08 Desember 2021

Irwan Basir Terharu Kelompok Kongsi Kematian Kelok Belimbing dan Koto Tingga Bedah Rumah Warga




PADANG, (GemaMedianet.com| Ada keharuan bercampur rasa bangga terlintas di raut wajah tokoh sentral Kuranji, Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MH saat didapuk menyerahkan kunci bedah rumah warga Kongsi Kematian Kelok Belimbing dan Koto Tingga.

Betapa tidak, kelompok kongsi kematian yang selama ini diketahui umum berkutat mengurusi fardu kifayah warganya, ternyata masih mampu melakukan bedah rumah untuk kesekian kalinya.

"Bukan pula kali pertama, tetapi sudah kedelapan kalinya melakukan bedah rumah warganya. Ini sungguh luar biasa, karena dilandasi dengan semangat gotong royong," ujar Irwan Basir yang juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kota Padang, Minggu (5/12/2021) sore.

Secara spontan, Irwan Basir di kesempatan itu memberikan apresiasi atas keseriusan dan kepedulian kelompok-kelompok kongsi kematian untuk melakukan bedah rumah warganya.

"Tak banyak kelompok kongsi kematian yang memiliki kepedulian sosial yang tinggi terhadap warganya. Sehingga, rumah yang awalnya tidak layak huni, sekarang semakin jauh lebih baik" ungkapnya.

Menurut Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) Kenagarian Pauh IX Kuranji
ini, apa yang dilakukan secara berulang oleh Kelompok Kongsi Kematian Kelok Belimbing dan Koto Tingga ini patut menjadi contoh bagi kongsi-kongsi kematian lainnya yang ada di Kota Padang.

Irwan Basir menekankan, bahwa kepedulian sosial seperti ini perlu terus dipupuk dan dipelihara, sehingga ke depan semakin menguatkan rasa kebersamaan dengan terus memberikan kebaikan-kebaikan terbaik bagi warganya.

"Mari kita terus tanamkan pada diri masing-masing, bahwa kebahagian terbesar dalam diri jika masing-masing kita sangat bermanfaat bagi orang yang membutuhkan," ajaknya.

Seperti halnya para donatur yang ikut berperan mendukung terlaksananya bedah rumah ini selain menjadi amal jariyah, juga memberi kebahagiaan bagi pemilik rumah.

Kepada pemilik rumah, Irwan Basir berpesan untuk selalu menjaga kebersihan rumah yang akan ditempati nantinya, karena rumah yang bersih pada akhirnya membuatnya suci untuk melaksanakan ibadah kepada Allah SWT.

"Harapannya, rumah ini nantinya tentu akan menjadi rumah yang selalu diberkahi oleh Allah SWT aamiin," tukas owner Padang Fishing Club ini sembari menyerahkan kunci bedah rumah kepada Zamzami.

Tak terbendung, saat menerima kunci rumahnya dari tokoh Kota Padang, yang usai dibedah dan siap ditempati matanya berkaca-kaca air matanya berurai keluar salah satu bentuk rasa syukur dan ucapan terimakasihnya.

Zamzami pemilik rumah di kesempatan itu mengucapkan terimakasih yang terhingga kepada Datuk Irwan Basir atas sumbangsih dan kepeduliannya terhadap keluarganya. Begitu juga kepada seluruh kelompok kongsi kematian yang selalu tak kenal lelah dalam membantu hingga selesainya bedah rumah.

"Semoga sumbangsih dan kepedulian Datuk Irwan Basir dan kelompok-kelompok kongsi menjadi ladang amal untuk disemai kelak di Mahkamah Allah SWT," ujar Zamzami penuh haru diantara sudut matanya yang mulai berkaca-kaca.

Penyerahan kunci peresmian bedah rumah itu turut dihadiri oleh Kepala Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Amriman, Pengurus dan anggota Kelompok Kongsi kematian Kelok Kuranji Belimbing dan Kelompok Kongsi Kematian Koto Tingga.

Acara selanjutnya diakhiri dengan do'a dan makan bersama sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT. (mz)

#Editor : Uki Ratlon 

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS

HUMANITY

KULINER


MENTAWAI

MANCANEGARA

Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau


HISTORIA

pu

pu

FACEBOOK - TWEETER

Artikel


INFO GEMPA


BUMD


BUKITTINGGI



Adv

KARIR