20 July 2021

Sapi Qurban Presiden RI Diserahkan ke Pengurus Masjid Raya Sumbar



PADANG, (GemaMedianet.com| Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) tahun ini kembali berkurban di Sumatera Barat (Sumbar). Hewan kurban yang terpilih menjadi Sapi Kurban Presiden RI ini berasal dari Kabupaten Agam.

Dijadualkan pemotongan hewan kurban tersebut dilakukan di Komplek Masjid Raya Sumbar Jalan Khatib Sulaiman Kota Padang, seusai pelaksanaan Sholat Idul Adha 1442 Hijriah.

Penyerahan Sapi Kurban dari Presiden Joko Widodo itu dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi kepada Pengurus Masjid Raya Sumbar.

“Sapi Kurban Presiden RI tahun memiliki berat 1,2 ton dan akan disembelih di Komplek Masjid Raya Sumatera Barat. Untuk selanjutnya dibagi ke dalam 1000 kantong daging kurban, dan diantarkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Mahyeldi didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sumbar Erinaldi di Padang, Senin (19/7/2021).

Dijelaskan, meskipun Sapi Kurban itu akan disembelih di Komplek Masjid Raya Sumbar pada momentum Idul Adha 1442 Hijriah bertepatan dengan tanggal 20 Juli 2021, namun mengingat masa Pandemi COVID-19 masih berlangsung maka pendistribusiannya dilakukan langsung oleh panitia kurban.

"Untuk mengantisipasi kerumunan di masa Pandemi COVID-19, daging kurban nantinya akan diantarkan oleh panitia kurban ke alamat penerima," ujar Mahyeldi.

Terkait pendistribusian, sebut gubernur, panitia kurban akan menyiapkan tim untuk mengantarkan daging kurban ke rumah penerima.

"Jadi daging kurban tidak perlu dijemput ke Masjid Raya Sumbar,” kata Mahyeldi lagi.


Gubernur menegaskan, kebijakan mengantarkan daging qurban ke rumah penerima itu diambil sebagai langkah antisipasi, karena Kota Padang saat ini tengah melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, yang notabenenye tidak memperbolehkan terjadinya kerumunan.

Gubernur juga menekankan, kebijakan untuk mengantarkan langsung daging qurban ke rumah masyarakat tidak hanya berlaku bagi penyembelihan yang dilakukan di Komplek Masjid Raya Sumbar, tetapi sedapatnya juga pada penyembelihan yang dilakukan di masjid-masjid lainnya di Provinsi Sumbar, terutama bagi daerah yang menerapkan PPKM Darurat.

“Jangan sampai terjadi penumpukan masyarakat atau kerumunan di masjid saat antri mengambil daging kurban,” ujarnya.

Seperti diketahui, Sapi yang terpilih sebagai Sapi Kurban Presiden RI di Sumatera Barat merupakan sapi milik peternak asal Pulai Sungai Talah Bukit Lurah, Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam yang dibandrol sekitar Rp.85 juta.

Sapi berkelamin jantan dengan jenis Simental itu berusia sekitar empat tahun dengan berat mencapai 1,2 ton.

Sapi itu terpilih setelah menyisihkan lima Sapi Simental, PO dan Limousin milik peternak dari Kota Payakumbuh, Pariaman, Kabupaten Tanahdatar dan Pesisir Selatan dengan berat 900 kilogram sampai satu ton.
(r).

#Editor : Uki Ratlon 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN



TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Pariaman


HISTORIA

FACEBOOK - TWEETER




Artikel


INFO GEMPA


BUMD








IKLAN

IKLAN

Adv

KARIR