21 November 2021

Lestarikan Budaya Lokal, Festival Selaju Sampan Tradisional Badunsanak Kembali Dihelat




PADANG, (GemaMedianet.com| Untuk yang keenam kalinya Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Pariwisata kembali menggelar Festival Selaju Sampan Tradisional Badunsanak. Untuk tahun 2021 digelar di Kawasan Banda Bakali GOR Haji Agus Salim, Padang, Sabtu (20/11/2021).

Festival yang diikuti peserta sebanyak 32 tim selaju sampan di Kota Padang itu dibuka secara resmi oleh Wali Kota Padang Hendri Septa dan dihadiri unsur Forkopimda.

Turut hadir Pj Sekda Arfian dan sejumlah kepala OPD terkait di lingkungan Pemko Padang serta undangan lainnya.

Wali Kota Hendri Septa dalam sambutan dan arahannya mengaku bersyukur dan senang terselenggaranya Festival Selaju Sampan Tradisional Badunsanak di tahun ini, meski di tahun sebelumnya sempat ditiadakan akibat pandemi COVID-19.

Menurutnya, kegiatan ini bernilai penting dalam rangka melestarikan seni dan budaya yang hingga kini masih ada di tengah-tengah masyarakat Kota Padang.

"Selaju sampan adalah sebuah warisan olahraga tradisional dari masyarakat Kota Padang sejak dahulu kala dan dikenal dalam lagu Dayuang Palinggam. Semoga iven ini dapat terus digelar setiap tahun," harap Hendri Septa.

Wali Kota juga menyebut, Festival Selaju Sampan ini adalah salah satu cara Pemko Padang untuk mengundang wisatawan baik lokal maupun mancanegara datang ke Ranah Bingkuang ini.

Untuk itu, dia mengajak warga Kota Padang terutama generasi muda agar senantiasa melestarikan nilai-nilai seni dan budaya sesuai dengan kearifan lokal yang berkembang di Kota Padang.

Dalam acara yang tetap mengacu pada protokol kesehatan (prokes) itu, wali kota mengucapkan selamat dan apresiasi kepada panitia yang telah bekerja keras untuk terselenggaranya Festival Selaju Sampan Tradisional Badunsanak tahun 2021.

Sementara kepada para peserta, Hendri Septa berpesan agar berlomba dengan sportif dan 'fair play', karena kemenangan bukanlah segala-galanya.

"Terpenting, melalui lomba ini kita menjaga nilai-nilai budaya dan silaturrahim di tengah perkembangan zaman yang semakin pesat saat ini," pungkas Wali Kota Padang sembari membuka dan menyaksikan secara langsung festival tersebut.

Di tempat yang sama, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Raju Minropa menyebutkan, Festival Selaju Sampan di samping sebagai iven olahraga dayung sampan tradisional, juga sebagai bentuk upaya menjaga pelestarian seni dan budaya lokal di Kota Padang.

Sekaitan itu, dia menyebut kegiatan ini sudah masuk ke dalam kalender iven pariwisata Kota Padang, dan tahun 2021 ini sudah yang keenam kalinya Festival Selaju Sampan diadakan.

Ditambahkannya, Festival Selaju Sampan tahun 2021 ini diikuti sebanyak 32 tim. Peserta tidak saja berasal dari Kota Padang sendiri, tetapi juga datang dari luar Kota Padang.

"Dari 32 tim, satu tim diantaranya berasal dari luar Kota Padang, yakni Kota Payakumbuh dengan nama tim selaju sampan Batang Sinamar. Semoga kegiatan ini berjalan dengan aman dan lancar," tukas Raju. (r)

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN



TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Pariaman


HISTORIA

FACEBOOK - TWEETER




Artikel


INFO GEMPA


BUMD








IKLAN

IKLAN

Adv

KARIR