01 October 2021

Peserta Bimtek Jitu Pasna Angkatan VIII Antusias Ikuti Materi Penghitungan Kerusakan dan Kerugian




PADANG, (GemaMedianet.comHari terakhir pelaksanaan Bimtek Jitu Pasna Angkatan VIII yang digelar BPBD Sumbar di Kyriad Bumiminang, Kota Padang, Jumat (1/10/2021) memasuki pemberian materi hitung Cepat dalam pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana.

Pemberian materi itu dipandu Lembaga MCS R Hutomo, Marti Darto dan rekan-rekan. 

Dalam materi Jitu Pasna hari ini akan menguji kecepatan masing-masing peserta yang telah dibagi ke dalam beberapa kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya dalam penanganan pasca bencana.

Pada pembahasan terkait sektor-sektor dalam rehabilitasi dan rekonstruksi dipandu oleh Marti Darto. Kegiatan berlangsung hangat, dan hitung cepat tersebut memaparkan masing-masing sektor yang yang harus dipahami.

Marti Darto memandu kelompok untuk terjun langsung dalam pembagian sektor yang menjadi ruang lingkup Jitu Pasna. Masing-masing kelompok diminta untuk meletakkan mana kerusakan, kerugian, akses, fungsi, serta yang termasuk peningkatan resiko,

Pembahasan dan pengetahuan tentang hitung cepat pasca bencana berlangsung alot, diselingi dengan bertukar fikiran antara peserta di masing-masing kelompok. 

Kendati sepanjang kegiatan semua peserta tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) namun semangat untuk menyelesaikan materi yang diberikan cukup tinggi untuk menyelesaikan misinya. 

Nur Anisa mengatakan, semangat peserta dalam pelaksanan Bimtek Jitu Pasna ini patut diacungi jempol karena mampu saling mengisi dan menuangkan pemikiran. 

"Semoga ilmu yang didapat ini nantinya dapat digunakan teman-teman di masyarakat, apabila bencana itu benar-benar datang,” ucapnya.

Sementara, salah seorang Peserta Bimtek Jitu Pasna relawan dari Solok Selatan Retno juga mengaku bimtek kali ini sangat bermanfaat, ditambah lagi dengan pembawaan Nara sumber yang bersahabat, cukup menambah semangat dalam belajar,” ucapnya. (N) 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN



TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Pariaman



HISTORIA

FACEBOOK - TWEETER



Artikel


INFO GEMPA





BUMD




IKLAN

IKLAN

Adv


KARIR