Kesehatan Pasaman," ujarnya.

Ditambahkannya, sampai saat ini sudah dua warga Kecamatan Simpati, Kabupaten Pasaman yang positif terinfeksi Covid-19, yaitu Y (43) dan R (35).

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang ada guna mencegah dan memperkecil penyebaran Covid-19 di Pasaman ini,” tutupnya. (Noel)

0 komentar:

Post a Comment

Iklan

Iklan

Iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

IKLAN KPU

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Ekonomi Bisnis

IKLAN

Terkini

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

FACEBOOK - TWEETER