23 Agustus 2023

Kapolda Sumbar Pimpin Tanam Pohon Serentak di Padang




PADANG, (GemaMedianet.com| Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) dan jajaran tadi pagi melakukan penanaman pohon. Hal ini dilaksanakan secara serentak yang dipimpin Kapolri di NTT melalui virtual zoom meeting, Rabu (23/8/2023).

Untuk di Padang, lokasi penanaman pohon di Hutan Kota Malvinas, Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo. 

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, S.Ik. SH yang diikuti oleh Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, S.Ik. M.Si, Pejabat Utama Polda Sumbar, Forkopimda Sumbar dan pengurus Bhayangkari Daerah Sumbar.

Irjen Pol Suharyono menjelaskan, kegiatan penanaman pohon ini dilaksanakan serentak se-Indonesia, dengan bertajuk Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini. 

"Kita melihat baru-baru ini mulai musim penghujan, kemarau, tidak bisa diprediksi. Sehingga di daerah tertentu terjadilah sebagian karena penambangan hutan secara liar yang berakibat banjir," katanya. 

Maka dari itu, sebut Irjen Pol Suharyono, perlu dilakukan pencegahan dan upaya penanggulangan. Melalui penghijauan, setidaknya dapat meminimalisir bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. 

"Polri memiliki komitmen yang sama bahwa di wilayah kita harus hijau. Dalam artian kita harus mencegah becanda banjir, tanah longsor dengan penghijauan ini," ujarnya. 

"Perintah ini dilaksanakan seluruh Polri dan melibatkan forkopimda baik di tingkat pusat sampai kewilayahan. Dan pastinya akan terus berlanjut, berkesinambungan," tambah Kapolda Sumbar. 

Jenderal bintang dua tersebut mengatakan, terdapat 22 hektar lahan yang disediakan dan bisa untuk dilakukan penanaman pohon. Lahan ini merupakan kawasan hutan kota di Padang. 

"Yang kita tanam pohon keras, seperti pohon trembesi dan lainnya. Dengan harapan ke depan akan tumbuh akhirnya sesuai yang kita harapkan," ungkapnya. 

Dirinya juga mengimbau kepada seluruh aparat, kementerian dan lembaga dapat melakukan hal yang sama. Termasuk untuk seluruh masyarakat Sumbar. 

"Penanaman pohon sedini mungkin untuk anak cucu kita di masa mendatang. Kita punya optimistis bahwa kita sebagai anak-anak bangsa dan juga bertanggung jawab untuk menyerahkan estafet kepimpinan para generasi muda. Siapa lagi kalau bukan anak cucu kita yang memanfaatkan dari apa yang telah kita tanam saat ini," pungkasnya.

Diketahui, untuk di Kota Padang penanaman pohon dilakukan sebanyak 2.000 batang. Dimana, untuk penanaman di lokasi Hutan Kota Malvinas sebanyak 500 batang, sedangkan selebihnya ditanam oleh masing-masing Polsek jajaran Polresta Padang. 

Selain di Padang, penanaman pohon serentak tersebut juga dilaksanakan oleh masing-masing Polres sejajaran Polda Sumbar.

(pr)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan