20 June 2021

Irwan Basir Bangga Anak Nagari Selalu Jaga Seni Tradisi Sipak Rago



PADANG, (GemaMedianet.com|  Festival Sipak Rago Pauh IX  se-Sumatera Barat (Sumbar) Tahun  2021 dibuka secara resmi oleh Walikota Padang Hendri Septa didampingi Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Kuranji Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM, Jumat (18/06/2021) malam.

Pembukaan festival yang digelar oleh pengurus Ikatan Sipak Rago Pauh IX Kuranji itu dilangsungkan di Sasaran Salingka Raso, Kampuang Tangah, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.  

Di kesempatan itu, Irwan Basir menyampaikan rasa bangganya kepada anak nagari yang selalu andil untuk merawat seni tradisi di Sumbar. Dengan itu, dirinya sangat mengapresiasi festival sepak rago tetap bergulir tahun ini.

BACA JUGA : Wako Hendri Septa Apresiasi Penyelenggaraan Festival Sipak Rago Pauh IX Kuranji Tingkat Sumbar

"Kita tidak mau lupa dengan budaya Minangkabau, menggali budaya dan seni. Kita berkolaborasi bersama. Kekuatan kreatifitas dan seni sangat banyak. Untuk itu kami berkeinginan menjaga semua kegiatan yang potensi dan natural," ujar Irwan Basir.

Untuk itu, Irwan Basir berharap kegiatan itu dapat dilakukan secara berkelanjutan. Bagaimana sipak rago merupakan warisan budaya kita tetap terus dilestarikan," sebut Irwan Basir yang juga Ketua DPD LPM Kota Padang.

Sementara, Tokoh Masyarakat Safar mengatakan, Sipak Rago dimainkan minimal 5 orang, bisa lebih. Pemainnya seperti bersilat. Terkadang menampilkan tarian ala Randai. Kemudian dipadu dengan kebolehan menendang bola.

Kemudian, bolanya terbuat dari rotan, tapi lebih ringan dari Bola Takraw. Dalam bermain, bola itu tidak boleh jatuh ke tanah. Harus menendang satu sentuhan masing-masing pemain. 

"Kegiatan seni tradisi ini sangat perlu terus dipertahankan. Jangan sampai mati seni tradisi anak nagari," harapnya.

Ketua Panitia Syahrul mengatakan, Festival Sipak Rago yang mengangkat tema "Bersama melestarikan nilai-nilai seni tradisional Minangkabau Sipak Rago" ini melibatkan sebanyak 90 tim, terdiri dari dari Kota Padang 60 tim, Kabupaten Padang Pariaman 15 tim, dan Pauh IX Kuranji sebanyak 15 tim.

Festival Sepak Rago mengambil tempat di Kampung Tangah, Kecamatan Kuranji Kota Padang. Karena lokasi ini terdapat alam yang indah dengan di kelilingi sawah yang terbentang luas. "Kondisi alamnya masih terpelihara," tuturnya.

Ketua FKAN Pauh IX yang juga Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumbar, Evi Yandri Rajo Budiman sangat mengapresiasi festival tersebut. "Selain merawat, festival Sipak Rago juga membangun kebersamaan anak nagari," katanya.

Turut hadir Kepala Dinas Sosial Sumbar Jumaidi, Pengurus FKAN Pauh IX Kuranji, Pengurus BMPN Pauh IX Kuranji, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Dewan Juri, RT/RW dan Bundo Kandung, Pemuda dan Pemudi. (Dp/Nld/Zal)

#Editor : Uki Ratlon 

0 komentar:

Post a Comment

Advertisement

loading...


eqmap

POLDA SUMBAR


SUMATERA UTARA

KOMUNITAS


HUMANITY

KULINER


MENTAWAI


MANCANEGARA



IKLAN

IKLAN



TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views


Terkini



Pariaman



HISTORIA

FACEBOOK - TWEETER



Artikel


INFO GEMPA





BUMD




IKLAN

IKLAN

Adv


KARIR