26 August 2021

Dinas PSDA-BK Sumbar Normalisasi Saluran Primer di Kawasan Belimbing Kuranji



PADANG, (GemaMedianet.com| Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi (PSDA-BK) difasilitasi oleh Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Desrio Putra, ST memberi perhatian terhadap persoalan banjir sepanjang waktu dan tahunan di kawasan Belimbing, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. 

Bersama politisi Partai Gerindra ini Kepala Dinas PSDA-BK Sumbar, Rifda Suriani, ST, Sp disertai jajaran OP melakukan peninjauan saluran drainase di kawasan Jalan Raya Kuranji Belimbing, Rabu (25/8/2021).

Rifda Suriani di kesempatan itu menyebutkan, dalam penanganan banjir di kawasan Belimbing pihaknya melakukan normalisasi buangan air melalui saluran yang diperkirakan sepanjang 1 kilometer.

"Kegiatan ini sifatnya baru upaya untuk memperlancar buangan air melalui saluran drainase yang ada," ujar Rifda Suriani.

BACA JUGA : Selamatkan Kawasan Belimbing Dari Banjir, Desrio Putra Fasilitasi Normalisasi Saluran Primer

Penanganan sementara itu, sebutnya, dilakukan bersamaan dengan agenda refocusing di masa pandemi COVID-19 saat ini, dan karena itu sejumlah anggaran untuk kegiatan fisik di Dinas PSDA-BK banyak yang terkena refocusing.

"Normalisasi secara permanen belum bisa kita lakukan, karena keterbatasan anggaran. Apalagi di masa pandemi COVID-19 banyak anggaran kita yang direfocusing, sehingga baru sebatas penggalian saluran dan penggantian gorong-gorong yang rusak," terangnya.

Oleh karena itu, lanjut Rifda, upaya normalisasi yang dilakukan saat ini menggunakan dana operasional (op) dalam bentuk penggalian saluran dan penggantian gorong-gorong yang rusak.

Ditambahkannya, normalisasi secara permanen baru akan bisa dilakukan di tahun 2022 mendatang.

"Dari informasi yang kita terima pak Desrio Putra, Normalisasi secara permanen dilakukan tahun mendatang setelah KUPA-PPAS Perubahan APBD Tahun 2021," tukas Rifda.

Sementara Anggota Komisi IV DPRD Sumbar Desrio Putra mengatakan, pihaknya memfasilitasi penyelamatan kawasan Belimbing dari banjir dengan melibatkan Dinas PSDA-BK Sumbar.

"Kita berupaya menyelamatkan kawasan pemukiman di sepanjang Jalan Raya Kuranji dan Belimbing ini dari persoalan banjir sepanjang waktu dan menahun," ujar Desrio Putra kepada awak media di lokasi pengerukan.

Turut hadir dalam peninjauan itu Lurah Kuranji Kasma Efendi dan  tokoh masyarakat setempat. (mz)

#Editor : Uki Ratlon

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


PARIWISATA


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini


Ekonomi Bisnis



HISTORIA



Artikel


FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA





Infrastruktur




IKLAN

IKLAN

Adv






KARIR