21 June 2021

Kapolres Simalungun Terima Aksi Dukungan Ungkap Pembunuhan Wartawan Marsal Harahap



SIMALUNGUN, (GemaMedianet.com| Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo SIK, MH menerima aksi solidaritas Penunjukan Sikap Dukungan Terhadap Polri Perihal Pembunuhan Marsal Harahap di Lapangan Apel Polres Simalungun Jalan Jhon Horailam Kecamatan Pematang Raya Kabupaten Simalungun, Senin (21/6/2021) pagi sekira pukul 10.30 WIB. 

Dalam menerima kedatangan peserta aksi, Kapolres AKBP Agus Waluyo didampingi Kabag Ops Kompol Surya, Kasat Lantas AKP Hendrik F. Aritonang, SIK, MH, Kasat Sabhara AKP Pandapotan Butar-butar, Kasi Propam IPTU Alwan dan Kasi Humas IPTU Agus Hendri Chan. 

Dalam aksi solidaritas itu, gabungan wartawan meliputi Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Siantar-Simalungun,  Aliansi Jurnalis independen (AJI) Kota Medan, Ikatan Jurnalis Televisi  Indonesia  (IJTI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), KWRI dan Ikatan Wartawan Online menyampaikan beberapa dukungan terhadap pihak kepolisian, Polda Sumut dan Polres Simalungun untuk menyiarkan secara resmi ke publik tentang penyebab kematian Marsal Harahap. 

Hal itu guna menghindari simpang siurnya informasi, karena informasi yang valid merupakan hak publik dan dapat segera mengetahui siapa pelakunya.

Kemudian, menjelaskan ke publik terkait luka tembak dialami Marsal Harahap. Ada berapa luka tembak yang mengenai bagian tubuh Marsal Harahap, dan ada berapa kali tembakan. 

Menjelaskan ke publik tentang jenis peluru yang melukai Marsal Harahap, dan jenis senjata yang digunakan pelaku.

Meminta semua elemen masyarakat agar mendukung kebebasan pers dan menggunakan mekanisme yang diatur oleh Undang Undang Pers dalam penyelesaian Sengketa Pers, serta meminta seluruh jurnalis untuk mengedepankan profesionalisme dan mengutamakan keselamatan dalam menjalankan kerja jurnalistik.

Selanjutnya, Perwakilan Gabungan wartawan Imran Nasution dari AJI, Dosmaria Saragih Sekretaris SMSI Siantar-Simalungun, Daut Sitohang Ketua IJTI, Hasuna Damanik Ketua PWI Simalungun, dan Surati Ketua PWI Siantar menyerahkan surat pernyataan kepada Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo SIK, MH. 

Menanggapi itu, Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo menyampaikan, turut berduka cita atas kejadian yang menimpa dari rekan Pers yaitu Marsal Harahap. 

Polres Simalungun, sebutnya, mendukung Insan Pers sebagai Mitra Polri, dan dengan kejadian ini Polri akan mengungkap dan akan menyampaikan perkembangan kasus kepada masyarakat luas. 

Untuk itu Kapolres meminta dukungan dan doa agar Polri dapat segera mengungkap kasus ini, serta meminta kepada masyarakat agar tetap tenang.

Kapolres juga menyampaikan kepada Insan Pers, bahwasanya kasus ini sudah ditangani langsung oleh Polres Simalungun dibackup Polda Sumatera Utara (Sumut). 

"Kapolres akan menjamin keamanan wartawan dalam mengungkap kebenaran, dan bila perlu pengawalan dari Anggota Polri akan kita lakukan pengawalan," tegas AKBP Agus Waluyo mengakhiri.

Apa yang menjadi jawaban Kapolres Simalungun itu diterima para wartawan, lalu meninggalkan Polres Simalungun dengan aman dan tertib, untuk kembali ke titik kumpul Lapangan H. Adam Malik Kota Siantar untuk melakukan persiapan pembubaran.

(joe)
Humas Polres Simalungun 

#Editor : Uki Ratlon 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN



TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Pariaman



HISTORIA

FACEBOOK - TWEETER



Artikel


INFO GEMPA





BUMD




IKLAN

IKLAN

Adv


KARIR