29 Desember 2022

BWS Sumatera V Padang Optimalkan Pembangunan Embung Universitas Andalas



PADANG(GemaMedianet.com| Meski beberapa hari belakangan gangguan cuaca dengan curah hujan yang cukup tinggi mengiringi pekerjaan pembangunan embung di kawasan Universitas Andalas (Unand), Limau Manis Kecamatan Pauh Kota Padang ini, namun kondisi itu tetap disiasati kontraktor pelaksana CV. Saguna Karya Pratama untuk menuntaskan pekerjaan sesuai skedul.

Pengawasan ketat juga dilakukan Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang melalui konsultan PT Vitech Pratama Konsultan, agar pekerjaan dapat selesai tepat waktu dengan tetap memperhatikan kualitas dan kuantitas sesuai kontrak. 

Bahkan, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) ATAB II Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang Dian Citra Ariwibowo diketahui rutin berada di lokasi guna mengoptimalkan pekerjaan untuk pemenuhan kebutuhan air baku khususnya kawasan Unand.

Ketersediaan air baku sangat diperlukan oleh Unand untuk pasokan air bersih. Apalagi dengan dukungan Embung ini, maka fasilitas Water Treatment Plan (WTP) yang telah dimiliki Unand dapat bekerja maksimal dalam mengelola air bersumber dari Pegunungan Bukit Barisan. Untuk selanjutnya dipergunakan untuk proses kegiatan belajar mengajar kampus.

Perlu diketahui, dari hasil inventarisasi potensi sumber daya air di Unand, telah tersedia air baku 100 liter per detik dari WTP Limau Manis dengan sumber air langsung dari Sungai Batang Kuranji.

Upaya optimalisasi pekerjaan untuk pemenuhan kebutuhan air baku khususnya kawasan Unand ini juga didukung dengan komitmen yang kuat dari rekanan.

"Ya, Pak PPK Dian Citra Aribowo rutin berada di lokasi Pekerjaan Embung ini. Meninjau dan sekaligus rapat percepatan pembangunan Embung ini. Paling lama berada di lokasi pada hari Selasa dan Rabu setiap minggunya," kata Site Manager Agusman di lokasi pekerjaan kepada GemaMedianet.com, Rabu (19/12/2022). 

Agusman mengaku sangat bersyukur dapat terus didampingi oleh PPK. Begitu juga dengan kehadiran pelaksana teknis (peltek) di lokasi pekerjaan. Sehingga dapat membahas permasalahan yang ditemui di lapangan, untuk selanjutnya kemudian dicarikan jalan keluarnya.

Terlebih lagi saat hujan berkepanjangan beberapa waktu terakhir ini, sempat membuat pihaknya cukup risau karena pekerjaan juga harus selesai sesuai dengan kontrak pekerjaan.

"Alhamdulillah, sinergitas berjalan sangat baik, dengan hasil progres seperti sekarang yang mendekati finishing," tutur jebolan Fakultas Teknik Universitas Bung Hatta BP 1984 ini.

Sementara Kasatker SNVT-PJPA WS.IAKR Rainul Penaungan melalui PPK ATAB II Dian Citra Ariwibowo ketika dikonfirmasi membenarkan capaian optimalisasi Pembangunan Embung Unand. 

"Alhamdulillah, berkat sinergitas seluruh komponen terkait Pembangunan Embung Unand, hasilnya optimal. Minggu kemarin saja capaiannya sudah 98,79%," tutur Dian Citra Aribowo, Kamis (29/12).

Seperti diketahui, di awal Pekerjaan Pembangunan Embung multi manfaat tersebut, Kepala BWS Sumatera V Padang Dr. Dian Kamila, ST, MT didampingi oleh Kasatker SNVT-PJPA WS.IAKR Rainul Penaungan, dan PPK ATAB II Dian Citra Ariwibowo berkesempatan meninjau langsung pekerjaan yang dipercayakan kepada CV. Saguna Karya Pratama berdasarkan Kontrak Nomor 02.03/01/SNVT-PJPAWS.IAKR/ATAABII/ III/2022, dengan nilai kontrak Rp.6.488.000.000,00, tahun anggaran 2022.

Hal itu guna memastikan perjalanan kegiatan pembangunan embung tersebut berjalan lancar, dan tidak mengecewakan masyarakat dengan hasil pekerjaan yang notabenenya menyangkut hajat hidup orang banyak.

"Kita selaku Kepala BWSS V Padang tidak ingin kecewa dan mengecewakan masyarakat dengan hasil pekerjaan yang notabenenya menyangkut hajat hidup orang banyak," kata Dian Kamila ketika itu.

Terlebih lagi keberadaan embung ini berkaitan dengan sumber daya air. Oleh karena itu, pihaknya akan terus mengawal dan memantau pekerjaan pembangunan embung ini, tandasnya.

(mz)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

Wedding Of

Wedding Of

POLDA SUMBAR

JMSI

JMSI

KOMUNITAS

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

Khazanah

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


HISTORIA


Rantau


Opini


FACEBOOK - TWEETER


BUMN










Adv