26 Maret 2023

Longsor Jalan Raya Padang-Painan, BPBD Padang dan PJN Wilayah II Sumbar Bersihkan Materal dan Pohon Tumbang



PADANG, (GemaMedianet.com| Hujan lebat yang mengguyur Kota Padang sejak Jumat hingga Sabtu dinihari mengakibatkan banjir dan longsor di beberapa titik di wilayah ibukota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tersebut.

Salah satunya longsor hingga menutupi badan jalan di Jalan Raya Padang – Painan, Teluk Bayur, Kecamatan Padang Selatan, Jumat (24/3/2023) malam.

Longsor terjadi setelah hujan lebat yang tak kunjung henti hingga Sabtu dini hari. Hujan disertai angin kencang itu terjadi sejak Jumat sore dan berlangsung hingga malam hari.

Selain longsor, hujan lebat itu juga mengakibatkan menggenangi sejumlah titik wilayah.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang, Endrizal mengatakan, terkait informasi adanya banjir dan longsor telah diterima oleh BPBD Kota Padang.

“Ya benar, diinformasikan ada longsor yang terjadi di kawasan dekat Objek Wisata Pantai Nirwana, yaitu di Jalan Raya Padang-Painan Teluk Bayur,” kata Endrizal, saat dihubungi melalui sambungan telpon pukul 23.22 WIB.

Dia menyebutkan, longsor yang terjadi sesudah hujan lebat itu terdiri dari material tanah dan bebatuan yang membuat sebagian badan jalan tertimbun. Longsor kemudian menutupi badan jalan di Jalan Raya Padang-Painan, Teluk Bayur.

"Longsor terjadi setelah hujan lebat tidak kunjung berhenti sekitar pukul 21.00 WIB. Selanjutnya, berdasarkan informasi yang diterima, petugas BPBD Padang sudah kita kirimkan ke lokasi kejadz,” ujar Endrizal.

Dia juga menyampaikan, selain menerjunkan petugas, pihaknya juga telah melaporkan peristiwa tersebut ke instansi terkait yang memiliki wewenang.

"Harapannya tentu agar material longsoran dapat segera dibersihkan pada malam hari ini, untuk menghindari kemacetan terlebih pada pagi hari,” ujarnya.

Menurutnya, kondisi itu tak bisa  dibiarkan berlama-lama dikarenakan akan dapat memicu kemacetan ada pagi harinya.

"Kita tidak ingin ada penundaan pembersihan material longsor, dikarenakan akan dapat menyebabkan kemacetan besok pagi,” pungkasnya.

Sementara itu, informasi yang dihimpun media ini pihak Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah II Sumbar telah terjun ke lokasi.

Petugas di bawah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.3, Nova Herianto, ST, MT dengan sigap membuang material longsor maupun pohon yang tumbang di lokasi mulai dari KM 12, KM 15, KM 18 dan KM 20.

(mz)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan


POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

Iklan

Terkini

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

iklan