01 Oktober 2021

Hujan Turun, Rumah Warga di Padang Terendam Banjir



PADANG, (GemaMedianet.com| Tanda-tanda hujan akan turun saja, seringkali telah membuat warga di Ranah Bingkuang larut dalam gelisah. Pasalnya, jika hujan berlangsung lama maka dipastikan sejumlah kawasan di daerah ini terancam banjir.

Seperti yang terjadi pada Rabu (29/9/2021) lalu, hujan lebat yang berlangsung sejak siang hingga malam mengakibatkan sejumlah kawasan yang ada di lima kecamatan dilanda banjir, yaitu Pauh, Bungus Teluk Kabung, Nanggalo, Kuranji, Koto Tangah dan Padang Selatan.

Banjir secara cepat menggenangi rumah warga dan mengganggu jalur transportasi dengan genangan air mulai dari 20 centimeter hingga 50 centimeter.

Terkait kondisi yang terjadi, sejumlah warga di Kota Padang mengungkapkan kegelisahan mereka.

BACA JUGA : ACT Sumbar dan Food Bus Distribusikan Paket Makanan Warga Dadok Terdampak Banjir 

"Sebenarnya ketika tanda-tanda hujan akan turun, kita mulai was-was. Pasalnya, jika hujan berlangsung lama, maka dipastikan jalan dan rumah bakal terendam air. Itu berarti kita harus berjuang keras untuk mengamankan perabot rumah," tutur beberapa orang warga Jondul Rawang, dan Dadok Tunggul Hitam. 

Para warga menyebut, dengan kondisi hujan yang berlangsung lama saluran drainase yang ada di lingkungan mereka tak bisa diharapkan untuk menyelamatkan warga dari ancaman banjir. 

"Kita tinggal di sini sudah lama dan bertahun-tahun, namun saluran pembuangan air selama bertahun-tahun juga begitu-begitu saja. Semoga ini mendapat perhatian yang lebih serius dari pemerintah," harap para warga. 


Informasi yang dihimpun dari Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang, Sutan Hendra menyebutkan, kawasan Pasar Baru di Kecamatan Pauh diperkirakan genangan air mencapai 20 cm,
dan Jalan Raya Kuranji Kecamatan Kuranji setinggi 20 cm.

Kemudian di Alai Kecamatan Padang Utara ketinggian air mencapai 30 cm, Lapai Kecamatan Nanggalo 30 cm sedangkan di Villa Gading setinggi 20 cm.

Sedangkan di Jondul Rawang  Kecamatan Padang Selatan ketinggian air mencapai 50 cm, namun di Teluk Kabung dan Sungai Pisang masing-masing 30 cm.

Selain banjir, hujan dengan intensitas tinggi ini juga mengakibatkan longsor di kawasan Lubuak Paraku dan Sitinjau Lauik. (PD/MZ)

#Editor : Uki Ratlon 

0 comments:

Posting Komentar

Advertisement

loading...


eqmap

SUMATERA UTARA

JMSI

JMSI

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

Anggota DPD RI DR Alirman Sori

POLDA SUMBAR

KOMUNITAS

KULINER

MENTAWAI

MANCANEGARA


Remaja dan Prestasi

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini


Rantau


HISTORIA


FACEBOOK - TWEETER


Artikel


BUMN


Khazanah



Adv

KARIR