20 July 2021

DPKH Sumbar Pantau Langsung Penyembelihan Sapi Kurban Presiden RI di Masjid Raya Sumbar

Kepala Dinas DPKH Sumbar Erinaldi tengah memantau langsung jalannya proses penyembelihan Sapi Kurban Presiden RI di Komplek Masjid Raya Sumbar (Foto dok. Mrh) 

PADANG, (GemaMedianet.comDinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat (DPKH Sumbar) memantau langsung pelaksanaan penyembelihan Sapi Kurban Presiden RI usai Sholat Idul Adha di Komplek Masjid Raya Sumbar, Selasa (20/7/2021) pagi. 

Selain Sapi Kurban Presiden RI, pada Idul Adha 2021 ini Masjid Raya Sumbar juga menyembelih satu ekor Sapi Kurban yang berasal dari DPKH Sumbar.

"Alhamdulillah, proses pemotongan Sapi Kurban Presiden RI pagi ini berjalan dengan lancar," ujar Kepala DPKH Sumbar, Erinaldi di lokasi penyembelihan hewan kurban tersebut.

Erinaldi menyebut, setelahnya nanti giliran panitia yang akan mendistribusikan langsung daging kurban tersebut kepada masyarakat penerima sekitar masjid dan tempat-tempat atau daerah lainnya yang tidak dapat melakukan penyembelihan hewan kurban.

Dijelaskan, Sapi Kurban Presiden RI pilihan ini berjenis Simental, dan yang paling berat di Sumbar. Selain karena beratnya, sapi ini dipilih juga karena sehat dan telah lolos uji laboratorium.

Sapi asal Agam ini terpilih dari delapan calon Sapi Kurban dari berbagai daerah di Sumbar untuk menjadi Sapi Kurban Presiden. 

"Sapi ini berasal dari petani asal Pulai Sungai Talah Bukit Lurah, Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Fauzan Datuk Palindih berjenis Simental," terang Erinaldi.


Menurutnya, dengan terpilihnya Sapi Kurban yang dibandrol senilai Rp.89 Juta ini dapat menjadi penyemangat bagi petani lainnya untuk menjadikan Sapi miliknya terpilih sebagai Sapi Kurban Presiden RI. 

Ditambahkannya, Sapi berumur 4 tahun tersebut telah dibawa ke Masjid Raya Sumbar satu hari sebelum pelaksanaan penyembelihan hewan kurban pada Senin, 19 Juli 2021. Dan hari ini telah dilaksanakan penyembelihannya. 

Selain Sapi Kurban dari Presiden RI, sebut Erinaldi, DPKH Sumbar juga berinisiatif untuk melaksanakan penyembelihan Sapi Kurban pendamping di Komplek Masjid Raya Sumbar.

"Sapi Kurban pendamping Sapi Kurban Presiden RI ini berasal dari kawan-kawan peternakan Sumbar dengan berat 5,5 Kg," tutur Erinaldi. (mrh) 

#Editor : Uki Ratlon 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR

SUMATERA UTARA

KOMUNITAS

HUMANITY

KULINER

PARIWISATA

MANCANEGARA

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN


TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views



Terkini





Ekonomi Bisnis



HISTORIA


IKLAN

IKLAN

Artikel



Adv

FACEBOOK - TWEETER

INFO GEMPA






KARIR