09 Mei 2022

Datuk Irwan Basir Lepas Jenazah Nur Chikwan Suku Melayu ke Peristirahatan Terakhirnya




PADANG, (GemaMedianet.com| Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Kuranji Irwan Basir Datuk Rajo Alam SH, MM melepas jenazah almarhum Nur Chikwan Suku Melayu ke peristirahatan terakhirnya, Senin (9/5/2022).

Pelepasan jenazah dilakukan dari rumah duka di Lakuk, Kecamatan Kuranji Kota Padang.

Almarhum diketahui meninggalkan empat orang anak, empat orang cucu, dan satu orang isteri.

Datuk Irwan Basir pada pidato pelepasan jenazah menyebutkan, maut tidak pernah memilih terhadap orang yang didatanginya. Tidak peduli apakah tua atau pun muda. Jika ajalnya sudah sampai, maka maut pasti akan menjemputnya karena ini sudah menjadi ketentuan Allah SWT.

BACA JUGA : Penghulu Suku Jambak nan Batujuh Nagari Pauh IX Lepas Jenazah Almarhumah Anisa ke Peristirahatan Terakhir

"Almarhum Nur Chikwan meninggal dunia dalam usia 61 tahun adalah takdir yang sudah ditentukan Allah SWT. Sesuai dengan Firman-Nya, Kullunnafsin dzaikatul maut, bahwa setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati dan itu pasti," ujar Irwan Basir.

Selanjutnya Irwan Basir mengatakan, suatu musibah kematian adalah pelajaran bagi yang hidup. Jika hari ini kita yang datang melayat ke rumah duka, suatu hari nanti mungkin orang yang akan datang ke tempat kita untuk melayat. Hal ini memberikan pemahaman kepada kita, kalau kita tidak selamanya hidup di atas dunia ini.

"Rezeki, jodoh, maut adalah rahasia Allah. Kita tidak pernah tahu kapan kita akan mati dan sedang berada dimana kita saat maut itu menghampiri. Yang kita tahu maut itu pasti akan menghampiri kita. Tidak peduli kita siap atau pun tidak saat ketentuan itu tiba," tuturnya Irwan Basir yang akrab disapa Datuk IB.

Oleh karena hidup tidak selamanya di atas dunia, maka persiapkanlah bekal yang akan dibawa kelak jika maut menjemput kita. Bekal itu adalah amal ibadah kita.

"Perbanyak lah beramal selagi masih hidup di atas dunia ini. Sekecil apapun itu jika memang itu perbuatan baik, maka lakukanlah. Karena kita tidak tahu amal ibadah kita mana yang nantinya bisa meyelamatkan kita dari siksa api neraka," ujar Irwan Basir yang juga Ketua DPD LPM Kota Padang ini.

Irwan Basir juga menyampaikan permintaan maaf dari keluarga almarhum, jika ada kesalahan almarhum semasa hidupnya. 

"Mari kita doakan almarhum semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT di sisi-Nya dan dimasukkan ke surga-Nya, aamiin," pungkasnya. (r)

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

POLDA SUMBAR

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau


HISTORIA


FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMN


Khazanah



Adv

KARIR